-->

Panduan belajar Online dari Guru untuk Siswa SD, SMP, SMA dan SMK

Belajar online sekarang sudah menjadi keseharian setelah trend istilah “Dirumah saja”. Tahun 2020 ini memang berbagai masalah bermunculan yang mengharuskan anak anak belajar secara online. Mulai dari siswa SD, SMP, SMA/SMK bahkan mahasiswa. Namun, bagaimana caranya belajar online yang efektif? Guru terutama akan memikirkan panduan belajar online untuk murid murid mereka agar bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Di era yang canggih sekarang proses belajar dan mengajar secara online bisa dilakukan dengan mudah. Ada berbagai alat bantu modern yang bisa digunakan. Mulai dari HP Android dan Smartphone yang dirancang khusus dengan audio, layar dan jaringan internet yang mumpuni. Dari segi software terdapat banyak aplikais belajar online gratis serta link yang bisa diakses kapan dan dimana saja.

Sebagai seorang tenaga pengajar diharuskan untuk kreatif perihal cara mengajar online. Bisa dikatakan bimbel online harus bisa membuat anak didik mengerti dan paham terkait materi dan penerapan dari bahan ajarnya. Jika Anda adalah salah seorang guru pembimbing baik di Sekolah Dasar, Sekolah menengah pertama ataupun tingkatan diatasnya, cobalah gunakan pedoman dan metode cara mengajar online yang praktis dan efesien di bawah ini.

Panduan belajar Online dari Guru untuk Siswa SD dan SMP

1. Kelas Pintar

Platform kelas pintar adalah salah satu platform yang mendukung dalam langkah pencegahan Covid 19 yang semakin menyebar. Menurut Fernando Uffie selaku pendiri kelas pintar berpendapat bahwa diberhentikannya kegiatan mengajar dan belajar di sekolah untuk sementara ini, tidak lantas membuat proses belajar para murid terhenti. Siswa masih bisa belajar secara online dengan menggunakan kelas pintar.

Selagi belajar online berjalan, orang tua bisa memonitor perkembangan belajar sang anak. Karena adanya pendidikan dengan basis teknologi seperti kelas pintar semua akan berjalan dengan efektif dan baik. Ini merupakan solusi untuk belajar daring dari kelas pintar tanpa dipungut biaya. Sehingga proses pembelajaran akan terus berlanjut sesuai jadwal kapan dan dimana saja.

2. Zenius

Platform yang satu ini cocok untuk mempersiapkan para siswa dan siswi untuk mempersiapkan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Apabila sebelumnya sang anak hanya belajar sendiri yang dianggap kurang terukur dan terarah, maka Zenius akan membantu dalam merumuskan cara terbaik untuk belajar mandiri dirumah yang efesien dan efektif. Di dalamnya ada ragam video pembelajaran yang terstruktur dan lengkap.

3. Quipper

Guru dan murid juga bisa direkomendasikan untuk menggunakan Quipper school sebagai layanan yang akan memberikan tugas dan ujian secara lengkap dengan monitor hasil kerja siswa. Kelengkapan dari Quipper sendiri akan didukung oleh video, modul serta kumpulan soal Ujian Nasional atau UN beserta soal soal UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer.

Baca Juga :

Tidak hanya itu saja, untuk para siswa yang hendak masuk ke perguruan tinggi, maka Quipper juga menyajikan soal soal latihan untuk persiapan seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN diseluruh Indonesia. Pelayanan tersebut akan semakin dikhususkan mulai tanggal 17 maret 2020 untuk sekolah yang terkena dampak.

4. Sekolahmu

Berikutnya adalah platform Sekolahmu yang sudah dirancang dengan begitu apik oleh tim tim yang berpengalaman dalam bidang penerapan pembelajaran berbasis kompetensi yang sukses. Pembelajaran daring ini dikhususkan kepada seluruh murid, para guru bahkan orang tua/wali murid. Sekolahmu ini akan menawarkan berupa kelas kelas home learning di seluruh jenjang sekolah dari SD sampai dengan SMA.

Kelas ini juga tersedia untuk orang tua yang mendampingi sebagai pengganti aktivitas belajar dan mengajar di sekolah secara gratis atau tanpa dipungut biaya. Sekolahmu juga telah memfasilitasi guru untuk tetap bisa mengajar sesuai dengan kurikulum yang diajarkan agar tetap fleksibel.

5. Google Indonesia

Sebagai salah satu platform terbesar di dunia, Google juga membantu para guru dan siswa untuk tetap bisa melanjutkan pembelajaran di luar sekolah. Alat bantu ini adalah melalui G Suite Education sebagai alat perangkat untuk pembelajaran secara kolaboratif antara para guru dengan siswa siswinya secara gratis yang tersedia oleh Google.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan Hangouts Meet sebagai alat bantu yang berfungsi untuk konferensi video yang bisa digunakan oleh semua pengguna G Suite serta Google Classroom. Tentu akan sangat membantu dalam mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh di rumah. Kelebihan lainnya yang bisa didapatkan bahwa G Suite for Education adalah bisa terus digunakan meskipun terdapat kendala seperti internet yang melambat.

6. Microsoft

Microsoft juga turut mendukung pembelajaran online di rumah untuk para guru dan siswa. Akses Office 365 untuk pendidikan telah tersedia dengan memberikan fasilitas yang mendukung untuk proses pembelajaran. Dari pihak sekolah hanya perlu mempersiapkan domain institusi sebagai identitas dari para guru serta para murid.

Dengan fasilitas lengkap dalam platform terkenal ini, proses belajar akan bisa tetap berlangsung dengan baik. Interaki antara guru dan murid pun akan efesien dan efektif karena bisa bertatap muka antara guru dan murid melalui layanan fasilitas video konference sesuai dnegan kebutuhan. Lebih menarik karena guru bisa mengirimkan materi belajar baik dalam bentuk teks, audio atau suara dan video melalui teams classnya.

7. Portal Rumah Belajar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau yang biasa disingkat Mendikbud sendiri telah mengembangkan software atau aplikasi canggih untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan berbasiskan portal dan Android Rumah Belajar. Menarik sekali bukan? Bersama dengan platform yang sudah kita bahas diatas, Portal rumah belajar turut menyukseskan sistem belajar online hanya dirumah saja. Apalagi platform ini bisa dimanfaatkan baik oleh guru dan siswa dari SD, SMP dan SMA.

Lihat Juga :  IDSCH.ID | Info Pendidikan Terbaru

Inilah informasi singkat yang membahas tentang beberapa panduan terbaik yang bisa menjadi acuan cara belajar online yang dianjurkan. Rekomendasi diatas bisa Anda jadikan bahan ajar untuk anak didik dari mulai anak SD, SMP, SMA/SMK bahkan sistem perkuliahan atau mahasiswa. Hanya saja, Anda hanya perlu menyesuaikan penggunaannya di waktu dan materi yang cocok supaya lebih efektif.

Belajar online memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Namun, untuk sekarang ini di situasi yang tidak memungkinkan untuk belajar secara langsung karena penyakit menular yakni Covid 19 dari virus corona ini, mengharuskan Anda memanfaatkan sarana online. Dengan demikian proses pembelajaran murid murid bisa terus berjalan meskipun terbatas. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel