Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Software Animasi 3D untuk Pemula

Mastimon.Com - Menggambar animasi 3D telah menjadi kesukaan bagi banyak orang. Ada yang mendalaminya sebagai hobi dan ada juga yang meraup keuntungan sebagai bisnis yang menjanjikan. Karena kebutuhan ini, sekarang sudah banyak bermunculan sekolah animasi dan lomba lomba animator terbaik. Seperti halnya seorang ilustrator yang erat kaitannya dengan design dan mendesain, telah banyak software animasi 3D yang cocok untuk pemula.

Perangkat lunak untuk desain 3D yang canggih ada yang berbayar dan gratis. Masing masing dari aplikasi animasi 3D tersebut juga memiliki fitur yang berbeda beda karena akan disesuaikan dengan kebutuhan sang pengguna. Bagi Anda yang tertarik menggunakan software untuk membuat animasi 3D yang mudah perlu memilih software yang tepat.

Salah dalam memilih aplikasi pembuat Animasi 3D, tentu hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan model tiga dimensi yang diinginkan. Hal lain yang turut mempengaruhi adalah kemampuan dan skill dari sang desainer sendiri. Namun, jangan khawatir sebagai berikut akan disajikan aplikasi pembuat animasi 3D terbaik untuk pemula yang layak untuk dicoba. Mari simak.

10 Software Animasi 3D untuk Pemula

1. Autodesk Maya

Autodesk Maya adalah software pertama yang disebut sebut sebagai aplikasi pembuat animasi tiga dimensi yang direkomendasikan. Kemunculannya sendiri sangat cocok bagi pemula. Ada terdapat banyak fitur yang lengkap tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan. Meskipun termasuk dalam software yang berbayar, pemula masih bisa mendapatkannya secara gratis.

Baca Juga :

Bagaimana caranya? Anda bisa mendapatkan versi gratis penggunaan melalui student version di program ini secara legal. Tidak hanya itu, software ini sendiri telah laris digunakan oleh kalangan animator hollywood. Menarik untuk dicoba?

2. Blender

Blender merupakan aplikasi dari open sourch paling terkenal di dunia. Aplikasi grafik yang satu ini meskipun termasuk dalam software yang gratis, kualitasnya tidak kalah dengan banyak aplikasi lainnya yang berbayar. Di dalamnya, Anda sebagai seorang pemula atau sudah profesional sekalipun dimungkinkan untuk membuat banyak konten yang beragam. Mulai dari 3D sampai dengan 2D. Sedangkan untuk kekurangannya sendiri adalah sedikit sulit untuk digunakan.

3. Cinema 4D

Software yang satu ini paling direkomendasikan untuk para pemula. Mengapa demikian? Sebab cinema ini tidak serumit aplikasi yang lainnya. Selain itu dalam pemanfaatannya sendiri, Anda tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi loh. Meskipun demikian hasilnya akan sama baik dengan software 3D terbaik lainnya. Percaya atau tidak, aplikasi ini memang cocok untuk pemula.

4. Autodesk Mudbox

Software yang satu ini memiliki kegunaan yang beragam. Mulai dari untuk modelling 3D, pahat dan texturing. Sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda untuk menghasilkan gambar animasi sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya menciptakan karakter karakter hasil dari imajinasi Anda sendiri, pasti akan sangat seru. Hasilnya pun bukan main main karena sangat bagus untuk level pemula.

5. Zbrush

Kegunaan Zbrush hampir sama dengan Autodesk Mudbox yaitu untuk modelling 3D, pahat dan texturing. Kualitas yang diberikan pun sebenarnya tidak kalah bagus dan cocok untuk memenuhi kebutuhan imajinasi Anda. Selain itu Anda dimungkinkan untuk mengekspor model 3D dari aplikasi lainnya sehingga memberikan tulang dengan teknik rigging serta menggerakkannya.

Ada banyak sekali fasilitas dan fitur lengkap yang bisa Anda dapatkan di aplikasi pembuat animasi tiga dimensi yang dinamai Zbrush ini. Sangat bisa diandalkan untuk semua kalangan termasuk Anda yang masih awam atau pemula dalam hal menggunakan ataupun teknik membuat desain.

6. Posser

Posser adalah jenis perangkat lunak 3D yang dapat dimanfaatkan untuk modelling karakter manusia. Hasil animasi yang diciptakan pun sangat bagus serta lebih realistis daripada aplikasi yang lainnya. Selain itu, para pemula akan semakin dimudahkan juga dalam hal penggunaannya karena sangat praktis dan tidak rumit.

Dari segi kemudahan fitur memang software yang satu ini tidak bisa diragukan lagi kehadirannya. Meskipun sebagaimana yang kita tahu ada banyak perangkat lunak yang bagus, Posser menjadi salah satu yang paling layak untuk dicoba.

7. Carrara

Carrara adalah perangkat lunak keluaran dari DAZ 3D. Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan berbeda dengan aplikasi yang lainnya sebab software carrara digunakan untuk membuat sebuah simulasi. Sebagai contoh simulasi kecelakaan mobil, banjir, ledakan api dan lain sebagainya. Selain itu carrara juga mampu mengkomposisikan antara rekaman nyata dengan animasi simulasi loh.

8. Autodesk 3Ds Max

Yang tidak ketinggalan disebutkan dalam daftar ini adalah Autodesk 3D Max yang sebenarnya adalah kakak dari maya yang asalnya sama dari autodesk. Jika Anda menyimak pada software pertama yang kita sebutkan pada daftar ini, software Autodesk 3D Max lebih rumit dari pada maya. Namun walaupun begitu, Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk mode script  di permainan. Sehingga Anda akan bisa menggunakannya juga untuk membuat sebuah game.

9. 3D Slash

Pernah mendengar kepopuleran dari aplikasi 3D Slash yang satu ini? Yup, aplikasi ini memiliki banyak sekali pujian sebagai alat pemodelan animasi 3D termudah dipasaran loh. Bagaimana tidak? Fitur antarmukanya sangat unik. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan pengalaman yang intuitif. Anda akan menemui seperangkat tool lalu pengguna dapat memulai berkarya membuat model dengan memotong kubus. Menarik sekali bukan?

10. Bforartist

Aplikasi animasi 3D berikutnya dalam daftar ini adalah Bforartist. Aplikasi ini sendiri merupakan jawaban dari para pengguna aplikasi animasi 3 dimensi yang merasa kesulitan dalam hal pemanfaatan khususnya terkait antarmuka pengguna. Software yang satu ini mampu menjadi solusi yang praktis untuk para pemula yang bingung dengan banyaknya aplikasi.

Ada banyak alasan mengapa Bforartist memang mudah digunakan. Sebagai contoh di Bforartist mempunyai tema yang mudah dibaca. Hal ini dikarenakan sang pengembang sudah memilih dan menerapkan font baru yang bisa meningkatkan skema warna menjadi lebih kontras dan baik.

Lihat Juga : softwaretempur.com | Situs Download Software

Uraian diatas adalah informasi lengkap terkait software desain animasi 3D yang mudah dan praktis untuk para pemula. Dari deskripsi singkat yang diberikan Anda akan dibantu untuk lebih mengenal kelebihan dan kekurangannya. Anda juga diberi tahu fitur dan fasilitas lengkap dari aplikasi pembuat animasi tiga dimensi tersebut.

Mungkin Anda yang sudah lama menekuni dunia desain mendesain animasi sudah tidak asing lagi dengan software diatas. Sebab deretan aplikasi canggih tersebut termasuk perangkat populer yang memiliki banyak penggemar sampai dengan sekarang. Berbagai versi terbaru yang dimunculkan akan sangat membantu Anda mencipkan gambar animasi terbaik. Selamat mencoba.