Cara sukses menghadapi Ujian Nasional dan Ujian semester Sekolah

Cara sukses menghadapi Ujian Nasional dan Ujian semester Sekolah

Cara sukses menghadapi Ujian Nasional dan Ujian semester Sekolah

Hallo adik adikku yang manis, yang mau menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Semester Sekolah pasti sibuk belajar ya. Bersyukur admin mastimon.com sudah lulus sekolah jadi ngak pusing lagi belajar tapi kali ini belajar menghadapi kehidupan hehehe. Buat adik adik yang akan menghadapai soal ulangan sekolah pasti rasanya dag dig dug der dan penasaran soal apa saja yang akan keluar.

Mungkin adik adik sudah membaca di beberapa situs tentang tips sukses menghadapi ujian supaya dapat naik kelas ataupun lulus sekolah. Kali ini mastimon.com inggin berbagi beberapa kunci sukses mendapatkan nilai yang baik. Berdasarkan pengalaman saya selama sekolah SMP dan SMA dulu yang mana saya sudah hidup mandiri tanpa di dampinggi orang tua (Tinggal di KOS dan Sekolah ikut orang).

Sebenarnya cukup mudah untuk bisa menjawab soal ujian yaitu dengan banyak belajar dan fokus. Ada beberapa mata pelajaran saat Ujian Nasional seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan tida mata pelajaran sesuai jurusan untuk tingkat SMA dan SMK seperti IPA dan IPS. Ada mata pelajaran lainnya yang di ujikan di sekolah seperti PKn, Seni Budaya, Prakarya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), dan Agama.

Dari sekian banyak mata pelajaran yang di ujikan biasanya yang paling sulit dikerjakan adalah Matematika. Jika saya paling sulit adalah Bahasa Inggris karena itu bukan bahasa saya, saya bisanya bahasa jawa hehehe. Kembali ke pokok pembahasan tentang menghadapi Ujian Nasional dan Sekolah, nah berikut ini cara Sukses admin mastimon.com dapat Naik Kelas dan Lulus Ujian Nasional.

Cara sukses menghadapi Ujian Akhir Nasional dan Ujian semester Sekolah :
  1. Belajarlah jauh jauh hari sebelum ujian dilaksanakan dan stop belajar saat ujian tersisa 3 hari lagi.
  2. Pelajari soal soal Ujian Akhir Nasional di 3 tahun terakhir, jika tahun ini 2018 maka adik adik pelajari Soal ujian tahun 2017, 2016 dan 2015.
  3. Buka kembali mata pelajaran mulai kelas VII, VIII, IX untuk SMP dan kelas X, XI, XII untuk SMA termasuk soal soal saat Semester.
  4. Belajar dengan fokus ke satu pelajaran, jangan lakukan secara bersamaan beberapa mata pelajaran.
  5. Lakukan diskusi dengan guru jika terjadi kesulitan saat mempelajari pelajaran (Jangan malu dan mengabaikan).
  6. Saat waktu tersisa 3 hari untuk menghadapi ujian silahkan stop belajarnya, tenangkan pikiran supaya nanti bisa fokus menjawab soal.
  7. Usahakan saat akan menghadapi ujian jangan mencari masalah ataupun kegiatan lainnya yang mengangu kosentrasi.
  8. Istirahat yang cukup baik tidur siang dan saat malam jangan tidur terlalu larut.
  9. Beribadah yang rajin dan Berdoa supaya Lulus Ujian.
  10. Saat besok akan ujian Nasional atau ujian Sekolah, lihat mata pelajaran apa yang akan di ujikan. Fokus pada mata Pelajaran tersebut dan kumpulkan semua buku dan contoh soal menjadi satu dan jangan membuka mata pelajaran lainnya.
  11. Baca kembali contoh soal ujian nasional tahun sebelumnya. Bila perlu lakukan tes soal dengan jawaban adik adik dan lakukan penilaian dengan kunci jawaban supaya dapat mengetahui sejauh mana kemampuan adik adik menjawab soal.
  12. Lakukan cara 11 ke ujian hari berikutnya dengan mata pelajaran berikutnya.
  13. Belajar yang baik dilakukan saat pagi hari mulai jam 04.30 sampai dengan 06.00.
  14. Persiapkan peralatan Ujian seperti Pensil, Penghapus, pengaris ataupun peralatan lainnya.
  15. Saat sudah berada di depan soal Ujian jangan menjawab secara terburu buru tetapi bacalah secara baik baik karena soal ujian terkadang menjebak, seperti kata kecuali.
  16. Jawab soal yang mudah terlebih dahulu secara cepat dan sisanya untuk membaca ulang soal yang sulit. Jika masih ada waktu silahkan adik adik baca ulang soal yang sulit jangan langsung keluar kelas.
  17. Optimis dan Yakin akan lulus Ujian dengan nilai baik.

Itulah tips dan cara sukses menghadapi Ujian Nasional dan Ujian semester Sekolah ala mastimon.com. Sengaja saya tidak membuat bahasa yang tinggi dan susah di mengerti supaya adik adik paham. Maksimalkan waktu belajar jangan banyak bermain terutama main Game itu akan membuat Kosentrasi adik adik hilang. Jika perlu selama Ujian unistal terlebih dahulu Gamenya dan nanti saat selesai bisa di instal ulang.

Tekhnik dan cara di atas sebenarnya adalah dasar, tidak ada yang istimewa tetapi jika adik adik lakukan dengan benar maka saya yakin bisa lulus Ujian dengan baik. Belajar yang tekun ya dan buat banga orang tua walaupun mungkin adik adik sekolahnya ikut orang seperti saya dulu karena mungkin orang tua ada di kampung. Selamat belajar dan semoga ujiannya lancar, lulus dengan nilai terbaik, Amin.
Buka Komentar