-->

10 Cara Hidup Sehat Sederhana untuk Wanita

Mastimon.Com - Kecantikan memang aset yang penting bagi wanita. Namun, ada yang lebih penting dari kecantikan yaitu kesehatan. Berbeda dengan pria, seorang perempuan biasanya lebih rentan akan beberapa penyakit. Oleh sebab itu wanita yang baik akan lebih mengutamakan pola hidup sehat dalam kehidupannya. Menurut Anda, bagaimana caranya menerapkan pola hidup sehat sederhana untuk wanita?

Sebenarnya untuk menjalankan pola hidup yang sehat tidaklah mahal ataupun sulit. Hanya memerlukan tindakan sederhana yang pengaruhnya sangat besar bagi kehidupan. Mulai dari terhindar dari penyakit, lesu, letih, resiko kegemukan dan masih banyak lagi. Untuk ibu rumah tangga, pola hidup sehat yang menjadi kebiasaan akan mendatangkan kebahagiaan keluarga.

Sebagaimana yang kita tahu, sekarang ini trend gaya hidup sehat memang semakin populer. Di berbagai media, ada banyak memuat informasi kesehatan berupa tips dan trik kesehatan. Namun masih banyak juga kaum hawa yang merasa malas untuk mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Supaya, kaum wanita bisa menempuh hidup sehat dengan mudah dan simple. Yuk simak langkah langkah pola hidup sehat di bawah ini.

Cara Hidup Sehat Sederhana untuk Wanita

1. Memilih Asupan Makanan bergizi

Kebanyakan wanita remaja sekarang lebih menyukai makanan atau minuman di restoran dan café. Mengapa? Sebab kemudahannya tidak perlu bersusah payah masak terlebih dahulu. Umumnya banyak wanita juga mengikuti trend yang berkembang. Memang, makanan dan minuman yang kita beli belum tentu buruk. Tetapi, jika Anda memilih jenis makanan yang salah setiap hari dampaknya negatif.

Baca Juga :

Jenis Makanan tersebut sebut saja nasi goreng, daging ayam, makanan pedas dan lain sebagainya. Pola hidup sehat dapat diterapkan jika Anda juga mengimbanginya dengan makan sehat seperti sayuran, ikan dan buah buahan. Selain itu, makanan yang ada ditempat umum kita tidak tahu proses mengolahnya. Maka, lebih sehat kalau kita memasak sendiri dengan mengatur asupan gizi yang cukup.

2. Minum air putih yang cukup

Anda pasti sudah tahu apa saja manfaat air putih untuk kesehatan bukan? Salah satu khasiatnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan serta membuang racun supaya bisa terhindar dari penyakit ginjal. Bagi para wanita minum air putih yang cukup adalah suatu kebutuhan yang penting. Selain terhindar dari berbagai penyakit, air putih memberikan manfaat untuk kesehatan kulit.

3. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok bisa merusak kesehatan Khususnya untuk wanita, dampak yang mungkin timbul adalah kemandulan, sesak napas, asma dan masih banyak lagi. Jika tidak dihentikan, resikonya bisa lebih besar. Menerapkan pola hidup sehat ini juga memaksudkan menghindari semua kebiasaan yang bisa memicu berbagai macam penyakit. Kebiasaan tersebut diantaranya adalah merokok, minum alkohol, mengonsumsi obat terlarang dan masih banyak lagi.

4. Hindari Makan terlalu banyak

Bagi kaum wanita yang sudah memiliki tubuh ideal alangkah lebih baik untuk tetap makan teratur 3 kali dalam sehari dengan porsi yang pas. Jangan sampai Anda makan terlalu banyak sampai kekenyangan. Selanjutnya, Yang perlu dihindari adalah aktivitas mengemil yang buruk. Sebab makanan ringan yang banyak mengandung zat kimia memiliki resiko yang berbahaya apabila dikonsumsi terlalu banyak.

5. Tidur tepat waktu

Sering begadang? Pola tidur tidak teratur? Atau tidak pernah tidur tepat waktu? Pola tidur Anda memengaruhi kualitas kesehatan Anda. Umumnya, ketidak tepatan waktu tidur bisa menyebabkan kegemukan. Secara tidak sadar, Anda akan merasa lapar pada malam hari. Kemungkinan makan malam akan semakin besar. Inilah yang nantinya menyebabkan kegemukan.

Cukupi kuota tidur Anda, sebab pada saat tidur inilah saatnya tubuh mengeluarkan racun. Anda perlu beristirahat dengan baik. Tentunya kualitas tidur yang baik akan membuat bangun tidur Anda terasa lebih segar dan bugar bukan? Anda akan jauh lebih siap beraktivitas di sepanjang hari

6. Hindari pikiran stress

Biasanya wanita stress karena banyak faktor. Ada yang stress karena tugas sekolah atau kuliah, pekerjaan yang menumpuk atau bahkan harus mengurus dan mendidik anak. Stress bisa membuat Anda kehilangan sedikit demi sedikit daya tahan tubuh.

Resiko stress yang biasanya terlihat adalah kerap shock, pingsan, tidak bisa tidur, lesu, letih dan wajah pucat. Akibatnya bisa berujung pada penyakit bahaya. Sebisa mungkin Anda perlu berupaya menghindari apapun yang bisa menyebabkan Anda stress.

7. Perawatan diri

Perawatan diri biasanya bagi banyak adalah yang terpenting. Bahkan ada yang rela membeli peralatan atau bahan kecantikan yang mahal untuk merawat diri. Bisa dikatakan perawatan diri adalah suatu hal yang wajib. Aktivitas yang dilakukan sebagai contoh adalah pergi ke salon, berhias diri, krimbat dan lain sebagainya. Untuk hidup sehat, perawatan diri memang penting tapi pastikan untuk tetap seimbang sehingga tidak akan membuat stress.

8. Berjemur di pagi hari

Matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan. Kalau waktu memungkinkan, cobalah Anda berjemur dibawah matahari pagi dari terbitnya matahari pada jam 06.30 sampai dengan jam 08.00. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan vitamin D yang memiliki fungsi untuk memberikan kesehatan pada kulit Anda. Meluangkan waktu untuk berjemur akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan Anda.

9. Olahraga teratur

Macam macam olahraga sekarang ini ada banyak sekali. Para wanita bisa memilih olahraga mana saja yan paling bermanfaat dan sesuai dengan kondisi dan kesukaan. Sebagai contoh adalah senam aerobic yang mempunyai khasiat membuat kulit lebih kencang. Atau memilih cara yang lebih sederhana yang bisa digunakan adalah jalan di pagi hari. Anda hanya perlu menikmati indahnya pemandangan pagi sambil berjemur diterik matahari.

10. Rekreasi yang cukup

Rekreasi yang cukup memaksudkan Anda selalu mempunyai sisa waktu rekreasi di akhir pekan atau waktu yang cocok bagi Anda. Dengan melakukan rekreasi atau liburan singkat dapat membuat pikiran menjadi relaks. Mengingat sebagai seorang wanita, tentu ada banyak kegiatan yang menguras otak dan tenaga Anda. Rekreasi atau liburan juga bermanfaat untuk menghilangkan stress.

Lihat Juga : Cara merawat daerah Kewanitaan (maylin.top)

Uraian diatas adalah informasi kesehatan terkait contoh pola hidup sehat yang perlu diterapkan oleh para wanita. Meskipun sederhana, cara ini lebih ampuh untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Mudah sekali bukan? Yang terpenting adalah motivasi dalam diri untuk terus ingin sehat. Tentu kalau kita sehat, orang orang disekitar kita juga akan mendapatkan manfaatnya.

Untuk memulainya cobalah untuk membuat jadwal sederhana yang berisikan pola hidup sehat milik Anda. Tentunya hanya diri Anda yang tahu kapan tepatnya beristirahat, olahraga, konsumsi makanan bergizi, liburan dan lain sebagainya. Cukup dengan mengikuti jadwal tersebut, Anda sebagai perempuan sudah bisa menjalani hidup sehat secara sederhana dan mudah di kehidupan sehari hari. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel