Pengertian lengkap SSH, SSL, TLS dan STARTTLS

Pengertian lengkap SSH, SSL, TLS dan STARTTLS

Pengertian lengkap SSH, SSL, TLS dan STARTTLS

Mungkin kebanyakan orang asing atau jarang mendengar kata SSH, SSL, TSL, dan STARTTSL. Mungkin ada juga orang yang pernah mendengar kata-kata tersebut tetapi tidak mengerti apa maksudnya. Ada juga orang-orang yang sangat paham dengan kata tersebut. Sebenarnya apa itu SSH, SSL, TSL, dan STARTTSL?

Secure Shell (SSH), Secure Socket Layer (SSL), Transport Security Layer (TSL) merupakan teknologi protokol yang sering dipakai untuk membuat komunikasi antar server dan client supaya aman. Teknologi tersebut aman digunakan pada jaringan nirkabel maupun jaringan kabel. Istilah ini sering kita dapatkan pada pembelajaran mengenai jaringan atau komunikasi.

Baca Juga : Pengertian Internet Marketing, Jenis, Manfaat dan Cara Kerjanya

SSH merupakan singkatan Secure Shell yang merupakan protokol jaringan untuk komunikasi data yang aman, masuk/login antarmuka perintah, perintah eksekusi jarak jauh, serta layanan jaringan untuk jaringan komputer lainnya. SSH dibuat sebagai pengganti telnet dan remote shell lainnya yang tidak aman. SSH umumnya digunakan pada sistem operasi UNIX/Linux server dan perangkat jaringan lainnya seperti switch serta router.

Ada salah satu cara untuk menggunakan SSH yaitu dengan menggunakan otomatis public-privat key pasangan dengan sederhana untuk mengenkripsi koneksi jaringan, dan menggunakan otentikasi password untuk masuk/login. Enkripsi yang digunakan SSH bertujuan untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti internet.

Berikutnya yaitu SSL yang merupakan singkatan dari Secure Socket Layer merupakan lapisan keamanan  yang digunakan untuk melindungi hubungan di sebuah website pengguna dengan enkripsi data yang canggih. Website yang menggunakan SSL sebagai protokolnya alamatnya alan berubah menjadi https. Secara umum SSL berfungsi untuk menjaga keamanan transaksi data  yang terjadi secara online agar tidak dibaca oleh pihak lain.

Baca Juga : Cara mempercepat Koneksi internet Wifi dengan mudah dan cepat

Fungsi SSL pada komunikasi aman seperti fungsi TCP dalam komunikasi normal, yaitu menyediakan infrastruktur komunikasi standar di mana sebuah aplikasi dapat menggunakannya dengan mudah. SSL Certificate merupakan kode rahasia besar yang dimulai dari ukuran 1024 bit, 2048 bit, hingga 4096 bit. SSL Certificate kode harus diinstal pada server di mana web nama domain dijalankan. Ada beberapa macam SSL yang perlu diketahui, yaitu :

Domain Validation (DV) SSL, merupakan SSL yang termasuk mudah dan murah karena proses validasinya hanya melalui email.

Organization Validation (OV) SSL, merupakan SSL yang digunakan untuk validasi organisasi atau badan usaha yang berada di belakang nama domain yang telah teregistrasi atau terdaftar.

Extended Validation (EV) SSL, adalah standar validasi paling tinggi pada sebuah organisasi atau perusahaan. SSL ini termasuk jenis SSL yang paling premium.

Transport Security Layer (TSL) meruupakan protokol yang menyediakan autentikasi akhir dan privasi komunikasi di jaringan internet. Protokol TSL memberi izin aplikasi dari client atau server untuk berkomunikasi dengan rancangan untuk mencegah eavesdropping, tampering, dan message forgery.

Ada beberapa pengukuran keamanan dari TSL yaitu perlindungan terhadap downgrade protokol ke versi sebelumnya, serta penggunaan message digest yang dilengkapi dengan kunci dan hanya si pemegang kunci yang hanya bisa melihat Message Authentication Code (MAC). Banyak protokol berbasis IP yang mendukung penggunaan TSL untuk mengenkripsi data seperti HTTP (HTTPS), SMTP, FTP, POP3, dan NNTP.

Selanjutnya kita akan membahas singkat tentang STARTTSL. Apa yang dimaksud dengan STARTTSL? STARTTSL adalah suatu metode untuk mengidentifikasi koneksi yang kurang aman dan membuatnya ke koneksi yang lebih aman menggunakan SSL/TSL. Memang nama STARTTSL mirip ke TSL, namun sebenarnya pengguna dapat menggunakan SSL maupun TSL ketika menggunakan metode STARTTSL tersebut.

Baca Juga : Kumpulan cara mendapatkan Uang dari Internet yang terbukti berhasil

Itulah sedikit penjelasan tentang SSH, SSL, TLS dan STARTTLS yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. Fast Premium VPN & SSH SSL/TLS , Softether Account , Vpn Server , Server Singapore, US, Japan, Netherlands, France, Indonesia, Vietnam, Germany, Russia silahkan berkunjung ke SSHStores - High Speed Premium VPN & SSH SSL/TLS
Buka Komentar