Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasok Bahan Baku Rotan Manau Kubu Jawit dari Cirebon

Mastimon.com - Sebagaimana yang kita tahu, rotan merupakan salah satu komoditas hasil sumber daya alam yang sangat bermanfaat. Ada banyak sekali hasil kerajinan yang terbuat dari rotan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini tidak heran karena memang rotan banyak diproduksi diberbagai daerah. Salah satunya adalah Anda bisa menemui pemasok bahan baku rotan manau kubu jawit di Cirebon.

Rotan Cirebon yang berkualitas dan siap di produksi menjadi sebuah karya tertentu tentu tidak sembarangan. Terdapat proses pengolahan rotan mentah yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Khususnya untuk Anda yang sedang mencari supplier rotan terbaik dan terpercaya yang menyediakan berbagai bahan baku rotan, perhatikan mutu dan kualitasnya.

Nah, berbicara soal kualitas dan mutu, Anda bisa mendapatkan berbagai bahan baku rotan dengan kualitas terbaik sesuai dengan fungsinya untuk skala industri maupun pengrajin skala kecil.  Mulai dari bahan baku rotan Manau, rotan Kubu Jawit dan Soft, Core, Fitrit, Leles dan Lasio di kota Cirebon. Ya, kota ini memang dikenal sebagai salah satu pusat industri rotan di Indonesia.

Selengkapnya mengenai pemasok bahan baku rotan manau kubu jawit dari cirebon akan dijelaskan pada uraian dibawah ini.

Pemasok Bahan Baku Rotan Manau Kubu Jawit dari Cirebon


PT. Ganesha Management adalah perusahaan yang bergerak dibidang pemasok atau supplier bahan baku rotan yang berkualitas dari kota Cirebon. Perusahaan ini merupakan tangan pertama yang menyediakan berbagai bahan baku rotan berkualitas yang sudah diklasifikasikan sesuai dengan kualitasnya mulai dari rotan manau, kubu soft, fitrit, jawit, leles, rotan core sampai dengan owol.

Untuk berbagai bahan baku rotan tersebut, kita akan membahasnya satu persatu pada poin poin di bawah ini :

Rotan Manau

Rotan Manau adalah salah satu jenis rotan yang sering digunakan atau dijadikan bahan baku industri pembuatan berbagai furniture. Tidak heran kalau bahan ini sering dicari oleh pabrik pabrik mebel. Nah, rotan manau di PT. Ganesha Management Caruban umumnya diambil dari kota Padang yakni daerah Sumatera. Dimana bahan diambil langsung dari petani rotan dan dikirim menggunakan truk ke kota Cirebon.

Sesampainya di Cirebon, manau hijau ini akan mengalami beberapa proses mulai dari proses perebusan berdurasi 30 menit sampai 1 jam. Tujuannya adalah untuk menghilangkan getah getah yang ada di rotan manau. Setelah direbus, dilanjutkan dengan proses pengasapan selama kurang lebih 1 sampai 3 hari. Kemudian rotan dicuci menggunakan sabun untuk membersihkan permukaan batang rotan.

Terakhir manau ini akan dijemur dengan tujuan agar rotan bisa lebih lentur dan ringan. Nah, untuk ukuran diameter manau yang tersedia adalah 18 -20 sampai 35 up. Rotan manau ukuran besar umumnya akan digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur seperti kaki kursi, badan kursi, sedangkan manau ukuran kecil digunakan untuk pembuatan pegangan kursi.

Sifat rotan manau yang kokoh dan kuat lah yang menjadikannya cocok untuk fungsi pembuatan furniture atau mebel. Tidak jarang material ini juga digunakan sebagai salah satu pembuatan stik golf.

Rotan Manau Poles

Produk yang dihasilkan dari rotan manau, salah satunya adalah manau poles. Manau Poles adalah produk setengah jadi yang siap dimanfaatkan untuk tujuan industri furniture. Produk ini memiliki kelebihan yakni ukurannya lebih seragam serta kualitasnya terjaga dengan baik.

Rotan Kubu Jawit dan Soft

Salah satu produk unggulan di PT Ganesha Management Caruban adalah produk rotan kubu jawit dan soft. Mengingat semakin meningkatnya kebutuhan Industri pengrajin untuk memproduksi produk furniture, maka produk ini dapat diolah kembali menjadi produk setengah jadi yakni fitrit, fitrit leles, core hingga owol.

Rotan Kubu Jawit

Kubu jawit adalah rotan yang diambil dari bagian pangkal. Anda bisa mengenali bahan ini dengan ciri ciri dan karakteristik yaitukuat dan lentur sehingga dapat di bentuk dengan mudah dan bisa diolah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai tinggi ketika dijual.

Rotan Kubu Soft

Kubu soft adalah rotan yang diambil dari bagian ujung pada batang rotan. Biasanya rotan ini sangat laku di pasaran dan banyak diminati. Ciri cirinya adalah sangat lentur sehingga mudah sekali untuk dibentuk.

Rotan Fitrit

Fitrit ini bisa disebut juga sebagai produk turunan dari rotan kubu karena sebelumnya telah melalui proses pembelahan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan diameter ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dari permintaan pasar.

Rotan Leles

Leles adalah sebutan untuk produk yang diambil dari bagian tengah rotan kubu. Biasanya masih terdapat kulit dibagian pinggirnya setelah mengalami tahapan proses pembelahan.

Rotan Core

Dari segi tampilannya secara fisik, core memiliki kesamaan dengan fitrit. Namun core memiliki diameter 4,5 up yang membedakan core dengan fitrit.

Rotan Owol

Sedangkan untuk owol ini adalah lebihan dari proses pembelahan rotan lasio. Biasanya produk ini dimanfaatkan untuk mengikat sayuran dan lain sebagainya.

Rotan Lasio

Kulit rotan kubu di bagian luar yang dibelah tipis adalah lasio. Karena sifatnya yang tipis dan enak dibentuk, lasio biasanya dimanfaatkan untuk membuat anyaman kerajinan. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang pemasok bahan baku rotan manau kubu jawit dari cirebon yang perlu Anda ketahui, terutama jika saat ini, Anda memiliki kebutuhan akan bahan baku rotan dengan kualitas tinggi. Dapatkan informasi mengenai supplier bahan baku rotan selengkapnya di carubanstore.id

Patut Anda ketahui bahwa pemasok bahan baku rotan terbaik bukan hanya sekedar mengutamakan bahan alami yang indah dan kuat, tetapi juga mampu memberikan sentuhan stylish dan nyaman untuk dibuat berbagai peralatan. Manfaatkan jenis bahan baku rotan untuk memproduksi berbagai kerajinan sesuai dengan fungsinya dan karakteristiknya masing masing. Semoga bermanfaat.