10 Bahaya MIE instan bagi Kesehatan Anak

Mie instan, salah satu makanan yang cepat saji dan murah ini memang banyak menjadi pilihan bagi kebanyakan orang yang tidak mau ribet memasak terlebih dahulu. Selain itu proses pembuatannya yang sangat mudah memungkinkan siapa pun dapat membuatnya walaupun orang tersebut tidak bisa memasak sedikit pun. Rasanya jangan diragukan lagi, berbagai macam varian rasa sudah ditambahkan sehingga semakin menambah minat dan selera orang –orang. Namun, menurut Anda apakah makanan mie instan ini aman di konsumsi secara terus menerus? Sebenarnya tidak, ada bahaya yang siap mengintai Anda.


Walaupun mie instan adalah makanan cepat saji yang sangat populer dan memiliki rasa yang enak, sebaliknya Anda harus tetap waspada. Pastikan untuk tidak terlalu sering memakannya. Sebab kebanyakan orang sekarang ini ada saja yang menjadikan mie instan sebagai makanan favorit mereka atau bahkan karena malas masak, mereka sampai menyetok persediaan mie yang banyak di rumah, tempat kerja, toko dan lain sebagainya. Bukan nya tidak disarankan untuk dimakan melainkan ada dampak negatifnya sendiri apabila dimakan terlalu sering.

Biasanya orang yang suka mengonsumsi makanan berbumbu rasa mulai dari ayam bakar, soto, ayam geprek, gulai, sate, bakso dan lain- lainnya ini sangat digemari oleh anak –anak sampai remaja. Misalnya begitu diminati di kalangan seperti pelajar, anak sekolah, mahasiswa, anak kost sampai dengan orang tua juga pun menyukainya. Bagi orang tua sudah sewajarnya memantau aktivitas makanan anak –anak mereka. Apalagi tak jarang juga anak –anak yang mengonsumsi mie mentah. Anda bisa bayangkan betapa bahaya nya. Mie instan yang sudah dimasak saja beresiko buruk bagi kesehatan apalagi mie yang masih mentah.

Mungkin Anda sendiri sudah banyak membaca atau mendengar berita di media sosial, website atau portal berita seputar dampak buruk dari seringnya mengonsumsi mie. Bukan lagi alasan, beberapa penyakit bisa saja timbul karena kebiasaan mengonsumsi mie instan yang tidak sesuai batasnya. Ungkapan mie instan mengendap diperut dan sulit dicerna ini memang adanya. Lantas apa saja akibat yang ditimbulkan dari mengonsumsi mie instan berlebihan khususnya bagi anak –anak? Untuk memperlengkapi pengetahuan Anda seputar pentingnya kesehatan anak dan pemberian makanan yang sesuai, silahkan Anda simak Apa saja bahaya makan mie siap seduh ini? Cekidot.

10 Bahaya MIE instan bagi Kesehatan Anak

1. Beresiko tinggi penyakit Kanker

Bahaya pertama yang bisa saja sangat membahayakan adalah penyakit kanker. Anda tentu saja sudah mengetahui bukan seberapa ganasnya penyakit yang satu ini? Bahkan penyakit ini terkenal begitu sangat mematikan. Hanya dengan waktu beberapa bulan saja sudah bisa menelan korban. Pada umumnya mie instan yang sering dikonsumsi akan memberikan tekanan yang berlebih pada sistem pencernaan. Nah, dengan memaksanya untuk mencerna mie secara terus menerus selama berjam jam akan membuat kinerja nya menurun.

Baca Juga :

Malah, alih alih akan mengganggu kadar gula darah dan juga pelepasan insulin apabila terjadi pencernaan yang lambat. Bahan kimia dan pengawet pun pada akhirnya mengendap dalam tubuh. Tahu kah Anda beberapa bahan di dalam mie instan sebenarnya bersifat karsinogenik. Ini berarti makanan ini bisa memacu pada kanker dan penyakit lainnya seperti asma, diare dan kecemasan karena terlalu sering di konsumsi.

2. Kerusakan di Jaringan Otak

Mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat menimbulan terjadinya penumpukan zat –zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Dan bahkan efek yang di timbulkannya adalah merusak sel sel pada jaringan otak. Dampak terlalu sering memakan mie instan ini juga lama kelamaan akan menyebabkan penurunan transmisi sinyal di dalam otak. Selain itu, dengan adanya kerusakan sel otak juga akan memicu penyakit berbahaya lainnya seperti kelumpuhan dan stroke.

3. Obesitas dan kegemukan

Penyakit obesitas bukan hanya disebabkan oleh karena memakan makanan berlemak saja, melainkan mie instan juga merupakan salah satu pemicu pertama penyakit obesitas ini. Bagaimana bisa? Tahu kah Anda? Walaupun mie instan kita lihat sebagai makanan sederhana, tapi sebenarnya di dalamnya terdapat sejumlah besar lemak dan natrium yang tidak bisa Anda konsumsi terlalu sering. Mie instan juga akan menyebabkan terjadinya retensi air dalam tubuh manusia.

4. Kerusakan Organ Tubuh

Tidak hanya merusak sel –sel jaringan otak kita sebagaimana yang sudah dipaparkan diatas, makanan yang satu ini juga berpotensi merusak organ dalam tubuh kita. Sebagai salah satu makanan yang dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama, maka dapat dipastikan bahwa dalam mie instan sendiri terdapat bahan anti beku yang mempunyai peran dan fungsi untuk mempertahankan mie tetap enak dan kenyal pada saat diseduh. Nah, meskipun demikian ketika tubuh mengonsumsi dalam jumlah banyak, akibatnya dapat merusak hati, ginjal, jantung dan juga sistem kekebalan tubuh kita.

5. Junk Food

Mie instan dapat dianggap sebagai junk food dan tidak bisa sama sekali menggantikan makanan bernutrisi. Sebab mie instan ini sendiri telah mengandung banyak sekali karbohidrat, namun tidak mengandung mineral, serat dan vitamin. Mie instan ini juga telah mengandung banyak lemak trans dan lemak jenuh. Dan karena padat kalori, bahaya mie instan akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh apabila terlalu sering di konsumsi dalam jumlah yang tidak sedikit.

6. Gizi Buruk

Sebuah penelitian yang telah dimuat dalam sebuah jurnal bernama Nutrition Research and Pratice tahun 2011 menjelaskan bahwa anak –anak yang sering mengonsumsi mie intan akan cenderung mengalami kondisi adanya kelebihan lemak dan garam sedangkan sang anak tersebut kekurangan dalam kalsium, protein, zat besi, vitamin C dan vitamin A yang justru malah penting dalam tubuh. Ketidak seimbangan tersebut terdapat karena akibat mengonsumsi makanan instan ini secara serakah dan tidak berbatas. Akibatnya anak –anak banyak dikatakan terkena yang namanya gizi buruk.

7. Adanya MSG

Apakah Anda mengenal apa yang dimaksud dengan MSG yang adalah singkatan dari Monosodium glumate ? Ya, tentunya Anda sudah mengenalnya sebagai bahan yang ada dalam mie instan bukan? Bahan ini digunakan untuk dapat meningkatkan rasa pada mie, namun pada kenyataannya 1 -2 persen dari populasi mengidap alergi terhadap MSG. Nah, ketika orang –orang yang tidak disadari memiliki alergi MSD dan mengonsumsi mie instan, maka bahaya nya akan dapat menyebabkan rasa seperti terbakar, panas di dada, nyeri, sakit kepala dan adanya kemerahan pada wajah.

8. Tinggi akan Natrium

Mie instan memang memiliki kadar Natrium yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, jika terlalu banyak mengonsumsinya akan menyebabkan natrium dalam tubuh Anda semakin meningkat. Pada akhirnya Anda akan diserang penyakit seperti Stroke, kerusakan ginjal, hipertensi dan penyakit jantung. Jadi menghindari makan mie instan secara berlebihan adalah pilihan terbaik jika tidak ingin mengalami penyakit mematikan seperti yang sudah disebutkan itu.

9. Gangguan Metabolisme

Metabolisme dalam tubuh atau yang biasa kita kenal dengan sistem kekebalan tubuh bisa saja akan terus berkurang karena terlalu sering mengonsumsi makanan mie. Kalau biasanya Anda sudah membangun metabolisme atau ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit, dengan sering memakan mie instan ini bisa saja diumpamakan seperti meruntuhkan bangunan yang sudah dengan sudah payah Anda buat untuk melindungi tubuh Anda dari serangan penyakit. Gangguan metabolisme ini disebabkan karena mie instan mengandung zat- zat kimia yang beracun seperti halnya pewarna makanan dan bahan pengawet dalam mie.

10. Berisiko Keguguran

Jika Anda adalah seorang ibu muda yang sedang mengandung sang buah hati, pastikan untuk tidak mengonsumsi mie siap seduh setiap hari atau terlalu sering. Sebab bahaya nya bukan hanya bagi Anda sendiri melainkan bagi sang bayi yang ada di dalam rahim Anda. Dimana resiko keguguran akan lebih besar karena bumbu dan bahan pengawet dalam mie instan dapat sangat mempengaruhi perkembangan sang janin. Atau situasi lainnya adalah bisa menimbulkan kecacatan dan lahir tidak normal pada buah hati Anda. Jadi, pilihan bijak untuk ibu hamil jangan memakan makanan mie instan dalam kadar yang terlalu sering.

Inilah informasi selengkapnya seputar sebab dan akibat mengonsumsi mie instan yang lepas kontrol oleh para orang tua. Saran dan tips praktis untuk para wali dan orang tua, sebaiknya jangan biasakan anak Anda untuk memakan mie instan secara terus menerus atau bahkan menjadi cemilannya. Tetapi, hendaknya Anda membatasi di tahap wajarnya saja. Boleh sesekali mengonsumsi makanan siap seduh ini, tetapi ingat batasannya. Buah hati Anda sebaiknya perlu memakan makanan sehat dan kaya akan gizi. Patut diperhatikan, jangan sampai Anda sendiri adalah orang yang gemar makan mie instan karena pastinya akan menular ke anak Anda untuk suka makan mie instan juga.

Mengingat ada banyak sekali dampak negatif dari mie instan, dengan mengetahuinya Anda dapat mencoba untuk menghindar dari bahaya –bahaya yang tidak diinginkan. Terutama bagi sang anak yang sangat rentan terhadap serangan penyakit. Perlu diingat juga, bahwa kesehatan kita bergantung pada nutrisi dan makanan yang kita makan. Kalau kita makan makanan yang sehat tentu saja hasilnya kita akan selalu sehat. Terus pantau kesehatan Anda dan buah hati. Dan jangan lupa selalu rutin mengonsumsi makanan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat!. Baca Juga  info menarik lainnya di situs fawaz.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel