Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog yang Gratis dan Menarik untuk Pemula

Mastimon.com - Di zaman kita yang sekarang serba digital ini, semua orang dimungkinkan untuk bisa berkarya secara bebas. Bagaimana tidak, ada berbagai sarana teknologi canggih yang mendukung hal itu. Salah satunya adalah kegiatan berekspresi melalui tulisan yakni ngeblog. Bagi Anda yang suka menulis dan buat artikel, Anda bisa menyimak cara membuat blog yang gratis dan menarik untuk pemula di bawah ini.

Sebuah blog atau website bisa dimanfaatkan untuk menuangkan ide Anda dalam bentuk tulisan. Baik itu hasil tulisan dari imajinasi Anda atau berbagi pengetahuan yang Anda miliki. Tidak hanya bisa mengeksplorasi imajinasi dengan tulisan tapi juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan menulis Anda menjadi semakin baik,

Tertarik untuk membuat blog? Ada salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat sebuah blog dengan mudah. Namanya adalah blogger.com atau blogspot.com. Blogspot ini kalau Anda kelola dengan benar maka, bisa menghasilkan uang. Platform ini merupakan platform blogging yang ramah untuk para pemula.

Untuk membuat blog, ada dua cara yang bisa Anda pilih berdasarkan perlengkapan blog yang bisa Anda manfaatkan, yakni membuat blog melalui HP Smartphone dan membuat blog melalui komputer atau laptop. Yuk simak caranya.

Cara Membuat Blog yang Gratis dan Menarik untuk Pemula


Cara Membuat Blog Melalui Smartphone

Pertama tama, ambil HP Smartphone Anda, pastikan ponsel pintar Anda tersebut sudah terhubung dengan koneksi internet yang baik. Melalui smartphone Anda bisa mengunduh aplikasi nya terlebih dahulu. Aplikasi yang tersedia untuk blogspot yaitu Blogger.com. Anda bisa mengunduh di Google Playstore atau melalui App store

1. Siapkan Alamat Email

Selanjutnya sebelum membuat akun blog, pastikan Anda sudah menyiapkan terlebih dahulu alamat email yang akan digunakan untuk blog Anda. Jika email sudah disiapkan, silahkan buka aplikasi yang sudah Anda unduh dan instal tadi, kemudian masukkan email tersebut untuk mulai membuat akun.

2. Sign up dengan Alamat Email dan Password

3. Edit Profil

Setelah berhasil masuk pada aplikasi tersebut, silahkan untuk mulai mengedit atau mengisi profil Anda sesuai dengan keinginan. Anda tinggal mengikuti arahan yang diberikan pada halaman edit profil. Berikutnya tinggal pilih buat blog baru.

4. Tulis Alamat dan Judul Blog

Setelah menampilkan halaman blog baru Anda, silahkan untuk menuliskan alamat blog. Dalam tahapan ini Anda harus perhatikan alamat blog yang digunakan, karena Anda diperintahkan untuk harus menlis alamat blog yang belum pernah digunakan oleh pengguna blog lainnya. Anda bisa memilih nama yang unik sesuai dengan niche blog Anda.

5. Desain Template

Apabila sudah selesai melakukan tahapan diatas, kini Anda tinggal klik desain template untuk memilih desain template yang sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda.

Cara Membuat Blog Melalui Komputer atau Laptop

1. Buka Halaman Web Browser

Pastikan perangkat komputer atau laptop Anda sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Kemudian buka halaman web browser Anda, disini Anda perlu membuka alamat web yakni www.blogger.com.

2. Pilih Create Your Blog

Jika sudah masuk ke halaman web blog, coba klik "Create your blog". kemudian pada halaman tersebut Anda akan secara otomatis di arahkan kebagian untuk memulai membuat blog baru.

3. Membuat Akun Blog dengan Email

Sama seperti cara pertama saat menggunakan smartphone, Anda perlu menyiapkan email untuk membuat akun blog. Masukkan alamat email dan password yang Anda buat di blogspot Anda. Walaupun Anda baru membuat akun blog, tapi menariknya Anda tidak perlu mendaftar lagi, karema blogspot akan secara otomatis menghubungkan dengan data yang ada di akun gmail yang Anda gunakan.

4. Melengkapi Profil

Setelah berhasil masuk ke akun blogger.com, berikutnya Anda akan diarahkan untuk mengisi profil di blog Anda. Anda bisa memilih melengkapinya saat ini juga atau nanti saja dilain waktu.

5. Pengaturan Dasar pada Dashboard

Anda bisa melihat dashboard di halaman profil untuk mengatur bagaimana tampilan awal halaman blog Anda. Misalnya disitu Anda bisa menuliskan judul dan alamat blog serta tema yang ada.

6. Klik Create Blog

Jika sudah selesai dalam melakukan beberapa pengaturan diatas, jangan lupa klik "Create Blog". Apabila Anda ditawari membeli sebuah domain, Anda bisa klik No Thanks untuk menolaknya.

7. Menulis Artikel atau Posting di Blog

Kini Anda sudah bisa membuat artikel di blog Anda sendiri. Anda bisa klik "Postingan baru" untuk menulis artikel dan klik "Publish" jika sudah selesai dan ingin diposting.

8. Melihat Blog dan Hasil Postingan

Langkah Terakhir, Anda bisa melihat bagaimana tampilan postingan tulisan Anda diblog dengan cara mengklik "Visit blog" atau dengan cara mengetikkan alamat blog yang sudah Anda buat tersebut di web browser. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang cara membuat blog yang gratis dan menarik untuk pemula. Mudah dan simple bukan? Hanya dengan beberapa tahapan saja, kini blog milik Anda sendiri sudah jadi. Berikutnya Anda tinggal kelola blog tersebut. Bingung cara mengelola blog seperti apa? Anda bisa mengikuti les privat online blogger pemula secara online.

Meskipun sederhana, menjadi blogger bisa jadi terasa tidak mudah bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara mengurus blog misalnya bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar. Khususnya buat Anda yang memiliki tujuan untuk menghasilkan uang dari blog, bimbingan mentor tentu adalah solusi yang baik. Semoga bermanfaat.