Cara menggambar Wajah manusia untuk Pemula

Kebanyakan orang beranggapan bahwa melukis atau menggambar itu sangat sulit, Padahal beberapa diantara mereka belum pernah sama sekali untuk mencobanya. Ada yang merasa terlalu sulit untuk menggambar bentuk wajah, anime, wanita berhijab, kartun bahkan orang seluruh badan. Meskipun begitu, seseorang yang tidak pandai menggambar sebenarnya bisa menghasilkan karya lukisan yang bagus. Bagaimana caranya? Nah, ada teknik tertentu yang perlu dipelajari, khususnya untuk para pemula supaya mahir menggambar. Mereka bisa menggambar dengan baik jika tahu caranya menggambar bentuk muka manusia yang baik dan benar.


Wajah sendiri merupakan bagian dalam tubuh manusia yang berbeda dengan bagian yang lainnya. Wajah mempunyai banyak sekali ekspresi, sehingga seseorang mungkin akan merasa kesulitan ketika akan melukis wajah.  Ekspresi tersebut meliputi tertawa, tersenyum, sedih, senang, terharu, tidak suka, benci, marah sampai dengan ekspresi datar. Menggambar wajah juga kerap sekali dijadikan acuan dasar atau bahan untuk belajar menggambar. Dari tingkat kesulitan menggambar wajah tersebutlah Anda bisa belajar untuk menggambar bagian tubuh yang lainnya yang tidak terlalu sulit.

Selain daripada itu, Wajah juga tak jarang dijadikan sebagai objek pengembangan untuk kemampuan visual dalam teknik menggambar realis. Jadi, belajar melukis wajah bisa menjadi sangat penting. Pembelajaran pun tidak hanya untuk orang dewasa atau remaja saja, anak –anak usia dini bisa berkreasi dengan kertas dan pensil 2b mereka. Seperti anak SD dan TK, anak –anak ini bahkan cenderung akan lebih kreatif dan mau belajar. Mengasah kemampuan anak sejak kecil seperti menggambar pola wajah akan sangat bermanfaat.

Meskipun setiap orang belum tentu memiliki ketertarikan akan dunia menggambar dan lukisan, jika mereka ingin menggambar tidak ada yang salah kapan pun mereka berminat. Jika Anda baru tertarik untuk belajar caranya menggambar yang bagus, jangan khawatir karena sudah terlambat. Anda bisa belajar dengan cepat dan mudah. Caranya gampang, cukup ikuti dan praktekkan tutorial menggambar wajah dasar di bawah ini. Pembahasan tidak akan terlalu sulit, karena cara dan teknik gambar yang digunakan adalah sederhana, simple, dan mudah. Selengkapnya silahkan disimak.

Cara menggambar Wajah manusia untuk pemula

1. Siapkan Alat dan Bahan untuk menggambar

Langkah pertama yang perlu Anda persiapkan adalah Alat dan bahan untuk menggambar. Bisa dikatakan Anda perlu menyiapkan senjata sebelum pada akhirnya berperang. Dalam menggambar atau melukis Anda memerlukan beberapa alat seperti pensil 2b, 5b, spidol, crayon, penghapus, penggaris, pewarna dan lain sebagainya. Namun, pada kesempatan ini kita akan coba hanya dengan menggunakan pensil saja. Karena kita akan belajar membuat sketsa, jadi alat dan bahan yang dibutuhkan terutama adalah kertas dan pensil.

Yang lebih penting, sobat juga harus punya gambaran dalam pikiran, gambar wajah seperti apa yang ingin Anda buat. Anda juga bisa menyiapkan foto atau gambar sebagai objek untuk di gambar. Tapi jangan yang terlalu sulit, pilihlah objek atau contoh yang mudah terlebih dahulu, supaya Anda tidak kesulitan. Sebab untuk bisa yang sulit kita harus belajar dari hal yang mudah terlebih dahulu. Misalnya gambar wajah anime, karena bentuk dan garis wajahnya akan terlihat jelas untuk Anda tiru.

2. Perhatikan setiap detail model yang ingin Anda gambar

Apabila wajah yang sobat ingin gambar ada dalam imajinasi sobat, maka pastikan bahwa Anda benar –benar tahu model dan gambarnya dalam imajinasi Anda. Namun, untuk lebih mudah sebagai pemula lebih baik untuk menggunakan acuan gambar atau foto. Dengan contoh gambar, model nya akan terlihat nyata. Anda bisa mulai dengan memperhatikan setiap detail wajahnya seperti bentuk kepala, mata, alis, kerutan di matanya, bentuk hidung, bentuk mulut, bentuk dagu dan bagian yang lainnya. Semua bagian tersebut memiliki keterkaitan dan hubungan untuk bisa membentuk suatu ekspresi wajah.

Jika Anda melukiskan sedikit bentuk yang yang berbeda, maka ekspresi atau mimik yang  tersirat akan tampak berbeda juga. Sebagai contoh nya adalah ekspresi sedih dengan terharu. Sekilas akan terlihat sama karena sama –sama mengeluarkan air mata tapi sebenarnya akan tampak perbedaan jika Anda memperhatikan setiap detail bentuk nya. Pada tahap ini Anda juga belajar mengamati dan menilai seni suatu gambar.

3. Mulailah dengan membuat dasar bentuk wajah

Setelah benar benar paham bentuk bentuk dari model yang ingin Anda gambar. Pertama, buatlah dasar bentuk wajahnya. Apakah wajahnya berbentuk bulat, lonjong, oval atau mungil memanjang. Misalnya Anda bisa membuat dasar lingkaran sempurna di selembar kertas Anda. Ini adalah dasar nantinya untuk bisa membentuk bentuk wajah manusia yang sempurna. Setelah selesai membuat lingkaran sempurna sebagai dasar, Anda bisa membentuk dagu dibawahnya dengan membuat garis lonjong.

Lihat Juga :

Buatlah garis secara tipis terlebih dahulu seperti mengarsir tipis dan tarik garis. Ini memudahkan Anda jika ingin menghapus bagian yang kurang cocok. Membuat garis tebal diawal akan membuat Anda kesusahan dalam membuat gambar yang bersih. Sebab, sewaktu ada kesalahan Anda harus menghapusnya dengan keras. Tentu saja itu akan meninggalkan bekas bukan?

4. Menggambar sepasang mata

Bagian pertama yang perlu Anda gambar setelah bentuk wajah adalah mata.  Mengapa mata terlebih dahulu? Mengapa tidak dimulai dari mulut, hidung atau alis? Alasannya adalah karena dengan menggambar mata lebih dulu akan memberi kesan gambar akan cepat selesai karena merupakan acuan untuk menentukan tata letak bagian wajah yang lainnya. Dengan mata juga nantinya Anda akan dapat mengoreksi karakter wajah tersebut secara detail. Selanjutnya Anda hanya perlu memanfaatkan pensil 5b untuk memberikan efek hitam pada bagian mata. Pemilihan pensil 5b dapat memberikan efek hitam yang begitu pekat sehingga mata akan terlihat lebih tajam.

Gambar wajah akan terlihat hidup dengan menyelesaikan mata saja. Untuk membuat sebuah mata yang sempurna mungkin Anda membutuhkan setidaknya 10 -15 menit. Tips tambahan untuk menggambar mata dengan kesan lebih baik adalah dengan memberikan arsiran gelap terang pada seluruh bagian mata, Anda bisa memakai pensil 5 b, namun hati –hati agar arsiran tersebut tetap diposisinya.

5. Menggambar Hidung yang Proporsional

Setelah menyelesaikan mata, Anda bisa beralih ke penggambaran bentuk hidung. Walaupun kelihatannya mudah, sebenarnya menggambar hidung punya kesulitannya sendiri dibandingkan dengan menggambar mata. Hidung pada manusia sendiri memiliki banyak bentuk dan macamnya. Misalnya Hidung kecil, hidung besar, hidung mancung, hidung pesek, hidung dengan bentuk lancip dan lain sebagainya.

Anda bisa melihat contoh –contoh model hidung dalam berbagai gambar, namun untuk sekarang cobalah fokus pada bentuk hidung pada model Anda. Setelah itu mulai lah gambar dengan menarik dan mengarsir garis tipis dari samping mata. Perhatikan setiap jarak seperti jarak dengan mulut dan mata. Lakukan juga membuat seperti lekukan –lekukan yang menyerupai garis tegas tipis hidung sampai dengan alis.

6. Membuat model Alis dengan arsiran

Setelah menyelesaikan Hidung sampai dengan ujungnya, kini Anda bisa menyelesaikan bentuk alisnya karena sudah memperkirakannya dengan jarak mata dan hidung. Buatlah garis yang panjang dari ujung hidung. Kemudian selanjutnya, buatlah tulang alis dengan garis halus. Nah, berikan pensil dengan pensil warna gelap untuk mulai membuat bulu alis, arsir dengan hati –hati dan searah agar terlihat rapi dan bertekstur.  Mudah sekali bukan? Sama dengan bagian yang lainnya alis juga mempunyai banyak model dan bentuk. Anda bisa fokus terhadap imajinasi atau acuan contoh gambar Anda, selanjutnya jika ingin membuat kreasi sendiri, silahkan untuk cari berbagai model alis yang unik dan menarik.

7. Membuat gambar mulut yang sesuai

Mulut merupakan bagian terpenting dalam membuat sebuah bentuk mimik dan ekspresi. Bentuk mulut sendiri dapat memberikan kesan untuk sebuah gambar. Jadi, Jangan menganggap enteng untuk membuat sebuah bentuk bibir. Dewasa ini ada banyak sekali bentuk bibir, baik animasi atau kartun setiap bentuknya menyimpan makna tersendiri. Anda bisa mencari referensi tentang bentuk –bentuk mulut yang sesuai dan mudah. Untuk sekarang silahkan untuk lihat model bibir pada imajinasi atau objek gambaran Anda sebelumnya, ekpresi apa dari bentuk bibir yang dihasilkannya? Cobalah secara hati –hati untuk membuat sketsanya.

8. Tambahkan model rambut dan Telinga

Berikutnya, setelah selesai menggambar semua bagian di wajah, kini saatnya Anda menarik perhatian pada bentuk telinga dan rambut. Telinga dan rambut bisa jadi satu kesatuan karena letaknya yang saling menyentuh dan melengkapi. Anda bisa mulai gambar sesuai model rambutnya dan telinga yang mendampinginya pada objek gambar atau imajinasi Anda. Untuk membuat referensi model lainnya silahkan cari dan buat kreasi lainnya untuk mendapatkan semakin banyak karakter dari bentuk rambut yang digunakan dalam sebuah gambar.

Lihat Juga : Anidraw | Belajar Menggambar ANime Dan Manga

Inilah informasi selengkapnya seputar bagaimana caranya mulai menggambar, teknik yang harus digunakan, dan juga tips dan trik yang dilakukan untuk menghasilkan gambaran wajah semaksimal mungkin. Tidak sulit bukan? Anda hanya perlu teliti, cermat dan mau belajar. Segera siapkan kertas dan pensil 2b Anda. Cobalah untuk menggambar menggunakan sketsa wajah terlebih dahulu tersebut. Selanjutnya apabila Anda sudah mahir, bisa lanjutkan dengan kreasi pewarna yang cantik.

Setelah cukup pandai menggambar wajah manusia, Anda bisa meningkatkan kemampuan Anda dengan menggambar bentuk bagian tubuh yang lainnya satu persatu sampai pada akhirnya mencapai satu kesatuan tubuh manusia yang sempurna. Menggambar bisa dijadikan hobi yang bermanfaat dan menghibur, Jangan ragu untuk mulai melukiskan karya Anda pada selembar kertas kosong. Sekian informasi yang bisa diberikan ini. Semua tips dan tutorial menggambar semoga bisa membantu dan bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel