-->

Posisi Ginjal, Fungsi dan Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Mastimon.Com - Banyak orang tidak memperdulikan kesehatan ginjal. Ada yang bahkan tidak tahu apa itu ginjal, posisi ginjal dan fungsinya sebagai organ tubuh manusia. Bahkan yang terpenting pengetahuan seputar informasi terkait penyakit ginjal yang kemungkinan beresiko pun tidak diketahui. Padahal hal ini sangat penting, khususnya untuk menghindari adanya penyakit ginjal stadium awal.


Ginjal memiliki peran yang sangat penting. Salah satu fungsinya adalah untuk menyaring adanya racun atau kotoran yang masuk ke dalam darah. Selanjutnya kotoran dan racun tersebut akan dibuang bersama dengan urine. Namun, bagaimana jika ginjal mengalami gangguan? Jika ginjal sudah tidak berfungsi akibatnya sangat fatal. Solusi satu satunya tentu dengan menjaga kesehatan ginjal.

Tahu caranya menjaga kesehatan ginjal tidaklah cukup, Anda perlu tahu secara spesifik ciri dan tanda penyakit ginjal. Dengan mengetahui lebih awal terkait gejalanya akan memudahkan pada saat penanganan dan pengobatan. Jangan sampai Anda hanya membiarkan penyakit ginjal semakin memburuk. Cobalah kenali organ ginjal dan ciri penyakit pada stadium awalnya. Kita akan simak informasinya di bawah ini.

Posisi Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang letaknya berada di belakang rongga perut dan diatas punggung. Untuk bagian belakang ginjal dilindungi oleh tuang rusuk namun untuk bagian bawahnya tidak ada pelindungnya. Untuk lebih paham posisi ginjal, Anda bisa menempatkan tangan Anda dibagian pinggul. Posisi ibu jari Anda tepat menunjukkan posisi ginjal berada.

Fungsi Ginjal

1. Membersihkan dan menyaring darah

Fungsi ginjal yang paling besar adalah untuk membersihkan dan menyaring darah dari senyawa atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Sebelum diedarkan ke seluruh tubuh, darah akan melewati proses penyaringan oleh ginjal terlebih dahulu.

2. Mengatur kadar basa dan asam tubuh

Jarang diketahui kalau ginjal memiliki fungsi untuk mengatur kadar basa dan asam di dalam tubuh. Apabila jumlah salah satunya dalam kondisi melebihi batas normal, maka ginjal akan membuangnya bersama dengan pembungan urine.

3. Membentuk Urine

Ginjal juga erat kaitannya dengan pembentukan urine. Urine merupakan zat buangan yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Demi melancarkan sekresi cairan, penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Merangsang pembentukan sel darah merah

Ginjal berperan dalam produksi hormon eritropoietin. Cara kerja dari hormon ini sendiri adalah untuk merangsang sumsum tulang hingga memproduksi sel darah merah.

5. Mengontrol tekanan darah

Dua hormon yang turut dihasilkan oleh ginjal adalah angiotensin dan renin. Dua hormon ini memiliki fungsi untuk mengatur kontraksi dan keregangan dari pembuluh darah di dalam tubuh. Inilah mengapa kedua hormon ini berhubungan dengan tekanan darah di dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan tulang

Ginjal juga berkaitan dengan kesehatan tulang. Fungsi ginjal dalam hal ini adalah turut dalam menghasilkan calcitriol. Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga fosfat dan kalsium dalam jumlah yang dibutuhkan.

7. Mengontrol jumlah kalium

Jumlah kalium dalam darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Nah, fungsi ginjal ini akan menjaga jumlah kalium dalam tubuh tetap taraf normal dan ideal.

8. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah memiliki kaitan dengan ginjal. Sebab ginjal berfungsi memproduksi hormom adrenalin dan insulin. Insulin berfungsi untuk menstabilkan kadar gula tinggi sedangkan adrenalin meningkatkan gula darah jika jumlah nya memang terlalu rendah.

9. Mendaur ulang zat di dalam tubuh

Ginjal memiliki fungsi lainnya dalam mendaur ulang zat di dalam tubuh. Zat yang di daur ulang adalah glukosa, garam dan asam amino. Apabila zat tidak diperlukan lagi maka akan dibuang bersamaan dengan urine.

10. Menjaga jumlah air di dalam tubuh

Apabila Anda berfikir minum banyak air putih adalah baik, sebenarnya pemikiran ini salah. Sebab hal ini malah akan mempengaruhi konsentrasi darah. Nah, ginjal membantu untuk membuang kelebihan air dalam bentuk urine.

Baca Juga :

Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal

1. Gatal atau ruam yang tidak biasa

Sebagaimana fungsi ginjal yang sudah kita bahas, salah satunya adalah untuk membuang limbah yang sudah tidak diperlukan tubuh. Apabila ginjal mengalami masalah maka akan berpengaruh terhadap masalah kulit Anda. Bisa jadi di stadium awal Anda akan merasa gatal dan muncul ruam di kulit.

2. Mual dan Muntah

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, limbah yang seharusnya dibuang melalui urine akan menetap di dalam tubuh. Akibatnya Anda akan mengalami gejala mual dan muntah muntah. Mual ini sendiri akan berdampak pada berkurangnya nafsu makan.

3. Buang air kecil yang tidak normal

Ginjal erat kaitannya dengan urine. Maka, apabila ginjal mengalami gangguan, buang air kecil akan menjadi tidak normal. Bisa jadi Anda akan sering ke kamar mandi karena merasakan dorongan palsu untuk buang air seni.

4. Perubahan Urine

Selain gejala yang terlihat dari frekuensi buang air kecil, masalah pada ginjal juga bisa dilihat dari perubahan warna urin itu sendiri. Penyakit ginjal umumnya akan memiliki perubahan warna urin bercampur dengan darah atau berbeda dari biasanya. Timbul juga seperti buih atau busa.

5. Kaki dan Wajah bengkak

Karena fungsi ginjal adalah untuk membuang cairan yang berlebih di dalam tubuh, maka jika ginjal tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan pembengkakakn pada area bagian wajah, kaki, tangan dan bagian lainnya.

6. Mudah lelah

Penderita penyakit ginjal juga akan mengalami anemia dari skala ringan sampai berat. Hal ini diakibatkan karena adana gangguan yang terjadi pada fungsi ginjal untuk memantau sel darah merah. Hasilnya, Anda akan cepat lelah disertai pusing, kehabisan napas dan kedinginan.

7. Rasa logam dimulut dan bau tidak sedap

Rasa logam pada mulut dan bau tidak sedap ini disebabkan oleh adanya penumpukan racun pada aliran darah. Karena ginjal tidak berfungsi, maka mengonsumsi makanan akan seperti logam. Setelah mengalami hal ini segera periksakan keadaan Anda kepada dokter.

Lihat Juga : 5 Hal yang merusak Ginjal

Inilah informasi lengkap yang membahas tentang organ ginjal sebagai salah satu bagian tubuh yang penting. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, fungsi dan perannya sungguh berharga. Sayangi dan rawat ginjal Anda sebaik mungkin. Lengkapi pengetahuan Anda seputar kebiasaan sehari hari yang bisa mendukung kesehatan ginjal serta hindari kebiasaan buruk yang berdampak negatif.

Dengan demikian Anda bisa menjaga kesehatan Anda dari berbagai macam penyakit yang selalu siap untuk mengintai Anda. Jangan pernah sepelekan gejala penyakit sekecil apapun. Setelah mengetahui ciri ciri penyakit ginjal stadium awal ini, cobalah untuk selalu hati hati dan tanggap. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel