5 Tips belajar yang Efektif supaya mudah menjawab Soal Ujian

5 Tips belajar yang Efektif supaya mudah menjawab Soal Ujian

5 Tips belajar yang Efektif supaya mudah menjawab Soal Ujian

Belajar merupakan kewajiban khususnya bagi para pelajar. Namun, dengan banyaknya aktivitas yang ada terkadang kita dibingungkan dengan bagaimana cara belajar yang efektif guna menghadapi ujian. Kita tahu bahwa standar kelulusan di Indonesia masih menggunakan system penilaian baik itu nilai ulangan harian maupun ujian akhir semester hingga nasional.

Untuk itu diperlukan cara – cara efektif guna meningkat kemampuan kita sehingga kita dapat menjawab soal ujian dengan cepat dan tepat. Ada banyak faktor yang membuat kita mudah memahami setiap pelajaran. Selain itu ada juga beberapa karakter seseorang yang membedakan metode belajar supaya mudah di cerna.

Baca Juga : Cara sukses menghadapi Ujian Nasional dan Ujian semester Sekolah

Sebagian orang ada yang belajar saat akan menghadapi Ujian dan langsung dapat mempelajarinya. Ada juga yang harus membutuhkan waktu yang cukup lama jadi belajarnya harus bertahap. Ada yang jago berhitung dan ada juga yang jago menghapal jadi metode belajarnya yang harus dipilih sesuai karakter. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba.

1. Tentukan waktu belajar Anda yang membuat Anda nyaman 

Ini menjadi pentig karena saat Anda nyaman dalam melakukan sesuatu khususnya belajar Anda akan dengan mudah mengingat dan memahami materi yang ada. Tak perlu mengikutti jam belajar masyarakat jika Anda tidak nyaman dengan itu cukup renungkan sejenak waktu – waktu yang menurut Anda efektif untuk belajar.  Cara menentukannya cukup mudah yakni dengan melihat pada jam berapa Anda merasa diri Anda dalam keadaan baik dan siap menerima materi.

2. Disiplin dan Terarah 

Jika sudah menemukan waktu yang tepat langkah selanjutnya yang harus Anda ambil adalah dengan melaksanakannya secara rutin dan terarah guna mendapatkan hasil yang maksimal. Disiplin disini bukan berarti Anda harus melakukan hal yang sama setiap hari namun Anda hanya perlu menyisihkan waktu Anda sedikit demi sedikit untuk belajar. Karena mustahil Anda akan mendapatkan nilai terbaik jika hanya mengandalkan kemampuan yang tak pernah diasah. Zaman semakin maju Anda dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang Anda miliki.

3. Jangan berlebihan namun juga jangan terlalu sedikit 

Umumnya orang akan melakukan sesuatu yang berlebihan jika pada hari – hari pertama, tetapi kemudian akan terus berkurang pada hari - hari berikutnya. Ini merupakan presepsi yang salah. Karena pada dasarnya setiap orang harus melakukan segalanya sesuatunya sesuai porsinya dan tidak secara berlebihan. Saat kamu melakukannya secara kurang maka kamu tidak akan memperoleh hasil yang baik, tetapi jika kamu melakukannya secara berlebih maka akan mengakibatkan otak kamu mengalami ketegang yang luar biasa. Jika ini terus dibiarkan akan membuat kamu stress dan bahkan bisa mengalami hal buruk lainnya. Untuk itu cukup biasa – biasa saja namun tetap sesuai porsi

4. Selalu yakin akan kemampuan sendiri

Jangan menganggap bahwa Anda tidak memiliki kemampuan apa – apa. Anda seharusnya yakin bahwa Anda bisa melakukan sesuatu. Saat Anda yakin, pikiran Anda akan mengirim sebuah sugesti ke diri Anda yang akan membuat alam bawah sadar Anda terpengaruhi dan menimbulkan hasil energy positif bagi diri Anda. Jika saat ini Anda belum bisa jangan ragu untuk terus mengasah kemampuan Anda. Dengan terus dilakukannya latihan dan keyakinan yang terus tumbuh dalam diri Anda akan membuat Anda menjadi yang terbaik.

5. Persiapkan jauh – jauh hari  

Tidak ada sesuatu yang instan, bahkan mie yang katanya instan pun memerlukan tata cara yang harus dilakukan sebelum menyajikannya dalam piring. Jangan percaya dengan cara – cara instan yang tidak jujur mulai dari mencontek, membeli jawaban dan sebagainya. Jika Anda termasuk tipe orang yang ingin menjadi orang sukses. Diperlukan sebuah latihan yang harus dilakukan secara rutin dan jauh jauh hari sebelum perang dimulai. Perang untuk para pelajar adalah ujian. Anda pastinya sudah tahu kapan akan dilaksanakan ujian. Untuk itu persiapkan segalanya sesuatunya dengan baik dan benar jauh sebelum ujian dimulai.

Baca Juga : 5 Cara belajar Berhitung Cepat Untuk Anak SD dan TK

Itulah beberapa cara belajar efektif supaya mudah menjawab soal ujian yang dapat Anda terapkan. Pilih metode yang tepat buat anda lakukan dan jangan terlalu memaksakan karena sesuatu yang dipaksakan belajar maka akibatnya akan berakibat fatal. teruslah mencoba soal soal yang pernah dipelajari supaya mudah saat menghadapi ujian.

Kelima tips dan cara di atas adalah cara dasar yang bisa anda coba jadi semua orang bisa melakukannya. Belajarlah dengan tekun jika anda inggin lulus dari Ujian Sekolah. Inggin tau tentang apapun juga mulai Tips Komputer, Android, Tutorial dan beberapa Tips Umum bisa berkunjung ke situs Belajarlah.Com.
Buka Komentar