Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis – Jenis Digital Marketing Ini Wajib Anda Pahami

Akhir-akhir ini dunia bisnis berkembang secara pesat. Hal ini membuat para pemilik perusahaan, organisasi atau bahkan individu bersaing secara besar-besaran untuk memasarkan brand atau produknya dengan banyak cara.

Seiring berkembangnya  dunia bisnis, ternyata turut berkembang juga teknik- teknik pemasaran yang lebih modern dan kreatif. Salah satunya melalui platform digital, seperti pemanfaatan media internet dan media sosial.


Siapa sajakah yang perlu menggunakan sarana digital marketing ini?

Hampir semua produk maupun jasa dapat dipromosikan melalui teknik digital marketing. Misalnya ketika kita sedang Googling dan mencari sebuah artikel  bertema kesehatan, kita dapat diarahkan ke sebuah web penyedia jasa layanan kesehatan.

Begitu pula yang berlaku pada semua produk dan layanan, seperti produk makanan, minumam, sebuah UMKM, startup dan lain-lain.

Lalu apakah sebenarnya teknik digital marketing ini dan bagaimana strategi pemasaranya?  Untuk lebih jelasnya  mari kita simak ulasan berikut ini

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakanstrategi pemasaran sebuah produk  yang dilakukan oleh individu, perusahaan atau suatu organisasi melalui media digital .Seperti yang kita tahu bahwa saat ini internet dan media sosial bukanlah halasing lagi bagi sebagian orang, bahkan hampir semua orang menggunakan fasilitas tersebut.

Hal tersebut yang kemudian dimanfaatkan oleh para pemilik perusahaan atau individu untuk mempromosikan produknya.  Karena jangkauannya yang lebih luas cara ini sering dianggap sebagai cara yang paling efektif dan cepat untuk menarik konsumen yang potensial untuk meningkatkan jumlah penjualan sebuah produk tertentu.

Dunia digital marketing memiliki banyak jenis dan karakteristiknya masing-masing.Agar lebih mudah memahaminya berikut ini penjelasan lengkapnya

Jenis  -Jenis Digital Marketing

1. Search Engine Optimization ( SEO )

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan utama dari SEO adalah upaya mengoptimalkan sebuah situs atau website  pada posisi teratas, atau setidaknya berasa dihalaman pertama dari mesin pencari dengan meggunakan keyword tertentu.

Ada dua macam teknik SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Perbedaan keduanya terdapat pada strategi yang dilakukan untuk optimisasi sebuah website. Baca : Tips SEO terbaru 2019.

SEO on page merupakan upaya pengoptimalan menggunakan strategi yang dilakukan pada halaman yang dimiliki yang berguna untuk mempengaruhi ranking pada mesin pencari.  Sebenarnya ada banyak ada banyak point penting yang perlu diperhatikan dalam SEO on Page ini.

Salah satu contohnya adalah penggunaan kata kunci yang tepat untuk membuat sebuah judul yang efektif. Selain itu dari segi konten juga tidak kalah penting, karena kita dituntut untuk membuat sebuah konten yang tidak membosankan untuk dibaca , dengan tambahan gambar-gambar yang unik dan bagus sehingga sebuah konten terlihat lebih menarik.

Berbeda dengan SEO On Page, SEO Off Page merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk mengoptimisasi sebuah website atau blog dari luar.  Cara yang dapat dilakukan misalnya dengan membagikan link media social seperti Facebook, Twitter dan lain-lain.

2. Search Engine Marketing  (SEM)

SEM sendiri merupakan   teknik pemasaran secara digital dimana fokus pemasarannya terdapat pada halaman mesin pencarian , cara ini dilakukan dengan  mengoptimalkan konten dari sebuah website agar mudah ditemukan dimesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya.

Terdapat banyak sekali jenis dari Search Engine Marketing, beberapa diantaranya adalah Crawler-based search engine, Direktori, Hybrid Search Engine, dan Pay per click.  Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Crawler-based search engine merupakan layanan mesin pencari yang menggunakan program software otomatis untuk memisah dan mengkategorikan sebuah laman web. Contohnya seperti yang sudah kita kenal selama ini yaitu Google.

Kemudian Direktori, sebuah layanan yang melibatkan manusia sebagai tenaga editor.  Editor secara manual akan memeriksa sebuah web berdasarkan informasi yang diperoleh.

Beberapa direktori menawarkan layanan berbayar agar sebuah website dapat cepat terindeks secara cepat. Tetapi ada juga yang gratis dengan catatan bahwa proses indeks membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada direktori berbayar.

Kemudian mengenai Hybrid Search Engine dapat dijelaskan secara singkat sebagai sebuah layanan yang mengabungkan teknik Crawler-based dengan Direktori

Yang terakhir adalah layanan pay per-click merupakan sebuah metode pemasaran berupa iklan yang disediakan oleh  Google AdWord yang dikhususkan untuk para pelaku usaha yang sudah memiliki website. Gambaran sederhananya seperti ini, pengiklan membayar penerbit dalam jumlah tertentu jika iklan mereka diklik oleh pengunjung.

Metode ini dilakukan melalui sistem bidding dari sebuah kata kunci tertentu agar iklan berbayar yang anda buat dapat tampil pada bagian teratas dari  halaman pencarian google.

Keuntungan dari beriklan dengan metode ini ternyata sangat mengiurkan karena  iklan yang anda buat tidak hanya ditampilkan di bagian search engine google tetapi juga dibeberapa website yang memberi akses kepada  google untuk memasang iklannya.

Berbeda dengan sarana pemasangan iklan yang lain, dalam metode pay per-click ini anda dapat mengatur sendiri budget secara  bulanan maupun harian, agar tidak mengalami over budget. Semakin tinggi budget anda, semakin sering iklan anda akan muncul.

3. Content Marketing

Saat ini sudah banyak pelaku marketing digital yang menyadari betapa besarnya manfaat  penggunaan  content marketing demi penunjang strategi pemasaran  mereka.  Content marketing  dapat dikatakan sebagai media yang  secara langsung  dapat menyampaikan karakteristik sebuah produk kepada  konsumen melalui media konten.

Content marketingdiartikan sebagai sebuah strategi pemasaran konten yang fokusnya berada pada perencanaaan  atau pembuatan  dan pendistribusian  sebuah koten demi menarik  perhatian pembaca  yang  kemungkinan  berpeluang  menjadi konsumen.

Sebagian besar content marketing biasanya dikemas dalam konsep textualyang mengarah kepada metode hard selling maupun soft sellingdengan menggambarkan kelebihan suatu produk. Oleh sebab membuat sebuah konten  menarik yang berisikan review sebuah produk secara detail sangatlah diperlukan dalam strategi ini.

Sayangnya tidak semua pelaku usaha menguasai teknik pembuatan konten yang berkualitas dan menarik. Sehingga beberapa diantaranya mempercayakan konten mereka  kepada sebuah jasa penulis artikel SEO (saungwriter.com).

Orang-orangyang menikmati konten yang Andasajikan baik diinternet maupun dimedia sosial, secara otomatis akan terhubung lebih dekat dengan produk yang anda tawarkan.  Dengan penambahan link yang berkaitan dengan produk yang dijelaskan orang akan terhubung dengan laman website dari produk yang bersangkutan.

Sehingga menambah kemungkinan sebuah web akan dikunjungi oleh para pengunjung yang potensial sebagai konsumen dari produk anda.

4. Email Marketing

Dilansir dari Wikipedia definisi dari email marketing adalah  suatu tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran suatu produk, diskon, dan lain sebagainya kepada sekelompok  pelanggan yang potensial dengan menggunakan media email.

Dalam dunia digital marketing  memanfaatkan list email untuk media pemasaran bisa menjadi cara yang tidak kalah efektif dari kedua jenis digital marketing diatas. Hal ini dikarenakanemail yang dikirim langsung  keinbox calon pelanggan  dapat langsung dibaca oleh pemilik email tersebut.

Selain itu dengan email marketing dapat mejadi peluang untuk selalu terhubung secara pribadi  dengan calon pelanggan secara terus menerus. Terdapat  beberapa jenis email marketing misalnya direct email dan retention email.

Direct  email yaitu sebuah pesan baru yang dikirim kesebuah email  yang berisi  pesan promosi, berupa  pesan text atau link yang dihubungkan dengan sebuah website atau media sosialdari sebuah produk. Sedangkan retention email sendiri berlaku untuk pelanggan yang  sudah  terhubung sejak lama, agar tetap terjalin hubungan baik , serta sebagai media penawaran jika ada penawaran baru.

Secara garis besar penggunaan teknik  email marketing    sangat bermanfaat, selain meghemat biaya juga menghemat waktu.  Secara efisien kita dapat menjangkau para pelangan dalam waktu yang singkat secara pribadi langsung keemail mereka.

5. Social Media Marketing

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa pemasaran jenis ini adalah jenis pemasaran yang mengandalkan social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain sebagai media promosi.Besarnya ketertarikan masyarakat dalam menggunakan media social menjadi peluang bagi para pemilik produk untuk memanfaatkan  sarana ini.

Kekuatan media social sebagai sarana promosi tentunya sudah tidak dapat diragukan lagi. Dengan menjangkau pelanggan melalui media social memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui fitur-fitur unik yang disediakan oleh sebuah media social tertentu, misalnya saling berbalas pesan dalam kolom komentar dan lain-lain.

Hal ini hampir sama dengan promosi dari mulut ke mulut, yang membedakan jika menggunakan media  social anda dapat menambahkan beberapa fitur lain seperti gambar atau video supaya konten anda lebih menarik. Baca : Tips promosi Online melalui Fanspage Facebook.

6. Mobile Advertising

Saat ini telepon seluler merupakan sebuah alat yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia.  Oleh karena itu mulai bermunculan iklan-iklan yang memanfaatkan telefon seluler sebagai medianya.

Beberapa contoh penggunaan mobile advertising pada telefon seluler dapat berupa iklan yang disampaikan  secara sederhana melalui fitur SMS dan MMS. Kemudian ada juga iklan melalui media internet, ketika  kita membuka internet  melalui telefon sering kita temui beberapa  iklan baris  yang menghubungkan kita kepada web pemasang iklan.

Pemilihan mobile advertising dalam proses pengiklanan dapat membantu menjangkau orang-orang secara lebih spesifik. Disisi lain metode ini merupakan metode yang efisien dan efektif karena dapat meghemat biaya periklanan  untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

7. Display Marketing

Teknik marketing yang satu ini  memanfaatkan bentuk periklanan  secara visual,  dikemas dalam sebuah  iklan berupa  logo, foto, gambar maupun video. Sebuah banner iklan  yang sering anda lihat di website merupakan salah satu contoh dari display advertising.

Secara offline media display advertising ini biasanya dikemas dalam bentuk papan billboard dan spanduk-spanduk yang sering dipasang dipinggir-pinggir jalan. Jika anda ingin beriklan secara online, anda dapat menghubungi pemilikwebsite yang relevan dengan produk yang anda pasarkan.

Misalnya jika anda ingin  memsarkan produk makanan atau minuman, sebaiknya anda menghubungi website yang memuat konten yang berhubungan dengan makanan atau minuman.  Seandainya anda  tidak memiliki cukup waktu untuk itu, anda dapat memanfaatkan  jasa periklanan misalnya  Google Display Network.

8. Affiliate Marketing

Teknik digital marketing yang terakhir ini dalam bahasa yang sederhana sering disebut sebagai bisnis makelar atau perantara.  Teknik ini mengandalkan penjualan dengan sistem komisi.

Dalam sistem ini dibutuhkan jasa orang lain untuk menjualkan  produk yang kita miliki, dengan perjanjian bahwa kita akan membayar atau memberi komisi jika orang tersebut berhasil menjualkan produk yang kita miliki.Bebrapa  marketplace besar seperti buka lapak dan lazada juga menggunakan sistem affiliate marketing ini untuk meningkatkan  penjualan mereka.

Untuk anda para pelaku bisnis , yang mengalami kendala dalam proses pemasaran dan promosi. Menggunakan metode digital marketing sebagai sarana promosi merupakan sebuah kewajiban.

Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang akan didapat dari teknik-teknik marketing ini.Misalnya saja seperti yang sering disebutkan diatas bahwa semua jenis  digital marketing memiliki fungsi yang sangat efektif untuk menghemat waktu dan biaya promosi.

Selain itu kebiasaan dari masyarakat modern yang sering mencari tau mengenai seluk beluk dan informasi mengenai produk sebelum membelinya juga dapat dimanfaatkan untuk membangun brand awareness melalui konten SEO yang menghubungkannya dengan website bisnis yang anda miliki.

Ditambah lagi dengan adanya interaksi secara langsung dengan konsumen melalui media sosial yang menjadi nilai plus untuk membangun kepercayaan publik terhadap perusahaan  atau bisnis perorangan yang anda kelola.

Seperti contoh berikut ini, pesan ini disebarkan oleh sebuah penyedia jasa layanan Spa khusus ibu dan anak, melalui sebuah grup dalam percakapan disalah satu media sosial.

“ Halo Semuanya,

enak banget sih bisa massage full body berdua (ibu dan anak)  cuman 100ribu aja.

Hemat banget dan ramah dikantong.

Promo hanya sampai 26 April ya.

Untuk reservasi dan  info lebih lanjut silahkan kunjungi houseofmommyku.com”

Dilihat dari pesan diatas terdapat penyertaan link website dari pemilik jasa sebuah rumah spa untuk ibu dan anak tersebut yang bertujuan menarik konsumen untuk membuka website yang bersangkutan dan melihat banyaknya promo serta  jenis-jenis layanan apa saja yang ditawarkan.

Kemungkinan masyarakat untuk membuka link tersebut menjadi peluang berkali-kali lipat lebih besar untuk meningkatkan pelanggan sehingga jasa SPA tersebut memperoleh keuntungan berlebih  dari segi ekonomi.

Secara garis besar seperti itulan ulasan lengkap mengenai serba-serbi dunia digital marketing yang perlu anda ketahui. Perlu diketahui juga bahwa teknik dalam digital marketing dapat digunakan oleh siapa saja. Baik yang sudah memiliki usaha maupun yang baru akan memulai.

Dengan adanya gambaran mengenai jenis-jenis digital marketing diatas diharapkan untuk para pelaku dan calon pelaku usaha agar  dapat memperoleh gambaran mengenai jenis pemasaran mana saja yang  dapat digunakan dan cocok diterapkan dalam usaha. Sehingga usahanya dapat berkembang secara optimal.

Terimakasih, semoga bermanfaat.