Ciri ciri makanan mengandung Formalin yang perlu anda Waspadai

Ciri ciri makanan mengandung Formalin yang perlu anda Waspadai

Ciri ciri makanan mengandung Formalin yang perlu anda Waspadai

Formalin adalah jenis pengawet untuk bahan makanan dan saat ini banyak sekali diperbincangkan bahwa makanan yang mengandung formalin sangat berbahaya. Ada beberapa orang yang menyalahgunakan untuk mengawetkan makanan yang dijual agar tidak basi. Mungkin untuk jangka pendek tidak terlihat tetapi sangat berdampak untuk kesehatan pada jangka panjang.

Untuk mengantisipasi apakah makanan tersebut mengandung formalin atau tidak maka kita perlu mengetahuinya. Ciri ciri makanan mengandung formalin bisa kita lihat mulai dari warna sampai tekstur makanan itu sendiri. Tidak banyak orang mengetahuinya dan lebih memilih makanan yang terlihat segar tetapi belum tau jika makanan tersebut mengandung formalin.

Pada artikel ini tidak akan membahas lebih jauh akibat yang ditimbulkan jika mengkonsumsi makanan mengandung formalin secara terus menerus. Anda pasti sudah mengetahuinya karena formalin sangat berbahaya untuk kesehatan. Untuk mengantisipasinya kita harus paham makanan seperti apa yang mengandung formalin, berikut penjelasannya.

Lihat juga : Cara menurunkan Kolesterol tinggi dengan mudah dan cepat menggunakan ramuan Alami

Ciri ciri makanan mengandung Formalin

1. Ikan dan Seafood

Ikan adalah bahan makanan yang hampir setiap saat kita beli baik di pasar atau di pedagang keliling. Ikan merupakan makanan yang berprotein yang mudah rusak. Jadi jika dalam beberapa hari ikan tidak bau dan warnanya merah tua maka dipastikan ikan tersebut berformalin. Para ibu ibu jangan terkecoh dengan ikan yang segar saja tetapi perhatikan ikan tersebut berformalin atau tidak.

Selain itu ikan yang berformalin terkadang berwarna putih bersih dan memiliki daging yang kenyal. Ada cara sederhana untuk menguji apakah ikan itu mengandung formalin atau tidak. Anda cukup memberikan sepotong ikan ke kucing. Kucing sangat suka dengan ikan tetapi jika mengandung Formalin maka ikan tidak akan dimakannya walaupun dipaksa.

2. Ayam Potong

Ayam menjadi makanan faforit dirumah baik di goreng ataupun dimasak berkuah. Hati hati jika anda membeli ayam yang terlihat bersih, tidak ada lalat disekitar penjual ayam tersebut. Binatang saja tidak inggin mendekatinya apalagi kita manusia. Untuk mendeteksinya anda bisa melihat apakah ayam itu awet atau tidak dalam beberapa hari kedepan.

Yang paling mudah kita bandingkan ayam yang berformalin dengan yang tidak berformalin yaitu warna ayam tersebut. Yang mengandung formalin berwarna Putih Bersih, tekstur pada ayam agak kencang dan sudah pasti bau formalin cukup menyengat. Anda bisa membeli ayam yang berwarna merah segar dan jika mau lebih aman beli di kandang ayam langsung hehehehe.

3. Tahu

Tahu menjadi bahan makanan tambahan untuk campuran sayur, bisa juga digoreng dan dimakan bersama sambal pedas. Jika anda pengemar tahu maka perlu mengetahui tahu yang seperti apa yang baik untuk kesehatan. Tahu yang bagus dan tidak mengandung Formalin itu yang mudah hancur dan pastinya rusak jika dibiarkan beberapa hari.

Berbeda jika mengandung formalin maka Tahu terlihat bagus dan kenyal. Tahu tidak akan muadah hancur dan dapat bertahan beberapa hari kedepan walaupun tidak disimpan di dalam kulkas. Ada bau formalin yang cukup menyengat dan yang lebih pasti lagi tidak akan ada lagi aroma khas kedelai. Jika itu anda dapatkan maka mulai besok jangan beli di tempat tersebut lagi.

4. Mie Basah

Mie basah sangat digemari untuk dibuat makanan terutama mie Goreng kesukaan saya. Ada beberap cara untuk mengetahui apakah mie tersebut mengandung Formalin atau tidak. Cara ini cukup sederhana jadi anda bisa memeriksanya sendiri karena sangat berbeda dengan mie basah yang tidak mengandung Formalin. Dengan begitu anda akan terjaga dari bahan makanan yang berbahaya.

Mie Basah yang mengandung formalin itu memiliki ciri mie terlihat mengkilap seperti di lumuri minyak. Mie terlihat kenyal dan tidak mudah putus, tidak lengket dan bisa bertahan sampai 2 hari tanpa disimpan pada kulkas. Selain itu ada bau formalin yang cukup menyengat, jadi Mie Basah seperti ini perlu anda waspadai dan jangan coba coba anda konsumsi.

5. Ikan Asin

Ikan asin adalah ikan yang dikeringkan dan diberi garam. Ikan asin yang mengandung formalin biasanya tidak rusak walaupun disimpan diluar selama satu bulan. Selain itu terlihat bersih, cerah dan bau khas ikan asin tidak ada. Yang lebih mudah kita ketahui adalah ikan asin tidak di hinggapi binatang lalat walaupun diletakkan di tempat terbuka.

Banyak orang tidak mengetahui hal ini karena ikan asin pastinya cukup awet walaupun tidak di simpat di tempat yang dingin (Kulkas). Ditempat saya ikan yang banyak dibuat ikan asin adalah ikan Gabus atau orang lokal kalimantan menyebutnya ikan haruan. Karena banyaknya ikan tersebut maka banyak juga yang membuatnya menjadi ikan asin.

6. Bakso

Siapa yang tidak suka dengan bakso, sampai saat ini bakso adalah salah satu makanan faforit saya. Untuk mengetahui apakah bakso tersebut mengandung formalin atau tidak yuk kita simak penjelasan berikut ini. Pengetahuan ini supaya kita tidak jajan bakso sembarangan, jika sudah mengetahuinya maka anda bisa menghindari untuk tidak membelinya.

Ciri bakso yang mengandung Formalin antara lain : Bakso tidak rusak hampir sampai 1 minggu walaupun diletakkan di luar kulkas. Tekstur pada bakso sangat kenyal dan ada bau Formalin yang cukup menyengat. Warnanya lebih putih karena bakso yang aman warnanya keabu abuan. Anda bisa juga mencobanya dengan melemparkan ke lantai, apabila memantul maka bakso tersebut mengandung Formalin.

Baca juga : 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Gorengan dan cara mengatasinya

Itulah beberapa bahan makanan yang ciri cirinya mengandung Formalin. Sayangi kesehatan anda dengan cermat memilih makanan agar kehidupan anda di masa yang akan datang selalu sehat. Jika menemukan makanan yang seperti itu silahkan anda buang saja, jangan ada kata sayang dengan makanan tetapi anda tidak sayang dengan kesehatan.
Buka Komentar