5 Kuliner khas NTT yang Enak dan belum banyak yang tau

5 Kuliner khas NTT yang Enak dan belum banyak yang tau

5 Kuliner khas NTT yang Enak dan belum banyak yang tau

Salah satu provinsi yang berada di wilayah timur negara Indonesia ini memiliki budaya dan sumber daya alam yang sangat kaya. Bahkan daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer akhir-akhir ini. Provinsi yang ber-ibu kota di Kupang ini, juga memiliki segudang kuliner yang tentunya akan memanjakan lidah pelancong yang singgah di sana.

Terlebih dengan berbagai bahan dan rempah-rempah yang khas tentunya akan memberikan kesan baru bagi orang yang baru saja menikmati masakan NTT. Buat anda yang belum pernah ke daerah tersebut pasti belum merasakan sensasinya masakan khas NTT yang cukup enak dan popular. Dari nama namanya juga cukup asing di telingga karena tidak terlalu banyak di jual di daerah lain.

Baca Juga : Kumpulan resep Masakan Kuliner terbaru dan terlengkap 2018

Berikut ini akan kami ulas kuliner khas NTT yang tentunya sedap namun belum banyak masyarakat luar tahu tetapi patut di coba jika kalian ingin merasakan cita rasa khas dari Kepulauan Nusa Tenggara ini. Bukan hanya di hidangkan secara istimewa tetapi proses pembuatannya juga terkadang dilakukan secara Tradisional. Penasaran apa saja jenis masakan NTT yang belum banyak diketahui orang, berikut ulasannya.

5 Kuliner khas NTT yang Enak dan belum banyak yang tau

1. Karmanaci

Jika kalian berlibur atau sekedar berkunjung ke NTT, sayang sekali jika kalian tidak menikmati masakan yang berasal dari olahan daging sapi ini. Dengan beberapa racikan bumbu khas nusantara, daging sapi yang utuh atau tidak di cincang ini akan terlihat seperti empal atau gepuk. Bumbu-bumbunya akan memberikan cita rasa manis yang dominan dan juga rasa asam dan gurih yang selaras dengan rasa daging sapi yang empuk. Tentunya karmanaci sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat ketika kalian menikmati indahnya pemandangan wilayah Nusa Tenggara Timur.

2. Ikan Kuah Belimbing

Makanan yang kedua ini merupakan makanan berkuah dan sangat segar untuk kalian nikmati. Dimana makanan khas NTT yang berbahan dasar dari ikan tongkol segar ini diolah dengan berbagai bumbu yang akan menghasilkan cita rasa asam yang berasal dari belimbing wuluh dan gurih yang berasal dari santan kelapa. Dengan warna kuah yang kuning segar tentunya akan menambah lahap kalian  yang ingin menikmatinya. Baca Juga : Kumpulan masakan Khas Indonesia yang Mendunia.

3. Se’i daging asap

Biasanya masakan ini berasal dari daging sapi maupun babi yang dibumbui khusus dan diasapi dengan tujuan agar dapat disimpan lebih lama. Karena dipercaya kandungan manfaat dari pengasapan  yang digunakan dan garam untuk bumbu dapat menjaga cita rasa masakan dan menjaga daging tidak cepat membusuk ataupun basi. Selain itu dengan metode pengasapan maka daging ini akan semakin awet untuk dapat kita simpan maupun dijadikan oleh-oleh ketika balik dari NTT. Dan untuk cara yang masih tradisional biasanya daging ini diasapi khusus menggunakan kayu yang berasal dari pohon kesambi.

4. Moke

Nah kalau ketiga kuliner yang telah disebutkan tadi berupa masakan, yang ini merupakan minuman khas dari masyarakat NTT. Pada umumnya minuman ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu moke hitam dan moke putih. Untuk putih sendiri berasal dari nira sadapan pohon lontar yang banyak sekali tumbuh di daerah ini. Untuk hasil rasa manis akan tercipta dari pembuatan moke yang ditempatkan di wadah yang sangat bersih yang berupa seruas bamboo dan di gantung. Dimana moke putih sendiri dapat disantap menjadi  minuman atau diolah lagi dan dijadikan gula merah. Dan moke hitam sendiri telah melewati masa fermentasi dan sering disebut juga arak. Moke hitam sering dijadikan teman untuk memakan daging.

5. Jagung bose

Jagung merupakan salah satu makanan pokok untuk daerah yang memiliki iklim yang cukup kering seperti di NTT. Namun jangan salah, jagung juga tak kalah dengan nasi dan dapat diolah menjadi masakan yang sangat enak. Salah satu masakan khas NTT ini terlihat sangat simple namun juga sangat enak dan bergizi. Dimana jagung ditumbuk hingga kulitnya terkelupas lalu akan direbus bersama dengan kacang merah dan diberi sedikit garam. Dengan begitu rasa asli dari biji-bijian tersebut tidak akan hilang.

Baca Juga : Cara buat Es Kepal Milo dengan mudah dan cepat

Bagaimana dari ke lima jenis masakan di atas apakah anda sudah pernah merasakannya. Jika anda orang NTT pasti tidak asing mendengan beberapa masakan di atas jadi silahkan anda cicipin sendiri supaya dapat menikmati maskan indonesia wilayah Timur ini. Terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan jika inggin tau lebih banyak tentang NTT anda bisa berkunjung ke situs BloggerNTT.com.
Buka Komentar