Panduan Blogging Pemula mulai Awal sampai Menghasilkan

Panduan Blogging Pemula mulai Awal sampai Menghasilkan

Panduan Blogging Pemula mulai Awal sampai Menghasilkan

Bekerja di dunia online ternyata tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Seperti pekerjaan saya saat ini menjadi penulis di beberapa Blog dengan berbagai jenis materi yang harus saya kuasai. Tidak heran jika para penulis blog wajib banyak membaca informasi terbaru supaya tidak ketinggalan. Disini saya akan mencoba membuatkan panduan mudah untuk Pemula Blogging.

Banyak diantara kita sudah merasa puas di saat bisa membuat blog dan mendesain template sendiri dengan cara mengambil yang versi gratisan. Dulu saat saya pertama kali mengenal apa itu blog, sangat senang walaupun pengetahuan menulis tidak ada. Disini saya akan bongkar bagaimana membuat blog yang benar dan menghasilkan.

Saya tidak akan membuat panduan cara membuat Blog karena artikel tersebut sudah saya buat. Silahkan baca : Cara membuat blog mulai awal sampai dengan mendapatkan jutaan Rupiah. Disini saya hanya akan membahas poin apa saja yang harus diperhatikan saat membuat Blog supaya tidak sia sia dan semakin hari semakin mendatangkan Visitor.

Panduan Blogging Pemula mulai Awal sampai Menghasilkan

1. Domain TLD

TLD (Top Level Domain) adalah nama terakhir dari sebuah blog yang ditunjukan. Domain Gratisan (www.mastimon.blogspot.com) sedangkan Domain TLD (www.mastimon.com). Pertama kali pilih nama yang sesuai dengan nice blog sobat. Usahakan menggunakan nama umum yang banyak dicari orang seperti (android.com, hargamobil.com, teknologi.com, kesehatan.com dan lain lain).


Penggunaan Domain TLD akan lebih cepat membantu blog sobat bersaing di beranda Google. Kalau hanya iseng buat blog silahkan menggunakan yang gratisan saja tetapi jika anda inggin mendapatkan penghasilan kedepannya silahkan menggunakannya walaupun harus mengeluarkan modal. Harga Domain setiap situs berbeda beda dan untuk .com rata rata di atas 100 ribu per tahun.

2. Template Premium

Menggunakan Template Premium sangat besar pengaruhnya buat kelangsungan hidup blog sobat. Menggunakan Template Blog yang versi Gratis tidaklah salah tetapi terkadang hasilnya kurang maksimal. Kita harus banyak memperbaiki struktur data yang ada di tempalte tersebut. Belum lagi di dalam Template versi Gratis banyak link milik pemilik template dan terkadang ada yang Error.


Harga Template Premium sekitar 100 ribu lebih dan itu sobat akan mendapatkan versi terbarunya apbila melakukan update. Cukup membeli satu kali saja sudah dapat digunakan seumur hidup. Jika anda Pemula bisa langsung mencoba menggunakan Template Premium AMP tetapi wajib memahami tata cara posting artikel supaya tidak terjadi kesalahan.

3. Daftarkan ke Google Webmaster Tools

Langkah ini sering di abaikan para pemula Blogger karena rata rata belum paham. Setelah Domain dan Template maka selanjutnya adalah mendaftarkan ke Google Webmaster Tools blog sobat. Tidak anda daftarkan juga tidak apa apa tetapi proses terdeteksinya artikel oleh Google akan memakan waktu yang cukup lama. Pendaftaran ini cukup sekali saja dan caranya cukup mudah.


Disini bukan hanya link blog saja yang anda daftrakan tetapi setiap selesai menulis artikel maka link artikel wajib anda submit ke Console. Silahkan lakukan itu dengan cara Copy Link artikel dan paste di Search Console lalu Kirim Permintaan. Dengan dua cara ini saja sobat sudah membantu artikel blog cepat terdeteksi Google.

4. Menulis Artikel Original

Jangan pernah berpikiran menjadi seorang Penulis Blog itu hanya duduk manis saja. Sobat harus berjuang mencari ide tulisan supaya Blog dapat berkembang dan banyak mendatangkan visitor. Menulis artikel sendiri atau hasil pemikiran sendiri akan mudah bersaing di beranda google daripada melakukan Rewrite (Menulis Ulang). Terlebih lagi jika sobat melakukan Copy Paste maka jangan harap blog bertahan lama.


Setiap kali sobat menulis hasil pemikiran sendiri maka kosakata akan keluar dengan sendirinya. Artikel bisa sobat tulis dengan bebas dan bisa menjadi panjang. Sebaliknya artikel rewrite terkadang kalimatnya mirip sehingga Google dapat mendeteksinya. Sobat tidak akan menjadi Penulis yang Kreatif dan akibatnya suatu saat tidak bisa menulis lagi.

5. Update Artikel Setiap Hari

Pada tahap ini adalah hal tersulit bagi seorang Blogger terlebih lagi masih bekerja di dunia nyata. Buat sobat yang masih bekerja maka jadi Penulis Blog jangan terlalu dipaksakan, jika sibuk bisa istirahat dulu. Cara saya saat masih kerja dulu yaitu nulisnya cukup 1 artikel satu hari dengan cara menggunakan waktu di malam hari sebelum tidur.


Cara lain supaya bisa update artikel setiap hari yaitu membuat tulisan menggunakan HP Android. Kecepatan menulis menggunakan Smartphoe ternyata lebih jitu terlebih lagi saat kita sedang santai di suatu tempat dan binggung mau ngapain. Dengan update artikel setiap hari maka Google akan lebih cepat membaca Blog anda dan yakin cukup 2 bulan saja visitor bisa banyak.

6. Daftar Blog ke Google Adsense

Setiap Blog/WEB mengharapkan diterima oleh Google Adsense. Saat ini untuk mendapatkan persetujuan sangatlah sulit jadi mohon bersabar. Jangan terburu buru mendaftar Blognya jika tidak inggin di tolak. Persyaratan yang saya baca usia blog minimal 6 bulan tetapi ada usia blog yang hanya beberapa minggu sudah diterima.


Disini saya tidak merekomendasikan sobat untuk memburu di terima Adsense tetapi Fokuslah dengan Visitor. Jika blog banyak memiliki pengunjung maka cukup mudah menghasilkan uang. Sobat bisa melakukan JV (Join Venture) dengan situs lain yang memiliki akun. Sobat juga bisa membelinya karena saat ini harganya cukup murah, sekitar 300 ribu saja.

Itu adalah tahapan untuk seorang Pemula yang mencoba terjun ke dunia Blogging. Jika anda mengikuti informasi terbaru nanti akan banyak cara supaya untuk mendapatkan ide tulisan melalui Tool tertentu. Selain itu ide membuat Judul Artikel juga akan mudah sobat lakukan. Yang lebih asik lagi pengetahuan Sobat akan lebih meningkat karena akan semakin banyak membaca sebelum menulis.

Cukup 6 dasar saja yang saya bagikan buat sobat sekalian. Sebenarnya masih banyak lagi tetapi dengan enam tahapan di atas saya yakin sobat bisa menjadi sukses. Jika masih binggung silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar dan semoga Kesuksesan melalui Tulisan yang sobat buat dapat terjadi. Selamat mencoba dan jangan lupa berDoa.

Penulis : DENPONO BLOG
Buka Komentar