Cara mendongkrak artikel lama naik ke halaman pertama google

Cara mendongkrak artikel lama naik ke halaman pertama google

Cara mendongkrak artikel lama naik ke halaman pertama google

Membuat artikel blog bisa naik secara bertahap setelah beberapa bulan itu menyenangkan. Tetapi bagaimana jika artikel yang sudah kita publikasikan ada di Page One tetapi tiba tiba hilang ditelan bumi. Sebenarnya artikel yang sudah di posting masih bisa di edit dan bisa merebut posisi pertama dihalaman pencarian google dengan menggunakan beberapa metode yang saya lakukan.

Sebenarnya cara mendongkrak artikel lama untuk bersaing kembali di halaman google ini terbilang sulit karena google sudah mendeteksi setiap kalimat dan paragraf di artikel tersebut. Pengalaman perubahan posisi artikel di Search Engine seperti ini saya alami saat di awal tahun. Trafik visitor saya menurun secara drastis saat awal januari karena ada beberapa faktor.

Beberapa hal yang mengakibatkan artikel tidak berada di halaman pertama Google setelah beberapa bulan :
  1. Ganti Template Blog
  2. Custom domain Blog yang semula menggunakan Http menjadi Https.
  3. Masa aktif domain sempat habis dan baru diperpanjang setelah beberapa hari.
  4. Judul artikel menggunakan tahun (Contoh : Cara buat Blog terbaru 2018) maka saat di tahun 2019 artikel anda akan kalah dengan artikel baru.
  5. Blog anda terkena AGC (Auto Generate Content) yang terjadi artikel anda kalah dengan blog AGC di beranda google.
  6. Banyak melakukan Copy Paste saat update artikel
  7. Blog tidak di update secara rutin.
  8. Rahasia Google
Baca juga : Tips SEO Terbaru 2018 supaya artikel Page One Google

Itu adalah beberapa penyebab artikel tidak berada di halaman pertama google setelah beberapa waktu berdasarkan pengalaman yang saya alami. Bagaimana jika itu terjadi dengan blog anda, pasti jengkel dan kecewa karena sudah membuat tulisan dengan susah payah tetapi kalah dengan blog orang lain yang mengcopy paste artikel kita.

Mencoba melakukan beberapa penelitian untuk memperbaiki artikel tersebut dengan mencoba beberapa cara. Salah satunya adalah melakukan edit ulang isi artikel tersebut dan memperbanyak isinya. Ternyata cara itu belum berhasil karena sepanjang apapun artikel anda jika hasil copy paste maka akan diabaikan oleh Google.

Setelah melakukan beberapa percobaan maka akhirnya ada beberapa artikel saya yang berhasil merebut kembali posisi pertama beranda google. Memang benar tidak semua artikel yang saya edit kembali ke posisinya tetapi paling tidak visitor saya kembali normal setelah down di awal tahun. Mau tau apa saja caranya, silahkan perhatikan tips yang saya lakukan di bawah ini.

Ganti tahun judul artikel yang sudah lama

Jika anda membuat sebuah judul artikel menggunakan tahun pasti anda akan direpotkan setiap tahunnya mengedit ulang judul serta isinya. Dengan penargetan tahun pada judul ternyata terbukti berhasil mendatangkan visitor. Saya sering melihat di Google Analitic dan Histats yang menunjukkan kata kunci tahun  setiap orang melakukan pencarian artikel.

Dengan menganti tahun pada judul dan isi artikel yang sesuai dengan hari ini maka kembali blog anda akan dapat bersaing dengan situs lainnya. Sudah pasti kata kunci yang dicari menggunakan tahun itu sangat mempengaruhi visitor dan itu terbukti setelah merubah judul maka artikel dapat tampil kembali ke halaman google dengan tahun yang berjalan.

Buat backlink untuk artikel tersebut

Kekuatan sebuah artikel dimata google, salah satunya adalah Backlink. Lebih banyak Link artikel anda diluar blog anda maka akan semakin baik. Buatlah artikel yang bermanfaat maka dapat dipastikan dengan mudah anda mendapatkan backlink dari situs orang lain. Jangan membuat link komentar di blog orang karena bisa berakibat fatal yaitu akan di angap link spam.

Buat beberapa internal link antar artikel seperti yang saya lakukan. Anda bisa melihat link Lihat Juga, Baca juga, itu adalah beberapa link ke artikel mastimon.com lainnya. Dengan cara itu ternyata efektif untuk mendongkrak artikel kita yang minim visitor. Dengan banyaknya page view pada artikel tersebut maka proses peringkat di mata google untuk artikel tersebut juga meningkat.

Edit ulang isi artikel dan perbaiki

Proses editing artikel ini adalah pekerjaan yang menyebalkan karena belum tentu artikel yang kita edit dan perbaiki bisa mendatangkan visitor. Jangan salah ternyata setelah saya melihat beberapa situs yang berada di halaman pertama google, mereka melakukan edit ulang artikel tersebut. Mereka tidak menghapus tetapi menambahkan atau memperlengkapi isi arikel.

Saat edit artikel yang perlu di inggat adalah jangan melakukan sistem Copy Paste artikel orang lain. Silahkan tambahkan dengan bahasa dan pengalaman anda sendiri. Semakin panjang artikel dan original maka akan semakin baik. Mungkin untuk mendeteksinya google membutuhkan waktu maka anda bisa menggunakan cara berikutnya supaya google cepat mendeteksi artikel yang kita edit.

Sunmit ulang artikel ke Google Search Console

Bagi anda yang setiap harinya membuat tulisan di blogger, pasti sudah tidak asing dengan Search Console. Jika blog anda sudah terdaftar di Webmaster Tools maka tidak perlu submit ke Search Console karena secara otomatis blog anda sudah terdeteksi oleh Google. Tetapi untuk meyakinkan kembali dan supaya cepat terdeteksi oleh google maka tidak ada salahnya anda submit.

Melakukan submit ke Search Console secara berulangkali sebenarnya tidak apa apa. Pernah cara ini saya lakukan 2 sampai 3 kali baru artikel muncul di halaman google. Setiap selesai posting artikel saya selalu submit tetapi jika 1 kali submit tidak tampil saya akan lakukan lagi setelah beberapa menit. Setelah selesai melaukan edit artikel juga silahkan anda submit ulang artikel tersebut supaya cepat terdeteksi.

Rubah tanggal publish ke sekarang

Memposting ulang artikel lama seperti artikel baru sebenarnya bukan hal baru. Jika anda menggunakan Platform WordPress maka pada alamat artikel blog tidak menunjukkan bulan dan tahun. Tidak seperti Blogger yang walaupun anda edit tetap terlihat bahwa artikel tersebut adalah arikel lama. Tetapi anda bisa melakukan penjadwalan ulang supaya artikel terdeteksi sebagai artikel baru.

Awalnya saya belum mengerti apakah ada perubahan atau tidak tetapi setelah saya coba ternyata tanggal yang ada di beranda google berubah menjadi waktu terbaru. Secara otomatis juga jika pencari artikel mengetik kata kunci tahun sekarang, artikel kita bisa ikut tampil. Untuk penjadwalan ulang artikel di blogger anda bisa merubahnya di menu label saat anda melakukan edit artikel.

Terus update artikel

Membuat tulisan secara terus menerus dan setiap hari adalah pekerjaan yang melelahkan. Entah iya atau tidak saat blog terus dilakukan update maka dapat mempengaruhi artikel lainnya untuk tampil di halaman google. Tetapi jangan percaya 100% karena saya juga terus melakukan update tetapi jika melakukan beberapa cara di atas maka artikel mastimon.com hilang dari beranda google.

Yang perlu di inggat adalah bahwa google akan melakukan penilaian terhadap keaktifan blog anda. Jika blog anda aktif terus melakukan update setiap hari maka Peringkat Alexa blog anda akan semakin ramping. Dengan Alexa Ramping begitu maka semua artikel anda dapat dengan mudah berada di halaman Google. Tetapi jika jarang update dipastikan Alexa anda akan gendut dengan mudah juga.

Berdoa dan tetap Rajin Ibadah

Dari berbagai macam cara di atas, yang paling utama adalah Berdoa dan Rajin Ibadah. Apapun Agama yang menjadi keyakinan anda bahwa sumber dari segala Berkat dan Rezeki adalah berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Akan menjadi sia sia jika anda melakukan usaha sekuat tenaga tetapi mengabaikan ibadah. Berusaha sangat baik tetapi sumber dari berkat itu sendiri jangan anda abaikan.

Itulah sedikit panjang tips untuk mendongkrak artikel lama supaya naik kembali ke halaman pertama Google. Tidak semua cara saya di atas benar karena yang saya tulis adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Silahkan tuliskan pengalaman anda di kolom komentar untuk berbagi dengan teman lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Buka Komentar