Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lowongan CPNS 2019 Lulusan SMA dan SMK lengkap

Pada Tahun 2019, Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Kembali akan membuka lowongan PNS (Pegawai Negeri Sipil) melalui tahap penyeleksian CPNS atau Calon Pegawai negeri Sipil pada bulan Maret mendatang. Oleh karena itu peserta di himbau untuk mengikuti standar penerimaan yang sudah di tentukan.

Untuk jumlah pendaftaran CPNS 2019 tersedia mencapai 100 ribu formasi. Walaupun jumlah lowongannya tidak sebanyak tahun 2018 sampai 238 ribu namun ini hanya sebagai evaluasi dari penerimaan calon CPNS tahun lalu.

Posisi CPNS yang dibuka oleh instansi adalah dengan rincian 51.271 untuk formasi instansi pusat dan ada 186.744 untuk instansi daerah.  Khususnya untuk lulusan SMA dan SMK atau sederajat perlu mempersiapkannya diawal dan berusaha lebih keras karena persaingannya akan lebih ketat dari tahun sebelumnya.

Tak heran ada yang hanya melakukan sekali tes bisa langsung lulus namun tak jarang juga ada yang mencoba sampai puluhan kali mengikuti Ujian CPNS tetap saja gagal. Mungkin karena disebabkan oleh beberapa faktor yakni postur tubuh yang tidak ideal, kurangnya spesifikasi nilai kelulusan dan juga pengetahuan nasional yang kurang di pahami dengan baik.

Lowongan kesempatan untuk berkarir di pemerintah tidak bisa didapatkan dengan seenaknya saja tapi perlu persiapan matang seperti mengikuti test psikotes yang ada di internet sebelumnya, mambaca syarat dan ketentuan mengikuti tes CPNS dan tata cara pendaftaran yang baik dan benar.

Untuk Jadwal pelaksanaan penerimaan kandidat CPNS secara lengkap sendiri Memerlukan proses yang panjang dan beberapa kualifikasi yang diperhitungkan seperti yang dijelaskan pada uraian di bawah ini :

Jadwal penerimaan CPNS 2019

Informasi terbaru untuk pendaftaran dana paling lambat adalah bulan Maret –April 2019. Meskipun belum pasti Menpan RB Memberitahu bahwa proses penerimaan CPNS tahun ini masih dalam proses yakni memvalidasi informasi data dari masing –masing daerah dan untuk pendaftarannya akan mulai diadakan pada Maret 2019 mendatang.

Pembukaan CPNS periode 2019/2020 Lebih memprioritaskan pembangunan daerah, perhitungan yang pasti dan rinci dan izin dari presiden seperti ketentuan berikut ini :
  • Dari kuota PNS Sebesar 220.00 yang akan pensiun, pembukaan pendaftaran akan dilakukan 50 -60% dari kuota dan sesuai dengan usulan gubernur dan bupati area setempat.
  • Pelaksanaan akan dilakukan di pemerintah pusat, daerah, popinis dan Kabupaten.
  • Setiap daerah mempunyai kebijakan dan kewenangannya masing –masing, namun diharapkan tidak melenceng dari peraturan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Menunggu validasi data dari masing –masing daerah.
  • Data yang masuk kemudian akan di diskusikan dengan menteri keuangan untuk menentukan kebutuhan anggaran.
  • Jadwal pendaftaran akan segera dibuat setelah presiden menyetujuinya.

Ragam Kompetensi dalam CPNS 2019

Apabila nantinya jadwal penerimaan sudah ditetapkan dan diresmikan, maka ada banyak fleksibilitas yang diperlukan untuk masing –masing lowongan CPNS yang tersedia. Jika tahun –tahun sebelumnya masih banyak dan ditemukan oleh sarjana ekonomi yang menjadi seorang guru, oleh karena itu posisi yang diusulkan tahun ini harus sama. Sedangkan untuk bidang keahlian pada pembukaan tahun 2019 peserta adalah jumlah yang diterima dari CPNS untuk tenaga kesehatan dan guru.

Tahapan Penerimaan CPNS 2019

Apabila kegiatan implementasi CPNS Tahun 2019 dimulai, Pendaftarannya masih sama dengan proses pendaftaran tahun sebelumnya yaitu secara online. Jika sudah melakukan persiapan dengan matang Anda bisa langsung mengunjungi dan mengakses informasi pendaftaran CPNS secara online di website resminya yakni www.menpan.go.id dan juga https://ssc.bkn.go.id.

Informasi terbaru Lowongan Penerimaan CPNS tidak hanya berlaku untuk sarjana S1, S2, D3, tetapi juga untuk lulusan SMA, SMK Sederajat periode 2019/2020. Semoga apa yang disampaikan dapat menjadi referensi yang tepat bagi Anda semua yang berminat untuk segera mendaftar di penerimaan CPNS tahun ini secara baik dan benar.

Selamat mencoba dan persiapkan diri dengan baik.. Tetap semangat! Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih. Buat kalian yang inggin mengetahui informasi seputar Akuntansi & Manajemen bisa berkunjung ke situs akuntansilengkap.com.