Inilah penyebab Gusi Bengkak tidak sembuh sembuh dan cara pengobatannya

Inilah penyebab Gusi Bengkak tidak sembuh sembuh dan cara pengobatannya

Inilah penyebab Gusi Bengkak tidak sembuh sembuh dan cara pengobatannya

Gusi anda bengkak dan tidak kunjung sembuh walaupun sudah minum obat !!! Sakit gigi dan gusi bengkak dapat terjadi kepada setiap orang baik anak anak, orang dewasa bahkan seseorang yang usianya sudah tua. Jika biasanya orang sakit gigi ada saatnya sembuh tetapi bagaimana jika Gusi anda yang bengkak di sekitar gigi dan tidak kunjung sembuh.

Gusi bengkak dalam jangka waktu panjang ini terjadi dengan saya pribadi. Jika Gigi yang sakit biasanya karena disebabkan oleh lubang pada gigi. Ada dua cara untuk menyembuhkan gigi yang sakit yaitu di tambal lubangnya atau dicabut secara paksa oleh dokter. Berbeda jika Gusi yang bengkak, tidak ada rasa sakit pada gigi tetapi Gusi bengkak hampir merata di setiap sela gigi.

Awalnya sembuh saat minum obat dari dokter tetapi setelah beberapa hari kemudian muncul kembali bengkak gusi di tempat yang berbeda. Usut punya usut ada beberapa penyebab gusi bengkak yang tidak kunjung sembuh. Awal gusi bengkak dan rasa linu pada gigi saya rasakan saat makan soto panas di sebuah acara, karena semangatnya jadi lupa memperhatikan kalau gusi saya terkadang meradang.

Inilah penyebab Gusi Bengkak tidak sembuh sembuh :
  1. Makan makanan yang terlalu panas sehingga gigi dan gusi yang tidak kuat menjadi bengkak
  2. Minum minuman yang terlalu panas dan minuman menggunakan Es Batu yang dingin sehingga gusi anda meradang.
  3. Tidak sikat gigi secara teratur sehingga kuman dapat berkembang pada gigi sehingga mengakibatkan Infeksi.
  4. Kesalahan saat mengosok gigi sehingga menyenggol sebagian gusi anda.
  5. Kurangnya istirahat yang cukup setelah menjalankan aktifitas yang padat (Kelelahan).
  6. Kekurangan vitamin B dan C dalam tubuh yang biasanya diperoleh dari Buah Buahan.
  7. Terlalu banyak merokok sehingga gusi lebih sensitif dan bisa mengakibatkan luka.
  8. Terjadi perubahan pada Hormon yang biasanya terjadi pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan atau menopause.
Baca juga : Cara mengobati GUSI BENGKAK dengan Air Garam dan bahan Alami

Jika kita sudah mengetahui apa saja penyebab dari Gusi bengkak maka untuk menyembuhkan memerlukan beberapa tahapan. Cara ini sebenarnya biasa anda lakukan di rumah tetapi karena rasa malas maka sering terabaikan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meredakan Gusi bengkak dengan cara sederhana dan mudah dilakukan, silahkan anda praktekkan sendiri.

Tips dan cara menyembuhkan Gusi bengkak dengan cepat

1. Menggunakan Es untuk mengompres
Jika gusi anda bengkak dan rasa sakitnya sangat terasa maka untuk meredakannya adalah dengan mengompres dengan air Es. Gunakan kain atau apapun dan letakkan Es Batu di dalamnya lalu kompres dengan cara meletakkan di pipi. Lakukan cara ini setiap 15 menit sekali.

2. Munggunakan Air Hangat untuk mengompres
Selain Es Batu anda juga bisa menggunakan Air Hangat dengan cara merendam kain pada air hangat dan tempelkan kain tersebut di pipi yang gusinya bengkak. Lakukan cara ini dengan berulang kali supaya bengkak pada gusi dapat mereda.

3. Berkumur dengan Air Garam
Cara ini cukup mudah karena anda hanya menyiapkan air putih yang di campur dengan garam. Silahkan anda berkurur dengan air garam tersebut tetapi jangan di telan airnya karena sudah pasti asin. Dengan cara ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Menggunakan Obat Antinyeri
Obat antinyeri yang biasa saya konsumsi adalah asam mefenamat karena terbukti obat ini dapat bekerja dengan cepat. Jika ada rasa sakit yang anda rasakan maka obat tersebut cukup ampuh tetapi saran saya tetap minta resep Dokter supaya saat beli obat di Apotik tidak salah beli.

5. Lakukan perawatan ke Dokter Gigi
Datang ke Dokter Gigi terkadang kita sudah takut duluan karena disamping biayanya yang cukup mahal terkadang gigi yang sakit juga akan dilakukan pencabutan. Ompong dong jika gigi anda di cabut hehehe... Buat anda yang suka memeriksakan gigi maka pilih Dokter langgan yang tepat supaya dapat berkonsultasi dengan baik.

Cara penyembuhan gusi bengkak di atas cukup sederhana tetapi jika anda tidak memperhatikan kesehatan maka gusi anda akan kembali bengkak. Supaya Gusi tidak kembali mengalami pembengkakkan maka anda perlu melakuakan pencegahan. Cara ini cukup Efektif karena terbukti gigi akan menjadi kuat dan tidak mudah terserang bakteri.

Tips dan cara mengatasi agar Gusi tidak kembali bengkak

1. Rutin melakukan sikat Gigi
Menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar adalah wajib anda lakukan supaya gusi anda aman. Pilih jenis sikat gigi yang sesuai dengan gigi anda. Pilihlah sikat gigi yang lembut dan lakukan penyikatan minimal 2 kali yaitu pada pagi hari dan malam hari saat akan tidur.

2. Membersihkan sela gigi dengan benang
Untuk membersihkan sisa makanan di sela sela gigi tidaklah mudah. Jika menggunakan sikat gigi maka masih banyak sisa makanan di sela sela gigi. Anda bisa mencoba menggunakan pembersihan menggunakan benang khusus gigi yang anda lakukan sebelum tidur.

3. Bersihkan mulut dengan Obat Kumur
Menggunakan obat kumur jangan dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukan beberapa waktu sekali untuk memastikan kuman yang ada pada sela sela gigi dapat hilang. Bisa juga anda lakukan berkumur dengan obat ini jika terjadi rasa nyeri pada gigi dan gusi saja.

4. Lakukan pengaturan pola makan
Jika anda biasanya makan dan minum secara sembarangan maka mulai sekarang silahkan atur pola makan anda dengan baik. Jangan makan makanan yang terlalu panas dan untuk minum air dinggin usahakan jangan menggunakan Es batu. Cukup anda menuangkan air dingin yang ada dalam kulkas.

5. Usahakan istirahat yang cukup supaya tidak Stress
Stress adalah penyebab menurunnya daya tahan tubuh terhadap penyakit. Jika anda dalam kondisi capek dan stress maka dapat dipastikan pola makan tidak akan teratur. Istirahat anda juga tidak akan tenang maka mulailah hidup sehat dengan cara istirahat yang cukup.

Baca juga : Cara meredakan Bengkak GUSI di sekitar GIGI dengan cepat

Sakit pada gusi akibat bengkak tidaklah sesakit saat Gigi anda yang sakit. Tetapi dengan gusi bengkak akan mempengaruhi saat anda mengkonsumsi makanan dan minuman. Akibatnya anda tidak akan bisa menikmati setiap makanan yang anda konsumsi. Dengan mengenal penyebab Gusi bengkak di atas dan cara mengatasinya semoga bermanfaat buat anda sekalian, Sekian dan terimakasih.
Buka Komentar