5 Aplikasi Equalizer PC terbaik dan lengkap

Berbagai aktivitas dalam perangkat elektronik kita baik melalui Handphone Android maupun PC di laptop dan komputer akan membutuhkan audio yang jelas dan mendukung. Misalnya ketika Anda akan bermain game, menonton film, mendengarkan musik dan lain sebagainya, tidak akan lengkap tanpa ada fasilitas pembantu seperti halnya Aplikasi Equalizer. Sekarang ini kita mungkin sering menggunakannya di Smartphone atau Android. Namun, bagaimana dengan PC? Adakah Aplikasi Equalizer terbaik di PC yang memiliki kualitas lengkap dan terbaik? Tentu saja Ada, bahkan beberapa diantaranya sangat recommended untuk Anda gunakan.


Dengan Frekuensi Audio yang bagus berbagai acara di PC akan lebih terasa menyenangkan. Nah, dari software equalizer inilah yang akan memegang peranan penting dalam memberikan efek suara terbaik. Tentu saja ini berarti suara yang keluar dari sound system menjadi lebih berkualitas. Berbeda halnya tanpa kecanggihan alat ini, bisa jadi suara akan kurang bagus, cempreng, suara telat dan bahkan tidak terdengar nyata. Oleh sebab itu jangan ragu untuk pilih dan gunakan beberapa jenis aplikasi terbaik untuk PC dalam daftar perangkat lunak Equalizer terbaik dan terkenal.

Equalizer biasanya juga sering disingkat dengan sebutan EQ. Jika Anda belum pernah mengenal atau memakainya sebelumnya. Maka sebagai informasi, Equalizer atau EQ ini sendiri adalah merupakan sebuah alat yang mampu meningkatkan kinerja dan kualitas suara pada sound system sehingga akan mendekati suara asli dengan cara memunculkan dan menghilangkan beberapa frekuensi tertentu. Selain itu, Equalizer memiliki beberapa fungsi penting lainnya yaitu mengurangi feedback, meningkatkan speaker, menghilangkan noise dan menyesuaikan respon pada frekuensi.

Dalam perkembangan teknologi, Equalizer pun turut mengikuti nya. Jadi penggunaan alat canggih ini memang tidak akan pernah ketinggalan jaman. Beberapa diantaranya terus mengalami pembaharuan kea arah yang lebih baik. Misalnya dengan ditambahkan fitur dan layanannya, semakin memperbagus kualitas nya, dan meningkatkan kemudahan dalam mengoperasikannya. Sehingga dengan demikian, akan semakin menarik perhatian orang –orang. Jika Anda masih bingung dengan software equalizer apa saja sih yang paling bagus digunakan untuk PC Anda? Jangan khawatir, untuk mendapatkan jawabannya Anda bisa simak informasi terbarunya di bawah ini.

5 Aplikasi Equalizer PC terbaik dan lengkap

1. FX Sound

FX Sound merupakan salah satu aplikasi terbaik sebagai Equalizer yang sederhana untuk Windows. Fitur dan fasilitas yang ada didalamnya di buat berbeda dengan yang lainnya. Tapi, dari segi kualitasnya memang bisa menyaingi Equalizer terbaik lainnya. Dimana FX Sound dapat membantu dalam hal peningkatan kualitas suara di PC sehingga hasilnya akan lebih baik. Equalizer yang satu ini begitu terkenal dengan beberapa efek suara unggulannya seperti 3D Surround, Fidelity, Dynamic boost dan Hyperbass.
  • 3D Sorround : Efek suara yang mampu membawa virtualitas ke bagian output suara. Sehingga dengan layanan ini akan dihasilkan variasi efek suara yakni environment suara.
  • Fidelity : Pada dasarnya, fitur yang satu ini dimanfaatkan untuk dapat menciptakan efek –efek suara seperti ketika Anda mendengarkan musik di pemutar stereo. Seperti itulah efek yang diciptakan. Efek yang diberikan pun bisa diatur sesuai dengan suasana yang berbeda –beda.
  • Dynamic Boost : Fitur yang satu ini memiliki peran dalam meningkatkan kenyaringan output dalam audio. Dynamic Boost ini juga memiliki fungsi dalam meningkatkan distorsi suara.
  • Hyperbass : Berbeda dengan yang lainnya fitur yang satu ini berperan dalam menambahkan bass ke dalam sistem. Maka, ini memungkinkan Hyperbass juga untuk melakukan penyesuaian suara sesuai dengan amplifikasi dan frekuensi.

Tidak hanya fitur fitur diatas, FX Sound juga memiliki berbagai efek suara lainnya yakni : Light Processing, Hard rock-grunge, Streamcast, Megabass, suara Techo-big dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk warna skin, Equalizer audio untuk windows ini mempunyai warna skin yang berbeda diantaranya ada Classic Blue, Factory, Charcoal dan lain lain.

2. Viper4Windows

Viper4Windows merupakan salah satu jenis Equalizer suara yang sifatnya open sourch untuk PC. Berbeda dengan FX Sound, Viper4Windows punya efek suara yang berbeda lagi. Banyak fitur di dalamnya bisa sangat membantu Anda seperti Equalizer, Surround, ViPER Xbass, Convolver, ViPER Xclarity, Reverberation dan Composer. Dari semua fitur yang paling sering digunakan adalah Equalizer yang dapat membawa perubahan pada sistem audio output. Fitur ini juga bisa membuat Anda menyesuaikan efek suara dari 18 band yang berbeda.

Baca Juga :

Andadapat memvariasikan rentang band dari angka 120 dB sampai dengan 13 dB. Dalam Viper4Windows Anda akan menemukan berbagai preset seperti Jazz, Rock music, Blues style, Superbass dan lain sebagainya. Secara keseluruhan aplikasi ini sangat recommended karena selain banyak keunggulan yang ditawarkan, Viper4Windows juga dapat diperoleh secara gratis untuk windows. Tambah menarik lagi karena semua fungsi pada fitur diatas berlaku untuk tiga mode yang berbeda yakni mode film, mode musik dan Freestyle.

3. EqualizerAPO

EqualizerAPO adalah jenis Equalizer audio yang tercipta dengan kesederhanaan sehingga akan mudah digunakan baik oleh para pemula. EqualizerAPO juga termasuk dalam aplikasi multiplatform dan dapat didapatkan tanpa biaya alias gratis. Untuk bisa menjalankan aplikasi nya Anda harus mengikuti langkah dasar nya di bawah ini :
  • Langkah pertama, instal aplikasi EqualizerAPO yang sudah tersedia dalam versi 32 bit dan 64 bit.
  • Selanjutnya, Jalankan file .exe dan lakukan proses penginstalan dengan benar
  • Setelah selesai, gunakan path default untuk proses instalasi aplikasi. Ini akan membantu Anda dalam keterbacaan yang lebih baik
  • Selama proses instalasi berlangsung kotak dialog configuration .exe akan muncul. Maka, pastikan Anda memilih perangkat untuk audio yang tepat. Apabila Anda masih memasang perangkat audio yang salah, Anda dapat melakukan perubahan dengan mengaksesnya sendiri di C:\Program Files\EqualizerAPO. Dalam tahap ini nantinya Anda akan menemui file configuration.exe supaya bisa mengubah perangkat audio. Setelah proses instalasi selesai maka untuk pengalaman lebih baik restart terlebih dahulu sistem Anda.

Setelah selesai, tahap awal disini Anda sudah memiliki perangkat lunak terbaik ini. Selanjutnya Anda tinggal membuat sejumlah perubahan atau pengaturan dalam sistem output suara dan menyimpan setiap perubahan.

4. Default Windows Equalizer

Tahukah Anda? Windows sendiri mempunyai Equalizer suara yang terintegrasi setidaknya menyediakan 10 bands audio equalizing. Nah, bagaimana cara menggunakannya? Sebagai berikut adalah langkah –langkahnya :
  • Pertama tama lakukan klik kanan pada ikon speaker di tasbar PC Laptop atau komputer Anda, biasanya letaknya adalah di bagian sudut kanan bawah pada layar.
  • Pilih opsi “ Playback Device”, maka selanjutnya akan muncul kotak dialog sound
  • Pada tab playback tersebut, lakukan klik kanan pada opsi “Default speaker”, kemudian pilih “Properties
  • Berikutnya tampilan kotak dialog speakers properties akan muncul pada layar.
  • Bukalah tab Enhancement dan berikan tanda centang pada Equalizer di daftar
  • Selanjutnya “Sound Efek” akan muncul tepat di bagian bawah daftar
  • Nah, disini Anda sudah bisa memilih berbagai preset yang sudah tersedia mencangkup bass, treble, pop, rock, live, club dan lain sebagainya.
  • Simpan pengaturan tersebut, cukup dengan cara mengklik tombol “Save

Efek suara yang diterapkan ini akan berlaku untuk semua sistem suara dalam perangkat. Apabila Anda ingin mengubahnya, cukup dengan cara yang sama seperti diatas. Proses ini pada akhirnya akan memberikan hasil pilihan berupa Equalization suara dasar.

5. Realtek HD Audio Manager

Realtek HD Audio Manager ini adalahh jenis Equalizer dengan grafis yang open sourch dan tersedia untuk windows di PC. Perangkat lunak yang satu ini dapat memberikan kepada Anda banyak sekali fitur untuk memperoleh pengubahan suara pada stereo mix, speaker, line-in dan mikrofon. Anda bisa menemukan Equalizer gratis ini sebagian besar adalah di komputer. Realtek HD Audio Manager juga mempunyai setidaknya 10 band yang dapat dengan mudah disesuaikan. Sedangkan dalam hal pilihan efek suara akan terbagi menjadi dua kategori yakni :
  • Equalizer, dengan band mulai dari 31 dB sampai dengan 16k dB. Disini Anda bisa menyesuaikan efek suara dan menyimpannya untuk penggunaan selanjutnya. Equalizer mempunyai variasi preset mulai dari Club, Pop, Live, Rock dan lain sebagainya.
  • Environment, Fitur ini menyediakan banyak efek seperti Sewer Pipe, Underwater, Living room, Forest dan lain sebagainya. Cukup dengan memilih salah satu efek maka akan menghasilkan efek suara yang sama dengan environment yang dipilih.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya dan update seputar perangkat Equalizer sebagai pembantu peningkatan suara PC Anda menjadi lebih baik. Dapatkan mutu suara yang bisa membuat nya semakin nyata dan mendukung aktivitas di PC Anda. Baik untuk mendengarkan lagu, bermain game, menonton film ataupun berselancar dalam dunia internet dan YouTube. Rasakan sensasi suara yang bagus dan nikmat di setiap suasana dengan bantuan alat canggih yang satu ini.

Lihat Juga : emansatech.com (Blog yang berisi tips serta tutorial seputar teknologi dan elektronik masa kini).

Setiap jenis aplikasi Equalizer yang sudah di paparkan diatas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing –masing oleh sebab itu Anda harus selektif dalam memilihi sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut. Keberadaan akan perangkat lunak ini tentunya diharapkan bisa sangat membantu Anda untuk mendapatkan efek suara terbaik, powerfull dan audio menjadi lebih menyenangkan. Inilah referensi recommended yang tersedia untuk Anda. Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel