Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Mastimon.Com - Ibu hamil sangat rentan terhadap serangan penyakit atau berbagai kondisi yang bisa menyebabkan tubuhnya melemah. Oleh sebab itu seorang ibu yang sedang mengandung sangat penting untuk memperhatikan makanan yang ia konsumsi karena itu sangat mempengarungi kesehatannya. Misalnya, pada saat menjalani masa kehamilan, di dalam tubuh sang ibu akan terjadi pembentukan oleh sel darah merah untuk janin yang ada di rahimnya. Apabila ibu tidak menerima makanan yang cukup untuk pembentukan sel darah merah nya tersebut, maka bisa saja sang ibu akan mengalami kurang darah. Tentunya sang ibu tidak menginginkan hal ini bukan?

Anda mungkin sudah mengenal dan tahu banyak jenis makanan seperti buah, sayuran, lauk pauk dan lain –lainnya sebagai penambah darah. Namun, ketahuilah pemberian makanan pada orang biasa dengan ibu hamil akan cukup berbeda untuk menambah darah. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan berbeda karena adanya beberapa pantangan yang sebaiknya dipatuhi. Jadi, Ibu maupun keluarga yang mendampingi harus selektif dalam memberikan jenis makanan tertentu yang bagus untuk mambantu mencukupi kebutuhan darah dalam tubuh.

Sekarang ini pun tak jarang wanita yang mengandung terkena anemia yang merupakan gangguan penyakit karena kurang darah. Sebenarnya, anemia dapat di atasi dengan baik melalui asupan yang baik. Ibu tidak perlu mengonsumsi obat penambah darah, malahan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat. Ibu bisa mencoba mengonsumsi buah –buahan. Selain enak dan mengandung banyak nutrisi, buah –buahan juga tidak akan membuat ibu mual karena proporsi yang pas.

Ada berbagai jenis buah yang disarankan untuk mengatasi kurang darah pada wanita hamil. Beberapa diantaranya dinilai dari kandungan dan zat gizi nya yang bagus dan aman untuk dikonsumsi. Selain sebagai penambah darah tentu masih banyak lagi manfaat dan khasiatnya. Nah, jika Anda ingin mengetahui buah apa saja yang termasuk dalam buah penambah darah khusus untuk ibu hamil, uraian di bawah ini akan berikan penjelasannya secara singkat. Yuk, langsung saja kita simak bersama sama.

10 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

1. Alpukat
https://www.mastimon.com

Buah untuk wanita hamil yang pertama adalah buah alpukat. Dari kandungan dan zat gizi yang dimiliki oleh buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Dimana buah alpukat kaya akan Vitamin C, Vitamin B, Kalium serta asam folat. Nah, berkat dari kandungan gizi nya yang melimpah ini dapat membantu perempuan yang sedang mengandung dalam mengurangi adanya morning sickness, membantu perkembangan otak, jaringan bayi, saraf otak , dan menambah kadar darah untuk ibu dan janin.

Satu hal yang ibu perlu ingat, bahwa buah alpukat ini mengandung lemak yang cukup tinggi. Jadi makan secukupnya saja dan jangan terlalu banyak. Misalnya, makan buah alpukat tidak lebih dari 1 buah saja perhari. Dengan demikian sang ibu akan lebih terkontrol kesehatannya karena mengonsumsi dengan porsi yang tepat.

2. Pisang

Pisang berikutnya adalah nama buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebab buah yang memiliki warna kulit kuning apabila matang ini telah menyediakan banyak sekali kalori dan serat yang dibutuhkan untuk energi bagi sang wanita hamil tersebut. Ibu tidak akan mudah kelelahan serta kalium yang ada dalam buah pisang juga membantu dalam menjaga tekanan darah ibu akan tetap normal. Jika Anda teliti lebih jauh, buah pisang mengandung asupan zat gizi yang mencukupi serta dilansir dapat mencegah ibu mengalami anemia selama kehamilan. Selain daripada itu buah ini sangat mudah untuk dicerna sehingga bisa menjadi makanan alternatif ketika ibu sedang mual atau muntah.

3. Mangga

Buah yang sudah terkenal dengan khasiatnya ini memang sangat berkhasiat. Khususnya bagi ibu yang sedang mengandung juga bisa menjadikan buah mangga sebagai salah satu buah yang disarankan untuk di konsumsi. Di dalam buah mangga terdapat kandungan yang baik seperti tinggi kalium, Vitamin dan juga Vitamin C. Kalau kita lihat dari manfaatnya memang sangat beragam mulai dari kalium yang berfungsi sebagai faktor untuk menjaga tekanan darah dan keseimbangan kadar cairan dalam tubuh.

Baca Juga :

Sedangkan untuk vitamin C sangat berperan aktif dalam menangkal radikal bebas yang juga bisa meningkatkan stamina dalam tubuh.  Kemudian vitamin A adalah sebagai aktioksidan dan membantu dalam penglihatan, sistem saraf pada bayi dan juga kekebalan tubuh. Yang tidak kalah penting mangga juga mengandung serat yang bagus untuk mencegah sembelit bagi ibu hamil.

4. Jambu Biji

Sumber terbaik berikutnya adalah jambu biji. Kandungan gizi dalam buah ini begitu melimpah yang mampu mencukupi kebutuhan ibu akan Vitamin A, Serat, Fosfor dan kalium. Buah ini dapat dikatakan juga sebagai alat bantu untuk bisa mengontrol kadar gula dalam darah dan mencukupi nutrisi penambah darah dalam tubuh. Sedangkan untuk khasiat dari Vitamin C dan A yang dimilikinya adalah sebagai antioksidan yang mampu menangkap radikal bebas yang apabila dibiarkan dapat menyebabkan perkembangan janin terlambat. Jambu biji sendiri dapat dinikmati dengan cara di makan secara langsung atau bisa juga dengan dibuat jus.

5. Jeruk

Jenis buah berikut ini tidak mau kalah dengan jenis buah lainnya yang memiliki banyak manfaat seperti menambah darah untuk ibu hamil. Mungkin, Anda lebih mengenalnya sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Yang terutama buah jeruk ini membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sebab hampir 90 persen dari buah jeruk adalah air. Ini sangat penting untuk mencegah adanya dehidrasi pada proses kehamilan yang akibatnya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan sang ibu. Selain daripada itu Jeruk juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar nantinya tidak mudah sakit dan kelelahan.

6. Blueberry dan Stroberi

Mungkin buah yang satu ini tidak terlalu familiar atau dikenal secara umum langsung oleh lapisan masyarakat. Buah yang termasuk golongan berry ini sebenarnya baik untuk kesehatan ibu hamil. Pasalnya, di dalam buah ini terdapat Kalium, Vitamin C, dan folat yang sangat bagus untuk menjaga tekanan darah yang diperlukan dan untuk keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf dan kontraksi otot. Selain daripada kandungan folat dan vitamin C pada buah berry ini memiliki khasiat untuk dapat mencegah adanya kurang darah pada ibu hamil. Buah berry ini juga mengandung serat untuk kepentingan kelancaran perencanaan ibu hamil.

7. Semangka

Selanjutnya buah yang baik untuk kesehatan sang ibu termasuk menjaga kadar kebutuhan darah dan cairan adalah semangka. Buah ini begitu kaya akan air. Dengan memakan buah semangka setidaknya akan membantu dalam mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, dapat menghilangkan haus serta mencukupi asupan vitamin seperti C, A, B6, Kalium dan magnesium. Memakan buah semangka juga dapat menangkal rasa mual di pagi hari. Pada saat trimester terakhir di kehamilan juga dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tangan dan kaki serta mencegah terjadinya keram otot.

8. Pir

Tidak banyak yang tahu kalau buah pir masih satu spesies dengan buah apel. Sebenarnya pir ini sendiri adalah buah yang baik untuk perempuan hamil karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Misalnya saja kandungan kalium yang terdapat dalam buah pir dapat membantu dalam proses regenerasi sel dalam tubuh sang ibu dan juga calon bayi. Selain itu, buah ini juga dikenal sebagai makanan bagus untuk melawan sembelit karena sebagai sumber serat yang bagus. Baca Juga : Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan.

9. Melon Jingga

Buah berikutnya adalah dari kelompok buah melon yakni khususnya melon jingga. Pernah melihat atau mengonsumsinya sebelumnya? Buah yang satu ini memiliki nama lain yakni buah melon orange atau cantaloupe yang banyak sekali mengandung nutrisi baik bagi sang janin juga ibunya. Buah ini mampu menjaga darah tetap stabil dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan jika ibu suka mual atau mulas ketika pagi hari, cobalah untuk mengonsumsi melon jingga ini karena kandungan vitamin B nya mampu mengatasi hal ini. Khususnya bagi ibu yang sedang hamil muda yang kerap mengalami masalah.

10. Lemon

Kalau sebelumnya adalah buah melon, yang ini berbeda hanya saja namanya sedikit mirip. Yup ini adalah buah lemon. Kandungannya hampir sama seperti buah jeruk yang banyak terdapat vitamin C dan cairan yang bisa mengatasi dehidrasi pada ibu hamil. Lemon juga berkhasiat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah pada ibu hamil serta mampu membersihkan sistem pencernaan secara baik. Selain daripada itu kandungan lainnya yang mencangkup kalsium, kalium serta magnesium nya dapat meningkatkan pertumbuhan pada tulang janin yang ada di rahim sang ibu.

Uraian diatas adalah daftar buah recommended untuk ibu hamil sebagai cara menambah darah paling efektif dan sehat tanpa harus mengonsumsi obat obatan. Ibu bisa memilih buah mana yang disukai. Ibu juga bisa mengonsumsi nya langsung atau bahkan mengolahnya menjadi makanan seperti jus buah, salad buah, es buah dan lain sebagainya. Dengan demikian tips menambah darah ini akan lebih menyenangkan karena sang ibu juga menyukainya. Baca Juga : jeins.online (Situs informasi menarik).

Sebagai tips tambahan untuk menjaga kesehatan ibu yang sedang mengandung sebaiknya memperhatikan secara khusus dalam memproses makanan tersebut. Misalnya jangan lupa untuk mencuci bahan makanan tersebut supaya bersih dari kuman dan berbagai mikroorganisme yang lainnya yang mungkin dapat membahayakan kehidupan sang janin. Pemberlakuan ini berlaku untuk semua jenis makanan dan bukan hanya buah –buahan. Seperti halnya daging/produk hewani, sayuran dan lain sebagainya. Sekian informasi ini, semoga membantu dan bermanfaat.