Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Baterai Android Agar Tidak Cepat Soak !

Siapa yang tak memiliki Android di tahun 2017 ? Ponsel pintar yang awalnya hanya menjadi kebutuhan Sekunder oleh banyak orang ini , sekarang telah menjadi kebutuhan wajib ataupun primer yang harus dimiliki oleh setiap orang.


Baik emak-emak , bapak-bapak ataupun anak-anak . Dengan adanya Android kita dapat mengakses segala hal hanya dalam genggaman.

Dibalik kemudahan yang Android berikan, bukan berarti ia tak memiliki kekurangan. Baca juga : belajargitar18.com

Salah satu kekurangan dari android yang sangat sulit diatasi dan paling banyak dialami oleh penggunanya ialah cepatnya battery android tersebut Erorr ( bahasa saya Soak).

Maka dari itu saya berinisiatif untuk menulis artikel ini agar kalian yang masih awam dalam menggunakan Android dapat merawat battery android kalian agar awet dan tidak cepat rusak. Nah setelah berpanjang lebar langsung saja kita ketopik pembahasan.

Cara Merawat Baterai Android

1. Jangan Diletakkan di Tempat yang Panas

Sadar ataupun tidak saat kita meletakkan Smartphone yang kita miliki di permukaan yang panas hal itu akan membuat layar smartphone yang kita miliki akan semakin redup.

Ditambah lagi jika kalian membiarkan android yang kalian miliki terpapar sinar matahari , maka akan mempermudah android menjadi overhead yang pastinya membuat baterai android yang kita miliki menjadi cepat rusak.

2. Jangan Memainkan Hp Sampai Panas

Hal kedua yang harus kita hindari agar baterai android yang kita miliki tidak cepat rusak ialah jangan pernah memainkan hp hingga overhead.

Hal ini sangat sering dilakukan oleh orang awam, mereka terlalu asik dalam memainkan android yang mereka miliki , hingga lupa akan batasan baterai android itu sendiri. (biasanya dilakukan oleh para Gamer Mobile)

3. Jangan Mengecas Sambil Bermain Game

Lagi lagi gamers mobile yang kena wkwkwk, percaya tidak percaya saat kalian memainkan suatu Game Mobile sambil mengecas , baterai hp yang kalian miliki akan semakin cepat Soak.

Karena baterai akan kebingungan dalam mengatur arus yang masuk dan arus yang harus ia keluarkan. Baca juga : Tips bermain mobile legends

Hal ini sudah pernah saya alami sendiri di tahun 2015, saya hampir 4 kali mengganti baterai Samsung galaxy Young yang saya miliki akibat memainkan game COC sambil mengecas.

4. Jangan Charge Baterai Over Power

Hal selanjutnya yang harus kalian lakukan untuk merawat baterai android kesayangan kalian ialah jangan mengecas baterai secara berlebihan .

Setiap android memiliki batas chargenya masing-masing dalam satu hari , jika kalian terlalu sering mengecas, maka baterai yang kalian miliki akan cepat Soak karena sudah melewati batas penggunaannya. Maka dari itu gunakan Android yang kalian miliki sewajarnya.

5. Jangan Letakkan Android di Tempat yang Tidak Bisa Mengalirkan Panas

Sebenarnya steatment ini bukanlah murni steatment saya , saya mendapat pernyataan ini dari channel YouTube jalantikus , saya sendiri awalnya sangat tidak percaya akan hal ini .

Namun setelah saya mencobanya ternyata memang benar-benar bekerja.

Maksud dari tempat yang tidak bisa mengalirkan panas ialah kasur dan sofa.

Saat kita mengecas baterai, tentu android yang kita miliki akan menerima panas dari sumber listrik, nah yang jadi masalah ialah saat kita meletakkan android tersebut di tempat yang tidak bisa mengalirkan panas.

Tentu panas itu akan mengendap di baterai itu sendiri , yang efeknya akan memperlambat proses charging dan tentunya membuat umur baterai kita semakin pendek. (Hal ini benar-benar saya alami).

6. Jangan Charge Baterai Sambil ditinggal Tidur

Cara selanjutnya yang harus kalian lakukan untuk merawat smartphone kesayangan kalian ialah jangan mengecas baterai sambil di tinggal tidur.

Walaupun jaman sudah semakin canggih , dan berbagai macam Android sudah dibekali auto cut-off saat baterai yang kalian cas sudah penuh, bukan berarti kalian bisa sesuka hati dalam mencharge baterai .

Karena sangat tidak disarankan dan akan memicu overhead pada permukaan smartphone, yang pastinya akan memicu baterai yang kalian miliki cepat rusak dan menggelembung.

Agar baterai android yang kalian sayangi itu dapat awet selama bertahun-tahun ada baiknya kalian mencharge baterai saat dayanya telah mencapai 30% dan mencabutnya saat sudah terisi hingga 80-99% . Hal ini bertujuan untuk menjaga skilus baterai smartphone yang kalian miliki.

7. Jangan Biarkan Baterai Android Ngedrop

Saat kita membiarkan baterai Android dalam keadaan maksimum secara terus menerus sangatlah tidak baik , apa lagi sangking hematnya kita selalu menempelkan baterai dengan charge yang bertujuan agar baterai tidak berkurang saat dimainkan.

Walaupun demikian hal yang lebih buruknya lagi ialah membiarkan baterai android yang kita miliki mengedrop (dalam keadaan daya 0%).

Karena saat kita membiarkan hal itu terjadi maka akan ada sel-sel dari baterai yang rusak dan tidak bisa di isi kembali.

Jadi jangan heran jika semakin hari baterai android yang kalian miliki semakin boros.

Penutup

Nah jadi itulah beberapa cara yang saya lakukan agar baterai android tetap awet, Mohon maaf jika dalam artikel yang saya tulis ini memiliki banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf dan satu lagi, Jika kalian merasa bahwa android yang kalian miliki performa baterainya semakin hari semakin mengurang jangan panik , karena memang seperti itu siklus dari baterai Li-ion (Lithium-ion) ia hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu.