Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara daftarkan BLOG/WEB ke Google Webmaster Tools dengan mudah

Membangun sebuah Blog/WEB membutuhkan kesabaran dan ketelitian, terlebih lagi buat anda yang baru pertama kali mengenal Blogger. Mulai dari pembelian Domain Blog, Pembelian Template Premium sampai dengan penulisan artikel sendiri adalah tahapan supaya Google lebih cepat mendeteksi blog yang kita banggun. Selain itu anda wajib juga  mendaftarkan blog ke Webmaster Tool atau Search Console supaya setiap artikel yang kita posting terdeteksi oleh google dengan cepat.

Mengapa kita wajib mendaftarkan blog/web kita ke Webmaster Tool !!! Google adalah mesin pencarian atau mesin penelusuran yang cukup terkenal dan paling banyak digunakan. Persaingan berada di beranda google cukup banyak dan apabila cara ini tidak anda lakukan maka kemungkinan besar Artikel yang anda buat sulit untuk berada di halaman utama beranda Google.

Baca juga : Cara terbaru menampilkan BLOG / WEB di Google Halaman Pertama

Awalnya banyak yang inbox di massanger Facebook saya tentang cara mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool. Setiap itu juga saya memberikan link tutorial dari blog lain. Daripada memberikan visitor ke blog lain lebih baik saya buatkan tutorialnya disini. Supaya sahabat betah berlama lama berada diblog sederhana ini. Mungkin cara ini cukup jelas karena saya sertakan gambarnya. Ini merupakan contoh pendaftaran blog adik saya "talitashare.com" yang saya daftarkan dan berhasil.

Cara mendaftarkan BLOG/WEB ke Google Webmaster Tools

Langkah 1 : Silahkan anda masuk ke Google webmaster Tools
Langkah 2 : Lihat dibagian pojok kanan atas, silahkan anda klik "ADD A PROPERTY" dan masukkan alamat blog anda lengkap seperti contoh dibawah ini.

Langkah 3 : Jika blog anda sudah di ADD sekarang lihat lagi dipojok kanan atas ada gambar GIR, klik segitiga yang kebawah dan akan tampil beberapa pilihan. Silahkan anda pilih "Verification Details".

Langkah 4 : Setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah ini, Pilih "Alternate Methods". Selanjutnya klik atau pilih "HTML tag" maka akan tampil kode seperti di bawah ini. Silahkan anda COPY untuk diletakkan dibawah "<Head>.


Langkah 5 : Silahkan anda masuk ke Blogger akun anda dan masuk ke blog yang anda daftarkan Google Webmaster Toolnya. Klik Tema, Edit HTML dan jika sudah tampil seperti gambar dibawah ini silahkan anda tekan Ctrl + F sehingga tampil seperti yang saya lingkari merah. tuliskan <head>. Jika sudah ketemu silahkan paste kode yang anda ambil dari Google Webmaster Tool tadi tepat dibawahnya seperti contoh dibawah ini dan klik Simpan Tema.

Langkah 6 : Kembali ke Google Webmaster Tool seperti gambar Langkah 4 untuk Ferifikasi dengan klik VERIFY. Jika terjadi Error berarti anda salah meletakkan kode HTML Google Webmaster Toolnya, silahkan anda tempatkan yang Pas. Didini saya menggunakan Template Evomagz milik Mas Sugeng. Jika sudah tepat saat di klik Verify makan akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Dengan tanda betul berwarna Hijau dan bertuliskan "Congratulations, you have successfully verified your ownershif of" maka blog/web anda sudah berhasil terdaftar di Google Webmaster Tools. Cukup mudah bukan !!! tetapi sebagian ada yang tidak berhasil karena binggung jika di cari kode "<Head>" tidak ada di HTML. Silahkan anda ketikkan "<Head" atau "Head" saja, jika banyak yang tampil maka pilih Head yang paling atas. Nah itu adalah Cara sederhana tetapi berhasil mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool, semoga artikel ini bermanfaat dan anda juga berhasil mendaftar Blog anda, sekian dan terimakasih.