Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial cara mendatangkan Visitor Blog dengan Fanspage Facebook yang tepat

Ada banyak cara mendatangkan Visitor atau Pengunjung blog. Mulai dari penulisan artikel yang SEO (Search Engine Optimization) sampai dengan share link blog ke media sosial. Jika anda yang pemalas berinteraksi di medsos seperti Facebook, Instagram, Google+ dan Whatsapp maka bisa mengandalkan Search Engine.

Search Engine yang paling banyak digunakan adalah Google, Yahoo dan Bing. Cukup jelas jika kita lihat pada trafik blog rata rata sumber visitor dari sana. Ada juga yang mengandalkan Media Sosial untuk menjaring pengunjung. Cara ini cukup merepotkan karena harus update terus secara manual dan jika pengen enak harus bayar.

Lalu bagaimana cara mendatangkan visitor blog menggunakan media sosial tetapi tidak menggunakan modal. Gratis dan yang lebih asik lagi kita tidak perlu banyak update karena setiap postingan yang kita buat tidak sia sia. Dari banyaknya media sosial untuk mempromosikan Blog saya lebih suka menggunakan Fanspage FB (Halaman Facebook).

Jika anda belum memiliki sebuah Fanspage Facebook silahkan ikuti tutorial berikut :
  1. Silahkan anda masuk ke Akun Facebook anda sendiri, jangan akun facebook orang lain.
  2. Jika anda menggunakan PC atau Komputer maka klik pada menu pada Pojok Kanan atas (Pengaturan), pilih Buat Halaman.
  3. Jika anda menggunakan Smartphone (HP Android) silahkan klik Pengaturan di Pojok kanan atas dan lihat kebawah cari menu "Buat Halaman"
  4. Selanjutnya klik Mulai >> Tulis Nama Halaman >> Pilih Kategori >> Tambahkan link situs anda >> Tambahkan Foto Profil dan Foto Sampul >> Selanjutnya >> Kunjungi Halaman >> Selesai.

Buatlah sebuah Fanspage FB yang sesuai dengan nice Blog sobat. Saran saya adalah Fanspage yang banyak disukai orang seperti tentang Resep Masakan ataupun sebuah Tutorial. Kali ini yang saya bagikan adalah tentang Resep Masakan yang rata rata di sukai oleh kumpulan emak emak. Jika sudah jadi sekarang kita akan mulai dengan mempromosikan Halaman Facebook tersebut.

Buat postingan Fanspage FB yang bermanfaat

Jika anda baru saja memiliki sebuah Fanspage Facebook dan belum banyak Anggotannya maka saran saya buat beberapa status pada Fanspage tersebut yang menarik. Menarik disini adalah anda membuat postingan yang bermanfaat sesuai dengan Nice Fanspagenya. Contoh : Buat beberapa postingan tentang Resep Masakan.

Saat Halaman Facebook belum banyak memiliki Anggota saran saya jangan menyebar Link Blog anda. Jika itu anda lakukan maka Fanspage FB anda akan sulit mendapatkan anggota karena saat ini banyak orang mengetahui Jika banyak Promosi tidak akan di like Facebooknya. Buat secara bertahap 5 sampai dengan 10 status di fanspage supaya terlihat aktif.

Undang Teman untuk Like Fanspage

Mengundang teman Facebook untuk menyukai Halama Facebook kita bukanlah perkara mudah karena dari 5000 teman yang anda undang pasti hanya beberapa yang merespon. Cara ini juga tidak bisa anda lakukan sekaligus karena saat mengundang teman harus mengklik satu persatu. Bayangkan saja jika memiliki 5 ribu teman berarti 5 ribu kali klik.

Lakukan pengundangan teman secara bertahap, jangan buru buru dan sesuaikan dengan waktu anda. Caranya cukup mudah karena jika versi Desktop anda cukup lihat di menu pada samping kanan maka ada Tombol Undang Teman. Jika menggunakan versi Mobile atau HP Android anda bisa lihat menunya di halaman pertama saat anda membuka Fanspage FB tersebut.

Share Fanspage ke Group Facebook

Cara jitu dan paling efektif mendatangkan Like Fanspage adalah melalui Group Facebook. Silahkan anda cari Group Facebook yang sesuai dengan Nice sobat. Jika tentang Resep Masakan silahkan anda pilih Group tentang Resep Masakan. Jangan share postingan yang tidak sesuai Nice maka ada 2 kemungkinan yaitu tidak di publish oleh admin dan yang lebih parah anda di keluarkan dari Group.

Share Fanspage Facebook ke Group Facebook banyak Anggota dan sesuai nice ini sudah saya buktikan. Fanspage akan banyak yang like dan yang lebih menarik lagi adalah artikel kita banyak yang share kemana mana. Semakin banyak yang share maka kemungkinan besar Faspage anda akan banjir dengan Like Pengikut dan Anggota.

Buat satu Postingan artikel di Blog yang lengkap dan Panjang

Khusus blog Resep Masakan terkadang kita lihat hanya membuat satu resep setiap postingannya. Itupun tidak didukung dengan penulisan artikel yang SEO. Akhirnya untuk melawan situs sebesar Cookpad di beranda Google cukuplah sulit. Jadi jika anda mengandalkan Fanspage Facebook buatlah satu artikel dengan Versi yang Lengkap

Salah satu contoh artikelnya adalah "20 Resep cara buat Es Buah". Dengan begitu artikel anda akan terlihat panjang dan lengkap. Para pembaca paling suka dengan artikel yang lengkap dan tidak dipotong potong. Jika sudah membuat postingan tersebut maka selanjutnya kita akan membuat Postingan di Fanspage Facebook yang tepat dan supaya kena sasarannya.

Postingan Fanspage dilengkapi Link artikel Blog

Rata rata jika kita Posting Link Blog dengan cara langsung gitu aja tanpa membuat tulisan yang bermanfaat terlebih dahulu. Cara ini tidak salah tetapi rata rata orang akan malas klik link sobat tersebut. Terlebih lagi mungkin di Like dan Komentarpun tidak. Jadi cara yang tepat adalah tetap membuat Postingan yang bermanfaat disertai Gambar yang menarik.

Saat dibaca orang jika artikel anda itu bermanfaat maka akan banyak yang like dan share. Pada akhir postingan di Fanspage FB anda tersebut kasih link Blog anda dengan menambahkan kata "Silahkan baca Tutorial lengkapnya". Jika tentang Resep Masakan anda buat Postingan dengan banyak gambar, di setiap Gambar tersebut ada Resep Masakannya dan di akhir artikelnyapun anda selipkan Link Blog.

Jangan buat status baru saat postingan Fanspage lagi Ramai

Kebanyakan orang saat Fanspage lagi ramai dengan Like dan Komentar mereka semakin semangat dan akhirnya membuat terus Postingan baru. Cara ini menurut saya salah karena jika anda buat status di Fanspage dengan artikel baru maka artikel lama anda akan sepi. Ini sudah saya buktikan dan ternyata berhasil walaupun jarang update.

Buatlah satu Postingan di Fanspage FB beberapa hari sekali saja. Jika ada satu postingan anda yang banjir dengan komentar dan share maka jangan buat Postingan baru sampai postingan tersebut sepi lagi. Postingan yang baru pasti berbeda hasilnya karena setiap orang melihat dari sudut mana status itu bermanfaat atau tidak.

Kesimpulan

Membangun Fanspage Facebook sama dengan membangun Blog anda. Bukan hanya untuk sebar Link Blog tetapi membuat postingan yang bermanfaat juga mempengaruhi. Semakin banyak yang Like dan Share postingan Fanspage anda maka semakin banyak Anggota Fanspage tersebut. Yang lebih keren lagi dari ribuan pembaca pasti ada ratusan yang klik link blog anda pada akhir artikel tersebut.

Buat teman teman pasti penasaran Fanspage Facebook saya apa ya !!! Yang pasti saya tidak membuat Fanspage Hoax ataupun Fanspage yang menjatuhkan seseorang. Saya memiliki 10 Fanspage FB tetapi yang aktif saya update hanya 3 Fanspage. Rata rata sudah puluhan ribu anggota bahkan ada satu fanspage sudah mencapai 98 ribu anggota.

Semua Fanspage yang saya kelola tidak pernah menggunakan Modal Iklan. Semua saya lakukan secara manual dan penuh kesabaran. Belajar dari setiap kesalahan dan terus memperbaikinya. Tidak bertanya kesana kemari karena Pengalaman adalah Guru yang paling berharga. Silahkan anda terapkan cara saya ini pasti bisa berhasil.

Jika dari pembahasan Tutorial cara mendatangkan Visitot Blog dengan menggunakan Fanspage Facebook masih ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar. Koment Disqus blog ini aktif di Android saya jadi jika anda berkomentar bisa langsung saya jawab. Semoga bermanfaat buat teman teman sekalin dan salam Blogger Sukses.