Cara buat Spanduk di Corel dan Photoshop dengan mudah

Cara buat Spanduk di Corel dan Photoshop dengan mudah

Cara buat Spanduk di Corel dan Photoshop dengan mudah

Desain grafis sangatlah diminati di masyarakat. Tidak hanya digunakan dalam perusahaan, namun masyarakat seperti pedagang, organisasi politik, dan toko-toko biasanya menggunakan sebuah spanduk yang didesain menggunakan desain grafis untuk mempromosikan produk atau barang dan jasa yang mereka tawarkan.

Buat anda yang ttidak bisa membuat spanduk bisa langsung datang ke percetakan tetapi ada ongkos desain sekitar 25 ribu rupiah. Berbeda jika anda dapat membuat sendiri maka cukup membayar ongkos cetak sekita 20 ribu permeter. Ada juga percetakan yang memberikan kartu anggota untuk berlangganan dan diberikan potongan harga.

Baca Juga : Cara menambahkan TEKS/TULISAN pada Gambar/Foto dengan aplikasi Photoshop

Untuk membuat sebuah desain grafis tidaklah sulit, namun juga harus jeli saat pengerjaanya. Misalnya Anda ingin membuat sebuah sepanduk untuk sebuah toko kelontong dengan menggunakan aplikasi di CorelDRAW dan Photoshop. Berikut ini cara pembuatan spanduk dengan mudah di kedua aplikasi di atas.

Cara Membuat Spanduk di CorelDRAW dengan Mudah

a). Buka aplikasi CorelDRAW, klik lembar kerja baru pada bagian kiri atas bawah kolom kata file,

b). Buat ukuran spanduk yang akan anda buat, dengan menarik kursor menjadi bentuk spanduk seperti yang Anda inginkan,

c). Sisipkan background untuk spanduk yang akan anda buat. Geser background sampai pas dengan ukuran spanduk agar lebih rapi. Setelah pas dengan ukuran spanduk maka lanjut ke langkah berikutnya,

d). Buatlah tulisan atau teks yang akan dituliskan pada spanduk dengan teks tool. Isikan kalimat apa saja yang akan anda buat pada spanduk itu. Edit tulisan yang sudah Anda buat sesuai selera. Contohnya dengan menambahkan efek shadow atau outlet agar tulisan dapat terbaca dengan jelas dan lebih menarik untuk dilihat, alat yang digunakan adalah Tool Dropshadow,

e). Berikan gambar dan objek untuk mempercantik tampilan spanduk yang Anda buat. Sesuaikan gambar yang akan anda masukkan dengan spanduk dan susunlah gambar yang telah Anda pilih dengan rapi. Susunan juga tulisan yang Anda buat agar berada di atas gambar dan objek,

f). Spanduk yang Anda buat dengan corelDRAW sudah jadi, simpan file pada dokumen Anda.

Cara Membuat Spanduk di Photoshop dengan mudah

a). Sama seperti pembuatan spanduk di CorelDRAW, pertama buatlah lembar kerja baru di Photoshop,

b). Beri nama pada lembar kerja yang Anda buat dan pilih ukuran spanduk yang akan anda buat. Terdapat kolom pemilihan width, height, resolution, color mode dan background contents pilih semua itu sesuai selera anda.

c). Langakah ke-tiga yang perlu Anda lakukan adalah membuat tulisan untuk spanduk Anda, dengan cara klik Tools Horizontal Type Tools (T). Kemudian tulislah, tulisan yang ingin Anda buat, jangan lupa untuk memberi warna dan efek pada tulisan, agar lebih menarik dan mencolok untuk dilihat.

d). Background yang sebelumnya Anda pilih adalah warna putih biasa, editlah  background tersebut agar lebih menarik lagi. Pilih layer dan tambahkan dengan klik Ctrl+J agar layer ter-copy. Anda juga bisa menambahkan efek gradien dan lainnya dengan cara, Add a layer style (Fx). Sesuaikan background untuk spanduk dengan tulisan yang sudah Anda buat.

e). Simpan lembar kerja yang sudah Anda buat ke dalam dokumen dalam komputer Anda. Maka pembuatan spanduk menggunakan Photoshop telah selesai dilakukan.

Baca Juga : Cara merubah Foto berwarna ke Hitam Putih dengan Adobe Photoshop

Bagaimana? Mudah bukan membuat spanduk menggunakan aplikasi CorelDRAW dan Photoshop? Jika Anda ingin lebih mahir dalam pembuatan spanduk, maka belajarlah lagi untuk pembuatan spanduk dan coba-cobalah untuk menggunakan semua Tools yang sudah tersedia dalam Aplikasi CorelDRAW maupun Photoshop.

Jadi, jika Anda ingin membuat spanduk sekarang tidak perlu lagi harus membuatkan ke desainer. Anda cukup membuatnya sendiri di rumah. Anda juga bisa menambahkan banyak variasi dan desain sesuai dengan keinginan Anda. Diperlukan spesifikasi laptop atau komputer yang cocok buat desain Grafis jadi supaya loading perangkat komputer anda tidak lemot silahkan gunakan yang sesuai.

Jika anda masih binggung dari tutorial yang saya buat di atas yang tidak menggunakan gambar silahkan ditanyakan pada kolom komentar. Tahapan di atas adalah cara sederhana dan cara dasar. Untuk pengembangan silahkan sering sering mencoba. Tempat berbagi berbagai macam contoh desain spanduk,banner, baligho, kartu nama, poster, dan media advertising atau media promosi lainnya silahkan berkunjung ke situs BannerSpanduk.
Buka Komentar