Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Jenis Blog dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari hari

Mastimon.com - Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya blog bukan? Blog ini bisa dengan mudah kita temukan sewaktu kita berseluncur dalam dunia internet seperti lewat Google, Yahoo Search!, Bing dan lain sebagainya. Nah, melalui artikel ini kita mau mengenal jenis jenis blog dan fungsinya dalam kehidupan sehari hari yang bisa Anda ketahui.

Tahukah Anda saat ini, ada berbagai jenis blog yang dapat kita akses dengan mudah melalui perangkat elektronik kita. Namun, perangkat kita terlebih dahulu harus sudah terkoneksi dengan jaringan internet terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa mengetikkan kata kunci informasi yang kita cari di mesin pencari, kemudian otomatis ada deretan blog yang memunculkan informasi yang mungkin kita cari.

Namun, dari sekian banyak artikel blog yang ditampilkan apakah itu semua adalah jenis blog yang sama atau berbeda? Nah, jangan sampai keliru, blog sendiri terdiri dari beberapa macam yang disesuaikan dengan fungsinya loh. Jadi berbeda fungsi atau tujuan, maka berbeda juga jenis blog yang digunakan.

Setidaknya ada 4 jenis blog yang bisa sering kita jumpai di internet, apa saja itu? Simak informasi deretan jenis jenis blog dalam kehidupan sehari hari di bawah ini. Yuk simak.

Mengenal Jenis Jenis Blog dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari hari


1. Blog Pribadi

Jenis blog pertama yang kita bahas adalah blog pribadi. Nah, blog pribadi ini sesuai dengan namanya lebih berorientasi kepada kehidupan sehari hari si penulis blog itu sendiri. Biasanya terbuka untuk berdiskusi sehingga khususnya tersedia kolom komentar. Biasanya blog pribadi juga dikunjungi oleh orang orang yang memang memiliki pemikiran dan minat yang sama.

Nah, untuk isinya blog pribadi umumnya memuat konten artikel, gambar maupun foto yang berhubungan dengan minat atau hobi si penulis. Jadi, jika Anda saat ini membangun blog pribadi, blog tersebut pasti berisi sebuah informasi berdasarkan cara pandang Anda terhadap sesuatu.

2. Niche Blog

Berbeda dengan blog pribadi, niche blog umumnya di kategorikan berdasarkan topik topik tertentu. Topik tersebut ditentukan oleh blogger itu sendiri berdasarkan minat dan ketertarikannya pada suatu topik yang ingin dia bahas. Beberapa niche blog yang populer adalah seperti blog kuliner, blog fashion, blog gaya hidup, sampai dengan blog otomotif.

3. Blog Bisnis

Jenis blog berikutnya adalah blog bisnis. Jenis blog ini lebih mengacu kepada situs web untuk suatu perusahaan atau bisnis. Jadi tujuannya dibuat blog bisnis adalah untuk menarik perhatian semakin banyak konsumen terhadap bisnis tersebut melalui blog. Blogger akan membuat konten dan menerbitkannya di blog bisnis untuk berjualan secara softselling maupun hardselling.

Nah, beberapa blog perusahaan juga mempunyai fitur fitur khusus untuk melakukan transaksi bisnis. Jadi dengan adanya fitur di blog tersebut, pengunjung bisa membeli produk melalui blog perusahaan tersebut.

4. Blog Afiliasi

Blog Afiliasi memuat konten yang berisi tautan untuk mengarahkan pembaca ke website atau blog lain yang menjual produk atau jasa tertentu. Jadi blog afiliasi ini umumnya digunakan sebagai pihak promosi produk secara softselling maupun hardselling melalui konten yang diterbitkan. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Berikut ini adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang bagaimana kita bisa mengenal jenis jenis blog dan fungsinya dalam kehidupan sehari hari. Sekarang apakah Anda sudah bisa membedakan berbagai jenis blog diatas? Kalau Anda ingin jadi blogger atau penulis web, ini adalah salah satu pengetahuan yang perlu Anda ketahui.

Anda bisa belajar lebih banyak lagi dengan mengikuti les privat blogger pemula sampai bisa secara online. Anda akan dipandu dari awal sampai menjadi blogger yang paham berbagai cara dan tipsnya supaya bisa sukses menghasilkan uang. Selamat mencoba.