Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daftar masakan yang Popular 2020

Siapa sih yang gak suka makan? Kita semua suka makan, apalagi para penikmat masakan di Indonesia sudah banyak mengamati masakan masakan yang popular pada tahun 2020. Semakin berjalannya waktu, dari hari ke hari kita bisa lihat pada tahun ini ada banyak olahan masakan yang terkenal.

Mulai dari masakan sederhana sampai dengan masakan yang mewah. Tahu kah kamu tidak hanya masyarakat sekitar bahkan makanan ini memiliki potensi untuk disukai bukan hanya orang Indonesia tetapi orang luar negeri juga. Maka, Masakan- masakan seperti apa saja yang popular tahun 2020? Kita akan bahas uraian singkatnya pada article ini yang mengulas seputar 5 Daftar Masakan Yang Popular 2020.


Dengan mengetahui informasi ini, kita bisa update dan terus mengikuti perkembangan kuliner khususnya di Negara kita tercinta. Kalian juga bisa lihat berbagai masakan unik dan menarik tahun 2019 yang bisa sobat gunakan sebagai referensi masakan untuk keluarga. Kita gak mau ketinggalan informasi dong pastinya. Oleh karena itu, mari lihat Masakan apa saja sih yang terkenal pada tahun 2019? Yukk simak  uraiannya di bawah sub judul 5 Daftar Masakan Yang Popular 2020

5 Daftar Masakan Yang Popular 2020

1. Nasi Guri

Nasi Guri adalah nasi yang dimasak dengan santan dengan tambahan bumbu dari rempah-rempah sehingga gurih dan beraroma yang berasal dari Aceh, Indonesia. Nasi gurih memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi yang dinanak seperti umumnya. Selain bahan pelengkap yang khas dengan daerah Aceh. Nasi gurih dimasak dengan tambahan bumbu dan rempah yang khas sehingga mengeluarkan aroma yang berbeda.

Rasa gurih yang dihasilkan dari nasi ini karena adanya tambahan santan yang kental ditambah dengan bumbu rempah dedaunan yang digunakan untuk memasak nasi ini. Untuk penyajian nasi gurih sangat pas disajikan dengan tambahan menu tambahan seperti udang, ayam, tahu dan tempe. Bahkan dengan sambal yang khas seperti sambal balacan yang dapat meningkatkan selera makan. Dengan proses pembuatan yang tidak rumit menjadikan makanan ini merupakan salah satu masakan yang juga terkenal tahun 2019.

2. Sambal Raja

Apa itu Sambal Raja? Mungkin kalau didengar  dari namanya terlihat menyeramkan ya?  Sambal raja ini sendiri berasal dari Kutai yang sebenarnya tidak selalu disebut sebagai sambal raja. Sajian pedas ini umum juga disebut sebagai sambal kutai - sebuah nomenklatur yang lebih generik. Sambalnya tetap sederhana, tetapi disajikan dengan telur dan sayuran yang digoreng untuk memberi sentuhan keistimewaan.

Sambalnya adalah sambal blacan/trasi bernuansa asam karena diberi kucuran jeruk cina (disebut jeruk kunci di Pontianak, limau kasturi di Medan, dan lemon cui di Minahasa). Selain memberi rasa asam, jeruk cina juga mencuatkan aroma harum. Selain rasa asam yang tipis, sambal raja juga harus bernuansa manis dan tidak perlu terlalu pedas. Biji cabenya dibuang, sehingga kesan umumnya memang adalah sambal yang mulus. Sambal ini ditumis dengan minyak hingga mengkilat dan tanak.

Sambal ini menjadi lebih istimewa setelah disajikan dengan berbagai aksesori pendampingnya, yaitu: telur rebus yang dicincang, dan berbagai sayuran - kacang panjang, terong, bawang merah - yang digoreng. Masakan ini sangat cocok bagi para pecinta masaka pedas.

3. Nasi Pindang

Pernahkah kalian mendengar masakan “Nasi pindang”? Nasi Pindang ini memiliki kuah kehitaman dengan rasa rempah yang gurih. Mengapa kuahnya hitam? Nasi pindang disajikan dengan kuah hitam yang encer karena menggunakan bahan kluwak di tambah dengan khasnya menggunakan  Daun Melinjo muda sebagai pendamping kuahnya Sehingga, daun melinjo ini pun menjadi ciri khas dari nasi pindang. Di dalamnya terdapat potongan daging dan nasi yang sudah dicampur. Keistoimewaan ini lah yang berhasil menarik perhatian para pecinta kuliner khusunya pada tahun 2020.

4. Kapurung

Kapurung merupakan sebuah makanan berkuah dengan rasa sedikit asam namun sangat menyegarkan. Kuliner ini merupakan makanan khas tradisional dari Palopo, khususnya masyarakat Desa Luwu. Cara membuatnya cukup mudah, yang perlu disiapkan adalah sagu asli atau tepung sagu yang nantinya akan dilarutkan menggunakan air panas. Setelah sagu tersebut mengental, adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil seukuran bakso. Makanan berbahan dasar sagu ini disajikan dengan kuah berbumbu kacang yang dicampur berbagai macam sayur mayur serta daging ikan yang penuh gizi.

Bagi para penikmat kuliner yang tidak terlalu menyukai ikan, daging ayam dan udang bisa menjadi alternatif penggantinya. Kapurung sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan masih panas. Kuah bumbu kacang serta kaya akan rempah yang pedas akan memberikan kehangatan di tenggorokan para penikmatnya. Bagi sobat yang belum pernah menikmati nikmatnya “Kapurung” bisa coba langsung di tahun 2019 ini ya.

5. Kepiting Saus Cili

Daging kepitingnya sangat lezat namun sausnya-lah bintangnya  dengan manis namun gurih, agak pedas namun benar-benar memuaskan. Jari-jari kamu pasti nya akan berlumuran saus saat membuka cangkang kepiting, dan dorongan untuk menjilatinya sungguh tak tertahankan.

Kepiting Saus Singapura, rajanya hidangan kepiting, adalah salah satu temuan kuliner terlezat di negeri ini. Makanan khas ini tersedia di sebagian besar restoran seafood, yang biasanya menyajikan kepiting lumpur yang berdaging manis dan berair. Tak heran masakan ini di pilih sebagai masakan popular pada tahun 2020.

Uraian diatas merupakan 5 Daftar Masakan yang popular tahun 2020. Wajib buat sobat semua untuk merasakan kenikmatan dari 5 jenis masakan yang berbeda ini. Di jamin akan buat sobat ketagihan dan tentunya ingin membuatnya sendiri dirumah. Selamat menikmati masakan-masakan kuliner terfavorit tahun 2020. Kita tentunya tidak sabar menantikan jenis masakan menarik lainnya yang bisa menambah kaya kreasi kuliner khususnya pada tahun 2020.

Semoga artcle ini senantiasa bermanfaat dan bila kalian inggin mengetahui Resep Masakan lainnya yang terbaru bisa mengunjungi blog RESEP BUNDA (resepbunda0.blogspot.com).