Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Perlengkapan Untuk Blogger Pemula yang Harus Dimiliki

Mastimon.com - Ingin jadi seorang blogger yang berhasil? Maka, Anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu sebelum memulai. Persiapan apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi blogger? Salah satu nya adalah mengetahui dan mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk blogger pemula, dimana beberapa perlengkapan tersebut harus dimiliki supaya kegiatan ngeblog bisa berjalan dengan lancar.

Apalagi sebagaimana yang kita ketahui, profesi sebagai seorang blogger cukup ramai diminati sekarang ini. Selain bisa menyalurkan hobi menulis, ngeblog juga bisa mendapatkan penghasilan atau keuntungan. Dan berdasarkan banyak pengalaman, uang hasil ngeblog dapat dikatakan lumayan besar jika sukses. Inilah mengapa banyak orang berminat ngeblog juga.

Karena ada banyak orang yang berminat pada pekerjaan ini, Anda harus selangkah lebih maju dengan menyiapkan senjata terbaik untuk ngeblog. Tanpa senjata yang bagus, sebagus apapun artikel yang Anda buat, belum tentu bisa menang dalam persaingan di mesin pencari. Nah beberapa perlengkapan untuk blogger pemula ini, bisa menjadi senjata ampuh yang perlu Anda ketahui. Yuk simak.

Berikut Perlengkapan Untuk Blogger Pemula yang Harus Dimiliki

1. Komputer atau Laptop

Perlengkapan yang wajib dimiliki pertama pada daftar ini untuk bisa ngeblog adalah komputer atau laptop. Tapi kalau disuruh pilih mana yang lebih baik antara komputer atau laptop, pastinya yang lebih baik adalah laptop. Mengapa demikian? Ya karena laptop memiliki kelebihan bisa dibawa kemana mana dengan mudah. Jadi kegiatan ngeblog Anda tidak ada batasan tempat.

Sekarang sudah banyak sekali jenis laptop yang mendukung kegiatan menulis blog. Apalagi kegiatan menulis blog adalah kegiatan yang ringan dan tidak membutuhkan spek laptop yang tinggi dan mahal seperti laptop game. Pilihlah jenis laptop yang menunjang kegiatan ngeblog dengan baik.

2. Smartphone

Nah, perlengkapan berikutnya adalah smartphone atau ponsel pintar. Kalau perlengkapan yang satu ini pasti Anda sudah punya bukan? Di jaman sekarang ini, HP sudah menjadi perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap orang, jadi smartphone sudah menjadi perlengkapan yang umum. Sebenarnya untuk ngeblog tanpa laptop atau komputer juga bisa, yakni dengan memanfaatkan smartphone saja.

Namun, pengalaman ngeblog yang nyaman tentunya pakai laptop karena kita bisa dengan mudah mengetik dan mengedit artikel kita. Kalau menggunakan HP, tulisannya bisa jadi terlalu kecil. Nah, dalam hal ini Anda bisa manfaatkan smartphone Anda untuk memantau blog dengan praktis misalnya untuk cek analytic, adsense atau menulis draft artikel ketika sedang senggang.

3. Akses Internet

Selain perlengkapan diatas, ada satu perlengkapan yang tidak kalah penting dan wajib Anda penuhi yaitu koneksi internet yang stabil. Menjadi seorang blogger tentunya membutuhkan internet. Anda bisa memikirkan koneksi internet seperti apa yang mau Anda gunakan. Misalnya apakah menggunakan Wifi atau thetering dari smartphone.

4. Software Editor Gambar

Artikel tanpa gambar atau foto rasanya kurang professional dan mungkin kurang diminati oleh pembaca. Gambar dalam artikel membantu pembaca untuk bisa membayangkan dan mengambil kesimpulan yang baik tentang informasi yang disampaikan dalam artikel tersebut. Jadi, peran gambar dalam artikel sangatlah penting.

Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan gambar artikel terbaik untuk ditampilkan. Nah, untuk mendapatkan gambar yang bagus biasanya dibutuhkan aplikasi atau software untuk edit gambar. Anda bisa mengambil gambar dari kamera HP Anda kemudian mengeditnya melalui aplikasi edit gambar canggih misalnya Picsart, Pixlr, Paint dan masih banyak lagi.

5. Biaya untuk Domain dan Hosting

Selain menyediakan beberapa perlengkapan diatas, Anda juga hendaknya jangan ketinggalan untuk menyiapkan biaya tambahan. Biaya tambahan ini digunakan untuk pembelian domain dan hosting. Anda bisa hemat dengan membeli domain saja dan memanfaatkan platform blogger, namun kalau lebih serius lagi menjalankan blogger, Anda bisa manfaatkan wordpress yang biasanya membutuhkan biaya tambahan untuk membeli hosting.

Jika Anda sudah mempersiapkan beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki oleh seorang blogger pemula seperti daftar diatas, apa lagi tahap selanjutnya? Berikutnya adalah mulai ngeblog. Nah, ngeblog juga tidak bisa asal asalan, Anda perlu belajar lebih lanjut untuk bisa berkembang sebagai seorang blogger. Coba ikuti les privat blogger pemula yang bisa diikuti secara online untuk mengasah kemampuan Anda.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang beberapa perlengkapan untuk blogger pemula yang harus dimiliki. Anda bisa mempertimbangkan perlengkapan tersebut untuk mendukung kegiatan ngeblog Anda. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Tidak hanya ngeblog, apapun profesi pekerjaan yang dipilih pastinya membutuhkan yang namanya perlengkapan. Jangan sayang untuk memiliki perlengkapan tersebut, karena hasil karya yang baik pasti ditunjang oleh persiapan yang baik juga. Sekarang dunia sudah semakin canggih, banyak muncul peralatan canggih untuk ngeblog, sehingga Anda punya banyak pilihan kira kira mana perlengkapan yang paling cocok. Semoga bermanfaat.