Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Internet Marketing, Jenis, Manfaat dan Cara Kerjanya

Internet Marketing adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata Internet dan Marketing. Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung antar satu dengan lainnya sehingga menghasilkan sebuah informasi dan Marketing adalah penjualan suatu produk dan jasa sebuah perusahaan ataupun perorangan dengan target pasar yang luas.

Kali ini mastimon.com sedikit akan membahas tentang Pengertian Internet Marketing, Jenis jenis Internet Marketing, Manfaat menggunakan Internet Marketing dan Cara Kerja Internet Marketing. Jika anda sudah terbiasa menggunakan internet sudah pasti sering melihat proses jual beli produk baik melalui sebuah situs ataupu media sosial.

Pengertian Internet Marketing

Internet Marketing dapat di artikan sebagai Pemasaran sebuah produk melalui Internet. Bukan hanya melakukan pemasaran ataupun penjualan tetapi termasuk promosi, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online. Selain melakukan penjualan sebuah produk melalui internet bisa juga memperkenalkan sebuah brand supaya lebih terkenal.

Jenis jenis Internet Marketing

Ada 2 jenis Internet Marketing yaitu Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income) dan Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation). Kedua jenis Internet Marketing ini cukup berbeda Jika sebagai sumber penghasilan adalah langsung mendapatkan keuntungan dari promosi tersebut tetapi Jika untuk Promosi Online itu hanya sebatas mempromosikan sebuah brand atau website tertentu.

Menjadi sumber penghasilan terdiri dari : PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain dan Pelelangan (Online Auction). Sedangkan jika sebagai media Promosi seperti : PPC Advertising (PPC Ads), SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), Email Marketing, Mobile Advertising, Social Media Marketing, Pemasaran Melalui Forum.

Manfaat menggunakan Internet Marketing

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Internet. Dengan kemajuan zaman dan teknologi maka melakukan promosi produk melalui internet adalah hal yang tepat. Saat ini banyak orang melakukan pembelian produk melalui media online dan produk langsung di antar tepat di depan rumah seperti pembelian Handphone, Pakaian sampai dengan Makanan.

Tidak hanya penjualan produk barang saja tetapi juga menawarkan jasa online seperti Jasa Desain sebuah Blog atau Situs, Jasa Ojek Online (GOJEK) yang di promosikan melalui aplikasi. Selain itu banyak juga yang menawarkan Jasa Desain Kalender, Desain Undangan, Editing Foto Keluarga. Mastimon.com adalah salah satu situs yang menjual beberapa jasa tersebut.

Cara Kerja Internet Marketing

Lalu bagimana cara kerja Internet Marketing yang sehat supaya dapat di percaya oleh Konsumen dan pelangan. Sebelum melakukan Promosi sebuah produk maka diperlukan sebuah nama yang dipercaya. Jika kita lihat di internet website jual beli yang dapat dipercaya dan memiliki nama seperti Buka Lapak dan Belibi pasti banyak pembelinya.

Proses jual beli melalui website bisa dilakukan secara langsung melalu kolom Order ataupun melakukan pemesanan melalui Email dan Handphone. Sebelum transaksi dilakukan biasanya bisa melakukan proses tawar menawar terlebih dahulu. Setelah disepakati harga selanjutnya melakukan pembayaran terlebih dahulu setelah itu Produk atau Jasa dikirim kepada Konsumen.

Sama seperti saat anda inggin mempromosikan sebuah website dengan memasang Banner atau Iklan di situs tertentu maka Pembayaran dilakukan terlebih dahulu baru Banner di pasang. Proses seperti ini sudah biasa dilakukan tetapi anda perlu berhati hati saat melakukan transaksi melalui Internet jika situs tersebut belum memiliki nama.