Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Enak dan Murah di Samarinda

Apabila berkunjung ke suatu tempat, Selain budaya dan tempat yang menarik, khas makanan setiap daerah pun pasti berbeda dan dicari. Nah, Negara Indonesia punya banyak jenis makanan lezat dari bahan rempah –rempah yang unik dengan aroma dan rasa yang tidak diragukan lagi dan sudah menjadi khas makanan dari daerah tersebut. Khususnya buat Masyarakat Samarinda, Anda dimanjakan dengan berbagai macam khas kuliner kota Samarinda dengan resep unik yang sudah disusun secara apik.

Tidak hanya rasanya yang enak, banyak makanan di samarinda dijual dengan harga murah dan sangat terjangkau untuk semua. Jadi Anda tidak boleh melewatkan beragam cita rasa masakan di Kota Tepian ini yang tentunya bisa mengisi perut Anda ketika berjalan –jalan, baik hanya makanan ringan atau bahkan makanan berat.


Kota yang punya julukan Kota Wisata Air ini memiliki tempat –tempat kuliner yang unik, Tidak hanya makanan restoran, café, Kedai, Warung makan, di pasar –pasar, Pedagang kaki lima pun tidak mau kalah menariknya, memang kita juga harus selektif sewaktu membeli makanan tapi yang perlu kita ketahui adalah ada banyak makanan di samarinda yang recommended buat Anda coba, tenang saja tidak sampai menguras dompet Anda kok, Karena Anda bisa mendapatkan berbagai aneka masakan sesuai isi kantong.

Nah, makanan apa aja nih yang bisa Anda jadikan pilihan terbaik di Kota samarinda? Sebagai berikut sudah tersedia informasinya untuk Anda. Jadi jangan khawatir, Anda juga akan dimudahkan dalam mencari jenis makanan tertentu, karena di samarinda juga banyak tempat yang menyediakan masakan khas yang lezat ini. Sudah penasaran dong ya? Yuk kita simak bersama –sama dan tentukan makanan favoritmu.

5 Makanan Enak dan Murah di Samarinda

1. Nasi Kuning

Salah satu kuliner ini tidak boleh sia –siakan, Nasi Kuning merupakan makanan populer di Kota Samarinda yang pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Nasi kuning khas dari Jawa secara umum namun di samarinda sendiri Nasi kuning dibuat dengan campuran kunyit dan santan. Lalu ditambahkan beberapa pelengkap seperti telur, ikan, ayam, daging,  tempe dan juga sayur seperti mentimun dan tomat. Untuk acara resmi Nasi kuning sering dipadukan sebagai makanan nasi Tumpeng.

2. Soto Banjar
https://www.mastimon.com/2018/09/5-kuliner-khas-ntt-yang-enak-dan-belum.html

Untuk Makanan lezat berkuah ada Soto Banjar. Masakan ini terdiri dari ayam yang sudah disuwir –suwir menjadi kecil, sohun rebus, perkedel kentang, daun seledri dan juga potongan telur. Kebanyakan tempat menyajikannya dengan di tambah ketupat sebagai pengganti Nasi. Yang paling khas dari soto banjar adalah aroma rempah –rempah seperti biji pala, kayu manis, cengkeh yang menjadikan cita rasa masakan ini semakin menggoda.

3. Ayam Cincane

Ayam Cincane, makanan khas samarinda berbahan dasar ayam kampung yang di bakar dan disajikan bersama sambal tomat. Mungkin sekilas akan terlihat seperti ayam balado karena warnanya yang merah dan sangat menggiurkan. Walaupun begitu rasanya sangat berbeda karena penggunaannya bumbunya khas yakni dari segi rempah yang dilumuri sebelum dibakar. Proses perebusannya nya pun membuat daging ayam nya akan terasa lembut dan empuk. Umumnya, Ayam Cincane sering di hidangkan di acara resmi seperti Pernikahan atau undangan yang lainnya.

4. Nasi Bekepor
https://www.mastimon.com/2018/09/kumpulan-masakan-khas-indonesia-yang.html

Selain terkenal dengan masakan nasi kuningnya, makanan murah samarinda lainnya adalah Nasi Bekepor. Uniknya dari makanan lainnya, nasi bekepor tergolong makanan yang sulit dicari. Tapi Anda masih bisa menemukannya di berbagai tempat makan di Samarinda. Tampilannya sendiri mirip seperti nasi uduk yang terdiri dari Nasi putih, ikan Asin, taburan rempah dan minyak sayur. Biasanya, Nasi bekepor juga disajikan dengan sambal raja yakni sambal khas Kalimantan timur.

5. Gence Ruan

Masakan dengan mengutamakan daging ikan gabus sangat pas dengan meresapnya bumbu –bumbu pedas sebagai salah satu ciri khasnya. Tampilan nya menarik dimana masakan ini berwarna merah dan terang menyala yang dihasilkan dari rempah –rempah yang bisa membangkitkan selera makan. Anda disarankan untuk menyantap kuliner ini selagi masih dalam kondisi hangat karena cita rasanya yang gurih bisa buat Anda ketagihan.

Uraian diatas adalah Rekomendasi makanan di samarinda terfavorit yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau dan tentunya Anda gak akan menyesal karena memiliki cita rasa yang buat ketagihan, Entah Anda adalah masyarakat samarinda atau baru saja berkunjung ke ibu kota Kalimantan Timur ini, Wajib untuk coba Masakan samarinda sebagai pilihan liburan yang seru dan lengkap.

Selamat menikmati. Semoga Article ini bermanfaat dan terima kasih. Jika kalian inggin mengetahui lebih banyak tentang berbagai macam Tips Kuliner dan berbagai info lainnya silahkan berkunjung ke situs tipscara.xyz.