10 Cara belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan benar

Bahasa Inggris merupakan bahasa international yang sebenarnya wajib dikuasai ketika akan pergi ke negara lain. Ini merupakan cara untuk Anda bisa berkomunikasi dengan orang asing. Bisa di bilang walaupun setiap negara memiliki bahasa yang berbeda beda, namun bahasa inggris dijadikan bahasa international untuk mempersatukan bahasa. Beberapa negara pun telah memasukkan bahasa inggris sebagai salah satu mata pelajaran bergengsi di sekolah maupun universitas. Oleh sebab itu, siapa yang tidak mengetahui bahasa inggris? Walaupun tidak semua menguasai bahasanya, tetapi kebanyakan orang pasti mengenalnya sebagai bahasa tertua yang ada di dunia.


Anda bisa bayangkan apabila tidak ada bahasa international ini, tentu saja orang –orang di seluruh dunia dengan asal negara yang berbeda- beda tidak bisa berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, kerjasama antar negara pun pasti tidak akan berjalan lancar sebagaimana mestinya. Nah, mengingat pentingnya menguasai bahasa Inggris, banyak orang pun berusaha untuk belajar bahasa inggris mulai dari mengikuti sekolah jurusan bahasa inggris, kursus bahasa inggris, les privat bahasa inggris, sampai dengan belajar pribadi secara otodidak. Semua ini dilakukan orang orang untuk bisa pintar berbahasa inggris dengan  terampil dan cepat.

Sebenarnya tips belajar bahasa inggris itu tidaklah sulit, Anda hanya perlu menggunakan Trik yang benar untuk melakukan proses belajar. Dewasa ini, memang ada banyak yang ingin belajar, tapi keseriusan mereka terkadang masih dalam taraf main main. Jika Anda serius belajar, Anda bisa fasih berbahasa inggris dengan waktu yang singkat. Walaupun kemampuan setiap orang berbeda –beda, namun ketahuilah bahwa tidak ada yang tidak mungkin kalau Anda berusaha dan yakin. Bahkan bagi para pemula yang masih awam sekalipun, apabila mempelajari bahasa inggris dengan benar, hasilnya ia bisa cepat mahir dalam berbahasa inggris.

Sebenarnya kita bisa belajar bahasa inggris dimana saja dan kapan saja. Tergantung seberapa sering kita ingin belajar. Dalam kehidupan sehari hari, walaupun kita menggunakan bahasa ibu. Tapi, kita bisa mulai mengasah kemampuan bahasa inggris kita dengan berbagai cara yang praktis dan sederhana. Seperti yang akan diuraikan pada pembahasan di bawah ini. Terkhususnya bagi Anda yang masih masuk dalam kategori para pemula yang belum sama sekali mengerti bahasa inggris pun bisa mengikuti metode ampuh ini. Tips ini akan semakin berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan Anda. Selengkapnya, langsung saja silahkan Anda simak uraiannya di bawah ini.

10 Cara belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan benar

1. Mempelajari kata –kata dasar Bahasa Inggris

Cara pertama yang harus Anda kuasai adalah kata –kata dasar dalam Bahasa Inggris. Kata seperti apa? Tentu saja, kata –kata sehari –hari yang sering sekali digunakan mencangkup nama benda, hewan, buah, sayuran, angka, huruf, kegiatan sehari –hari, sebutan dan kata tunjuk. Tahap awal ini lebih cenderung pada proses mengingat dan menyimpan. Jadi Anda perlu menyimpan banyak kosakata dalam bahasa inggris mulai dari kata –kata dasar. Setelah Anda yakin sudah menguasai banyak kata –kata sehari –hari, proses belajar selanjutnya akan lebih mudah.

2. Sering mengikuti acaradalam Bahasa Inggris

Cara yang satu ini bisa jadi sangat menyenangkan, apalagi bagi Anda yang sudah menyukai karya karya lagu bahasa inggris maupun film –filmnya. Sekarang ini ada banyak sekali lagu baru bahasa inggris yang booming dan banyak di gemari masyarakat, Anda bisa mendownload lagu yang Anda suka dan mendengarkannya. Selain itu, Film layar lebar dan hollywood juga bisa dijadikan sarana belajar bahasa inggris. Jadi, dengan mengikuti metode yang satu ini, Anda bukan akan serasa belajar melainkan bersenang –senang saja.

Baca Juga :

Mengapa cara ini praktis untuk belajar bahasa inggris? Sebab dengan membiasakan telinga mendengar bahasa ini, maka pikiran dan otak Anda akan lebih fokus dan menyimpan banyak pelafalan dalam bahasa inggris. Hal ini bisa dikatakan akan semakin menambah tingkat kesensitifan telinga Anda terhadap bahasa inggris. Anda bisa lebih kreatif lagi dengan mencatat lirik lagu bahasa inggrisnya kembali atau menonton film tanpa subtitle/penerjemahan.

3. Sering membaca literatur bahasa inggris

Membaca, mungkin kedengarannya trik belajar bahasa inggris yang satu ini sangat membosankan ya? Apalagi bagi orang Indonesia yang kebiasannya tidak suka membaca. Namun, sebenarnya banyak membaca literatur dalam bahasa inggris juga ampuh mengasah kemampuan Anda loh.  Meskipun Anda termasuk orang yang tidak suka membaca, Anda harus tetap memulainya untuk meningkatkan kemampuan membaca/reading dalam bahasa inggris Anda. Sebagai pemula, Anda bisa mulai membaca article dengan bahasa yang sangat mudah terlebih dahulu. Seperti misalnya cerpen, cerita anak, article sederhana dan yang sejenisnya.

4. Mempelajari bentuk kalimat bahasa inggris pertahap

Tidak seperti bahasa indonesia, menerjemahkan setiap kata ke dalam bahasa inggris akan menghabiskan banyak sekali waktu dan tentunya akan memperlambat proses Anda. Serta menyusun satu kalimat dalam bahasa inggris tidak bisa dilakukan kata perkata, namun ada beberapa bentuk kalimat dalam bahasa inggris yang perlu Anda pahami. Anda perlu mempelajarinya dengan saksama. Bagaimana caranya? Cobalah untuk mencari kamus dan buku panduan belajar bahasa inggris yang mencangkup bentuk ucapan untuk perkenalan, ucapan salam, menanyakan sesuatu, meminta bantuan dan lain sebagainya.

5. Mengunjung komunitas atau grup berbahasa inggris

Sekarang ini, ada banyak sekali komunitas atau grup chat dalam bahasa inggris. Biasanya mereka berkumpul dari berbagai latar belakang negara dengan satu tujuan yang sama. Misalnya di media sosial layaknya facebook, instagram, twitter dan lain –lain. Disana ada berbagai macam jenis obrolan mulai dari dunia kuliner, wisata, perkumpulan idola atau artis, berita, religi, pendidikan dan lain sebagainya. Anda bisa memilih grup atau halaman yang sesuai dengan minat dan kesukaan Anda. Misalnya jika Anda suka memasak, Anda bisa ikut dalam grup komunitas international seputar memasak, pastinya Anda akan mendapatkan banyak resep masakan sampai tips mengolah makanan dalam bahasa inggris.

6. Melakukan Latihan rutin (Listening)

Selanjutnya, yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah melakukan latihan. Beberapa orang ada yang mampu berbahasa inggris secara teori saja, namun kemampuan listeningnya kurang. Bagaimana menurut Anda? Bukan kah semua harus dijalankan secara selaras? Yup, dengan demikian Anda bukan hanya perlu untuk perlu belajar materi, namun harus di barengi dengan praktekknya juga.  Setelah Anda sudah mengetahui beberapa pengetahuan seputar caranya memperkenal diri atau menyatakan sesuatu, silahkan Anda berlatih sendiri. Misalnya, Anda bisa berlatih di depan kaca atau cermin untuk semakin meningkatkan kepercayaan diri. Atau sebelumnya lakukan listening dengan mendengar beberapa ungkapan bahasa inggris dan mempraktekkannya dengan berbicara.

7. Menyusun target belajar

Nah, untuk mengukur sejauh mana kemampuan Anda dalam pembelajaran tersebut, alangkah lebih baik kalau Anda menyusun target belajar terlebih dahulu. Ini memaksudkan menyusun tujuan seberapa banyak Anda ingin belajar dalam kurun waktu tertentu. Namun, dalam hal ini jangan memaksakan diri Anda, jika tidak sanggup untuk melakukannya. Pastikan Anda menikmati pembelajaran dengan target yang sesuai. Misalnya salah satu contohnya adalah dalam pekan ini, Anda ingin menguasai bentuk pengucapan meminta tolong, menawarkan bantuan, bentuk ekspresi, tanggapan dan lain –lain. Atau minggu ini Anda ingin menambah kosakata sebayak 200 kosakata, kemudian minggu berikutnya 100 kosakata dan seterusnya. Dengan demikian proses pembelajaran Anda akan lebih terarah.

8. Mengikuti kelas kursus atau les

Tempat kursus atau les privat biasanya dijadikan sebagai salah satu cara alternatif untuk belajar bahasa inggris. Mengingat beberapa orang memerlukan bimbingan dalam proses pembelajarannya, karena tidak semuanya bisa belajar sendiri atau secara mandiri. Melalui kursus atau les, tentunya Anda akan diajarkan secara lebih terperinci. Jika Anda adalah termasuk orang yang memiliki biaya yang cukup dan waktu yang relatif tidak sibuk, silahkan untuk mengikuti kelas belajar kursus atau les berbahasa inggris. Disana juga nantinya Anda bisa bertemu teman baru yang lainnya yang juga memiliki tujuan yang sama. Anda bisa ikut belajar kelompok dan berdiskusi bahasa inggris dengan mereka.

9. Berfikir positif

Seringkali ini adalah cara yang sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Mengapa? Walaupun kelihatannya sederhana tapi menjalankannya sebenarnya susah. Memiliki pikiran yang positif memang dambaan setiap orang, namun tanpa di sadari bisa saja nanti Anda berfikir “ahhh saya tidak bisa melakukan ini.” Atau bahwa “saya tidak sanggup dan menyerah..” . Tidak hanya belajar bahasa inggris, pada kenyataannya semua proses pembelajaran membutuhkan waktu, tenaga, dan ketekunan. Dengan berusaha berfikir positif dan memperkuat motivasi belajar, inilah yang penting untuk terus maju memperlihatkan kemajuan.

10. Meningkatkan level

Meningkatkan level perlu dilakukan untuk semakin menuai hasil yang maksimal. Hal ini dapat diumpamakan seperti sebuah pohon yang akan terus bertumbuh walaupun membutuhkan waktu untuk berbuah. Oleh sebab itu, apabila Anda sudah mengikuti tahapan caranya belajar bahasa inggris diatas, bukan berarti Anda langsung bisa mahir berbahasa inggris. Melainkan Anda perlu menambah penyerapan ilmu secara baik dan terarah. Teruslah untuk melakukan peningkatan level dan jangan berhenti untuk melakukan hal –hal diatas walaupun kelihatannya Anda sudah cukup mahir berbahasa inggris. Dengan waktu dan ketekunan Anda bisa menuai hasilnya secara lebih maksimal.

Inilah uraian lengkap seputar metode belajar bahasa inggris yang baik secara rutin maupun otodidak. Untuk menguasai bahasa inggris dengan cepat, memang diperlukan proses belajar yang rutin. Sekarang dunia sudah semakin canggih. Belajar pun semakin dipermudah. Anda memiliki perangkat yang jangkauannya di seluruh dunia dengan informasi yang tak terbatas. Maka, manfaatkanlah hal itu dengan baik untuk kelangsungan kemajuan pembelajaran bahasa inggris Anda.

Teknologi yang semakin berkembang pun turut mendukung Anda belajar bahasa populer di seluruh dunia ini. Buktinya ada banyak aplikasi belajar bahasa inggris. Anda bisa cari dan downolad aplikasi tersebut dan gunakan untuk semakin meningkatkan kemampuan Anda. Disana akan terdapat banyak tips dan saran praktis untuk mahir berbahasa inggris dalam waktu yang singkat. Sekian informasi ini, selamat mencoba dan semoga berhasil. Lihat Juga : Kursus Bahasa Inggris yang paling Bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel