10 Cara menjaga Kesehatan Tubuh Anak dan Wanita

Dari dulu hingga sekarang, menjaga kesehatan tubuh adalah yang terpenting dari segala lainnya di dunia ini. Tidak hanya untuk diri sendiri, Anda tentu saja menginginkan semua orang yang Anda sayangi sehat dan bahagia temasuk anggota keluarga Anda. Biasanya yang paling rentan terhadap serangan penyakit adalah anak –anak dan wanita. Maka, mencari tahu terkait cara dan tips menjaga kesehatan tubuh anak dan wanita adalah penting. Termasuk mencari tahu berbagai kebiasaan buruk dan pikiran negatif yang bisa menghambat kesehatan seorang anak dan wanita.


Terkhususnya ketika akan memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini, Anda akan lebih mudah sakit. Oleh sebab itu, upaya untuk menjaga kesehatan agar bisa terus beraktivitas seperti biasa memang perlu ditingkatkan. Apalagi jika diperhatikan musim –musim seperti adanya angin kencang, hujan yang tak menentu, debu yang bertebaran sampai dengan cuaca yang tiba –tiba terik adalah pemicu terutama Anda bisa lebih mudah jatuh sakit. Siapa yang mau terserang penyakit? Tentu saja jawabannya tidak ada.

Entah Anda mungkin sampai dengan sekarang masih terlihat sehat dan bugar, namun memperhatikan kesehatan sejak masih kecil akan sangat baik. Sebab pentingnya menjaga kesehatan tubuh akan Anda rasakan secara terus menerus jika menerapkan pola hidup yang sehat. Sekarang ini berbagai media dan article yang membahas trik ampuh menjaga kesehatan sudah banyak. Anda hanya perlu rajin untuk mencari tahu dan menerapkannya dalam kehidupan sehari –hari.

Berbagai kebiasaan sederhana yang diuraikan di bawah ini akan turut membantu Anda menerapkan pola hidup sehat yang mudah, membuat Anda senantiasa bugar, dan terhindar dari segala macam penyakit. Sebenarnya metode praktis ini tidak hanya ditujukan untuk anak –anak dan perempuan saja. Manfaatnya berlaku untuk semua termasuk anak –anak balita, SD, remaja, orang tua, para pria dewasa dan lain sebagainya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menerapkan prinsip hidup sehat sejak dini. Untuk itu, selengkapnya silahkan Anda simak penjelasan singkat dan lengkapnya di bawah ini.

10 Cara menjaga Kesehatan Tubuh Anak dan Wanita

1. Konsumsi Sayuran Hijau

Vitamin banyak terdapat di sayuran hijau yang dapat membuat diet menjadi seimbang dan ikut mendukung sistem kekebalan tubuh yang stabil. Biasanya proses diet dilakukan oleh wanita yang menginginkan tubuh mereka bagus dan langsing, maka lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau adalah cara utama yang terbaik.

Daripada alih –alih mengurangi porsi makan dan akhirnya kekurangan kebutuhan nutrisi dan vitamin, ini akan membuat tubuh Anda tidak sehat. Sedangkan untuk anak –anak, dengan mengonsumsi sayuran hijau, tentu saja dapat membantu dalam tumbuh kembang anak menjadi lebih produktif dan fokus.

2. Penuhi kebutuhan Vitamin D

Tahukah Anda? Salah satu vitamin yang sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh adalah Vitamin D. Kondisi kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan berbagai gejala yang buruk seperti masalah jantung, pertumbuhan tulang yang buruk dan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Anda perlu memenuhi kebutuhan Vitamin D dalam kehidupan sehari hari.

Vitamin D dapat di temui di makanan seperti kuning telur, ikan tuna, salmon, jamur dan hati sapi. Kalau perlu, Anda juga bisa membeli suplemen vitamin D yang mengandung D3 (Cholecalferol) karena ini punya pengaruh baik dalam meningkatkan kadar vitamin D di dalam darah Anda. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter kepercayaan Anda.

3. Olahraga Rutin

Aktivitas yang sehat perlu diterapkan seperti halnya berolahraga dengan rutin. Dengan berolahraga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar dan senantiasa aktif. Jika Anda tidak terbiasa untuk berolahraga cobalah untuk melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu. Salah satu olahraga yang sederhana dan mudah adalah berjalan kaki santai. Tidak banyak di tahu orang bahwa cukup dengan berjalan santai saja ini adalah cara badan berolahraga secara teratur.

Menarik lagi Anda bisa terus bugar dan cocok untuk melangsingkan badan. Menurut sebuah penelitian telah membuktikan sendiri bahwa dengan olahraga secara teratur dalam mencegah adanya peradangan dan berbagai penyakit kronis, mempercepat peredaran sel darah putih untuk melawan penyakit, mengurangi stress dan masih banyak lagi.

4. Jam Tidur yang cukup

Kunci tubuh yang sehat lainnya adalah pola tidur yang cukup. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki jam tidur minimal delapan jam sehari selama kurun waktu dua minggu akan membuat tubuhnya lebih kebal terhadap serangan virus serta kuman dan bakteri. Sedangkan yang lain yang jam tidurnya kurang dari enam jam sehari, memiliki resiko empat kali lebih mudah terserang flu akibat virus apabila dibandingkan dengan orang dengan jam tidur sampai tujuh jam atau bahkan lebih.

Dari sini kita diberi tahu bahwa pola jam tidur yang cukup membuat tubuh kita menjadi kebal terhadap serangan penyakit, jangan remehkan tidur pada jam yang sudah ditentukan. Seringkali bergadang karena pekerjaan atau tugas menjadi penyebabnya. Sebaiknya Anda perlu menyesuaikan waktu dan jadwal Anda terlebih dahulu.

5. Kelola Stress Anda

Apa itu stress? Ini bisa dialami oleh siapa saja bahkan anak –anak sekalipun. Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa membuat kita stress di lingkungan sekitar. Oleh sebab itu mengendalikan kadar sress dalam otak dan pikiran kita adalah yang terpenting. Stress sendiri adalah sebuah kondisi yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga lambat laun akan membuat seseorang mudah sekali terserang penyakit.

Bisa jadi akan timbul peradangan yang memicu penyakit berkembang dalam tubuh Anda. Mengendalikan stress dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Contohnya adalah melakukan latihan Yoga atau meditasi untuk menghilangkan dan mengendalikan stress.

6. Menjaga kebersihan

Tentu Anda setuju, menjaga kebersihan baik dari dalam diri dan lingkungan sekitar adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan kita. Oleh sebab itu, jika ingin terus sehat lakukan kegiatan rutin seperti pembersihan dari hal –hal yang sederhana, misalnya :
  • Mandi rutin setiap hari
  • Mencuci tangan sebelum makan atau ketika menyiapkan makanan dan setelah makan
  • Mencuci tangan sebelum memasukkan lensa kotak dan aktivitas lainnya yang memungkinkan Anda bersentuhan dengan mata atau mulut.
  • Mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik dan gosok hingga kuku jari
  • Jangan lupa tutup mulut dan hidung dengan sebuah tisu pada saat bersin dan batuk.

7. Hindari Alkohol

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebih dapat merusak sel dendritik yaitu bagian yang penting dalam sistem kekebalan tubuh. Seiring berjalannya waktu jika terus menerus mengonsumsi minuman dengan makanan yang mengandung alkohol tinggi dapat meningkatkan seseorang bisa terinfeksi berbagai bakteri dan virus yang berbahaya. Boleh mengonsumsi alkhol namun, hendaknya tujuannya baik seperti untuk media pengobatan atau menghangatkan tubuh. Tetapi jika alkohol di salah gunakan untuk bersenang –senang maka, hasilnya kesehatan Andalah yang akan terganggu.

8. Minum Teh Hijau

Salah satu produk dari alam yang bagus untuk kesehatan adalah mengonsumsi Teh Hijau. Manfaatnya begitu baik untuk semakin meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Karena tingginya antioksidan yang kerap disebut Flavonoid dilansir dapar menurunkan tekanan darah serta mengurangi timbulnya resiko teradap penyakit kardiovaskular. Teh hijau bisa dikatakan senjata yang ampuh mengusir berbagai macam penyakit.

9. Bersosialisasi rutin dengan orang sekitar

Pernahkah Anda merasakan kesepian? Nah, kesepian ini sendiri pada kenyataannya sering kali dikaitkan sebagai salah satu pemicu timbulya beberapa penyakit. Yang terutama sangat mempengaruhi orang –orang yang sedang masa penyembuhan pasca operasi jantung. Dengan tidak bersosialisasi atau menjalin hubungan dengan orang lain tentu saja akan menimbulkan stress sebagaimana yang sudah kita bahas pada poin nomor 5. Nah hal lain lagi, dengan menyendiri dapat mempengaruhi respon kekebalan tubuh yang melambat serta kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat pasca operasi pun akan berkurang.

10. Makan variasi buah buah segar

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan yang paling mudah dan nikmat adalah mengonsumsi makanan buah buahan yang segar dan baik. Buah –buahan bukanlah seperti obat yang rasanya pahit atau tidak enak, Tuhan begitu baik menciptakan aneka variasi buah –buahan yang banyak sekali dengan rasa yang beraneka ragam juga. Pastilah sangat nikmat menikmati buah –buahan ini.

Sama seperti obat, buah –buahan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan secara alami. Karena buah penuh dengan gizi, nutrisi dan vitamin menjadikannya sebagai sumber tenaga dalam tubuh. Hanya saja, jangan hanya terpaku pada satu jenis buah. Cobalah untuk terus seimbang, dengan mengonsumsi secukupnya dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Cara mengatasi Lemah Sy*hwat yang Jitu

Uraian diatas adalah informasi singkat seputar tips kesehatan yang bisa secara bertahap membuat gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Terkhususnya bagi para wanita dan anak untuk memperbaiki kesehatan fisik dan mental. Cara ini merupakan dasar pengetahuan seputar jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi, olahraga yang bagus, kebersihan tubuh, lingkungan, peralatan dan kebiasaan sehari –hari yang sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Jangan ragu untuk segera untuk menerapkannya dalam kehidupan Anda dan keluarga.

Meskipun sekarang ini ada banyak orang yang menyepelekan kesehatan mereka, hanya demi kesenangan semata. Hendaknya hal ini tidak dengan Anda. Walaupun memiliki aktivitas dan kegiatan yang banyak seperti bersekolah dan bekerja, tetap perhatikan kesehatan Anda, terutama kebutuhan menyantap makanan yang bergizi. Cukup dengan menjaga kesehatan saja tidaklah susah dan mahal bukan? Semoga kita semua terus sehat untuk kehidupan yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel