Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Software untuk Desain Grafis dan Fungsinya lengkap

Mastimon.Com - Apakah sobat pernah melihat sebuah iklan atau papan reklame yang bisa mencuri perhatian banyak orang? Atau Yang lain lagi logo –logo yang kreatif dan unik? Di zaman modern yang sekarang ini, Secara rutin Anda akan sering menjumpai beragam variasi jenis pemasaran baru, dan tak jarang pekerjaan tersebut berkaitan erat dengan pembuatan desain grafis yang keren dan menarik perhatian. Sebuah profesi yang dari tahun ke tahun semakin berkembang dan semakin maraknya di dunia desain dan grafis. Kecanggihan teknologi juga semakin mempermudah dengan adanya berbagai Software yang menunjang pembuatan suatu desain atau grafis sesuai dengan kegunaannya masing – masing.

Apabila Anda baru saja ingin mempelajari bidang yang satu ini, desain grafis. Pastinya kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat menyenangkan apalagi kalau Anda adalah seseorang yang mempunyai jiwa seni dengan rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi. Nah, Demi Mendukung aktivitas merancang grafis anda tersebut, Anda Pastinya sangat membutuhkan perangkat online untuk edit grafis tersebut. Ada banyak aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk mulai belajar desain grafis ditambah lagi manfaatnya yang bervariasi.

Baca Juga : Inilah Laptop ASUS yang cocok untuk Desain Grafis

Aplikasi terkenal dan sudah menjadi standar dalam industry grafis adalah salah satu produk dari perusahaan Adobe. Photoshop merupakan pengolah grafis yang sudah umum dan sudah tidak diragukan lagi kehebatannya. Maka, selain Software Photoshop yang dapat dipakai untuk editing foto, ternyata masih ada beberapa lagi perangkat lunak pengolah grafis terbaik lainnya. Mau tahu? Khususnya buat Anda yang baru berminat, penting sekali untuk tahu teknologi yang satu ini serta fungsinya. Mari simak uraiannya.

5 Jenis Software untuk Desain Grafis dan Fungsi nya Lengkap

1. Adobe Photoshop

Perangkat lunak ini adalah Software desain grafis yang paling canggih dan lengkap. Kemampuannya tidak diragukan lagi dalam memperbaiki foto dan gambar yang sangat mumpuni. Umumnya digunakan sebagai software editing foto ataupun gambar bitmap  namun, bisa dimanfaatkan juga sebagai alat untuk menunjang grafis seperti misalnya grafis designer. Karena begitu terkenal Photoshop banyak digunakan oleh para usaha percetakan dan Fotografer pro, atau bahkan hanya digunakan untuk keperluan rumahan.

2. Corel Draw

Software lainnya yang tidak kalah populer adalah Corel Draw. Perangkat lunak pengolah vector yang banyak digunakan oleh para desainer atau perancang. Selain dari penggunaanya yang cukup mudah, fitur nya juga didukung oleh tool yang cukup lengkap untuk dapat membuat sebuah desain grafis. Biasanya para pemula atau yang masih awam akan cukup mudah untuk mempelajarinya  sebab ada banyak sekali cara atau tutorial di internet serta trik –trik untuk bisa menggunakan software ini. Corel draw sangat cocok untuk mendesain sebuah poster, desain brosur, spanduk atau yang lainnya.

3. Adobe Ilustratrator

Mungkin beberapa orang belum begitu mengetahui software yang satu ini. Perangkat yang satu ini biasanya digunakan oleh para designer yang sudah cukup berpengalaman karena sebenarnya pengoperasiannya tidak semudah Corel draw. Bahkan Adobe Ilustrator sekarang ini banyak digunakan oleh para ahli atau grafis desainer professional untuk menghasilkan suatu karya yang menarik dengan tingkat kerumitan yang tinggi juga. Software ini khusus dirancang untuk bisa membuat desain vektor. Anda dapat membuat berbagai karakter animasi dan lainnya yang menyangkut ilustrasi desain vector. Sobat dapat juga membuat berbagai bentuk karakter yang bisa di padukan dengan Aplikasi Photoshop untuk bisa mempercantik efek visual nya.

4. Adobe FreeHand

Software yang satu ini adalah aplikasi desain grafis vector 2 dimensi yang memakai lambang geometri seperti garis, lengkumg, titik dan polygon. Pada awalnya aplikasi ini milik perusahaan macromedia dan pada akhirnya di beli oleh adobe sekitar pada tahun 2005. Software ini biasanya digunakan oleh para designer untuk melakukan editing logo baik hanya kelompok atau bahkan untuk perusahaan. Namun, Perangkat ini juga bisa untuk melakukan editing pada kartu nama, brosur, undangan, dan beberapa kebutuhan yang lainnya.

5. AutoCAD

Software yang satu ini merupakan desain grafis 2D atau 3D yang begitu kompleks. Pada umumnya digunakan oleh penggiat teknik sipil yang mendesain sebuah rancang bangunan dan rekayasa industri seperti misalnya jembatan, rumah, mall atau gedung umum yang bertingkat lainnya. Menurut sejarahnya sendiri AutoCAD dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan yang bagus yang pada awalnya dipublikasikan mulai dari versi yang paling sederhana sampai sekarang menjadi perangkat yang bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan yang kompleks.

Baca Juga : Kumpulan jenis FONT terbaik untuk Desain Grafis

Inilah Uraian singkat mengenai 5 perangkat terbaik untuk digunakan dalam desain dan grafis Anda sesuai dengan kebutuhan. Untuk macam – macam software pengedit gambar terbaik ini bisa anda pelajari sebagaimana yang sudah disebutkan diatas. Selain mempelajarinya, Anda disarankan untuk langsung mempraktekkannya secara langsung sesuai dengan imajinasi yang anda miliki. Sehingga Anda bisa melihat dan merasakan mana yang menurut anda cocok untuk terus digunakan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi software yang lainnya, Maka jangan berhenti untuk terus mencari alat design yang cocok dan sesuai dengan kemampuan Anda. Semoga informasi yang dibagikan ini bisa bermanfaat dan terima kasih. Kalian juga bisa belajar lebih jauh tentang berbagai macam Desain Logo dan berbagai Design Profesional lainnya ke situs whizisme.com.