Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula

Mastimon.Com - SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang harus dilakukan supaya artikel bisa berada di halaman pertama Google. Page One Google merupakan tujuan utama sebuah website supaya dapat mendatangkan visitor banyak. Bukan hanya memperhatikan Template Blogger saja yang SEO Friendly tetapi juga memperhatikan kualitas konten yang dibuat.

SEO Blogger Terbaru

Pada artikel ini akan coba saya bahas mengenai tentang SEO secara lengkap menurut versi pengalamn saya pribadi. Sobat bisa mencoba mempraktekkannya supaya kualitas dari Blog itu sendiri semakin meningkat. Tidaklah sulit karena bahasa yang saya gunakan adalah kalimat untuk Pemula dan mudah dipahami.

Setiap point yang saya berikan pada artikel ini mohon di pahami dan jika masih kesulitan bisa berkomentar di Channel Youtube. Link Vidio live streaming khusus membahas tentang SEO ada di akhir artikel ini. Pastikan sobat sekalian SUBSCRIBE agar tidak ketinggalan Vidio terbaru dari saya seputar tentang Blogger Pemula.

Optimasi SEO Blogger mulai dari Settingan Template, Cara menulis sampai dengan penggunaan Backlink

1. Setting RSS Feed Singkat
Feed Situs Blogger

Banyak para Blogger malas melakukan hal curang dengan mencuri konten melalui RSS Feed. Dengan melakukan ini maka merugikan penulis artikel karena terjadi Duplikat Konten. Supaya tidak bisa dicuri secara otomatis mamak lakukan setting RSS Feed yaitu masuk ke Daskboar Bloggre >> Setelan >> Lainnya >> Izinkan Feed Blog (Pilih Singkat).

2. Aktifkan Tag Meta Deskripsi
Tag Meta Blogger

Fungsi dari Tag Meta Deskripsi Blog adalah supaya google dapat mendeteksi keterangan situs kita. Bisa dilihat saat mendapatkan sitelink di beranda google maka ada penjelasan tentang Blog kita dibawahnya. Cara mengaktifkannya yaitu masuk ke Daskboard Blogger >> Setelan >> Dasar >> Deskripsi (Isi keterangan Maksimal 500 Karakter).

3. Aktifkan Tag Tajuk Robot Khusus
Tag Tajuk Robot Khusus Blogger

Untuk Robot.txt saya lebih memilih membiarkannya secara Defaulth (Dinonaktifkan). Sedangkan untuk Tag Tajuk Robot Khusus saya sedikit melakukan settingan supaya tidak terjadi Duplikat Konten Halaman Arsip). Caranya yaitu masuk ke Daskboard Blogger >> Setelan >> Preferensi Penelusuran >> Pada Tag Robot Khusus silahkan setting seperti gambar di atas.

4. Memberikan Title Teks dan Alt Teks pada Gambar

Dengan memberikan Title pada Gambar maka mempermudahkan search engine mendeteksi. Bukan hanya artikel yang bisa berada di Page One google tetapi gambar juga bisa bahkan bisa mendatangkan trafik. Caranya cukup mudah yaitu Klik pada Gambar >> Pilih Properties >> Masukkan Tiitle Teks dan Alt Teks sesuai gambarnya.

5. Buat Deskripsi Postingan

Saat membuat artikel kita tentunya membuat Label disamping kanan dan dibawahnya ada tempat mengisi Deskripsi Postingan. Sobat bisa isi dengan panjang kata sekitar 50 kata sesuai dengan kebutuhan. Isi dengan kata kunci utama dan kata kunci turunan yang berhubungan supaya menarik perhatian saat tampil di beranda Google.

6. Menggunakan Template SEO Friendly

Jangan asal memilih Template terlebih lagi menggunakan Template Gratisan yang di ambil di beranda Google. Gunkan Template Premium dengan membelinya langsung ke Pemilik Template. Pilih yang SEO Friendly. Buat kalian yang masih binggung bisa membaca artikel 8 Tips memilih Template Premium atau Cara Cek Template Responsive dan SEO.

7. Maksimalkan User Experince

Pengalaman pengguna saat berada di Blog kita sangat penting sebagai dasar penilaian Google. Semakin pembaca berlama lama maka akan semakin baik dan tentunya bisa meningkatkan Rank Blog. Perhatikan tampilan template supaya pengunjung nyaman dan betah. Yang lebih utama lagi adalah kualitas konten yang sesuai dengan kebutuhan pembaca.

8. Judul artikel tertarget dengan Keyword di depan

Ada banyak penulis Blogger yang asal asalan membuat judul artikel sehingga berakibat sia sia konten tersebut. Judul yang tertarget adalah menempatkan kata kunci di depan dan memberikan kata tambahan yang berhubungan. Untuk mendapatkan judul yang baik bisa melakukan Riset terlebihdahulu menggunakan Tools tertentu.

9. Buat judul artikel yang menggundang Klik

Saat artikel kita tampil diberanda Google usahakan membuat yang semenarik mungkin. Walaupun berada di Page One Google belum tentu pengunjung melakukan klik jika kurang menarik. Buat semenarik mungkin seolah orang yang melihatnya penasaran. Cara ini terbukti efektif baik di Google maupun saat melakukan pencarian di beranda Youtube.

10. Artikel Panjang dan Lengkap

Memiliki artikel dengan jumlah kata di atas 500 atau lebih dari 1000 tergolong baik. Yang perlu diperhatikan disini adalah pengelompokan setiap paragraf. Jangan ada pengulangan pembahasan sehinggan struktur bahasa terbaca oleh google. Buat kerangka artikel dulu supaya mudah dalam penyusunan bahasa.

11. Internal Link antar artikel

Internal link sangat dibutuhkan dalam setiap artikel yang dibuat supaya pengunjung semakin lama berada di blog kita. Perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis internal link yang digunakan. Saya lebih menyarankan sobat menggunakan yang manual dibandingkan yang otomatis supaya Linknya sesuai dengan yang dibahas. Banyaknya internal link minimal 3 dan banyak boleh disesuaikan dengan kebutuhan.

12. Eksternal Link ke situs yang Relevan

Beberapa penulis blog menghindari adanya pemberian Eksternal Link ke blog lain. Tetapi justru jika anda membuat Link ke situs lain yang relevan atau sesuai dengan artikel yang dibahas akan semakin baik. Gunakan link Dofollow jangan Nofollow karena dari beberapa tutorial yang saya baca lebih menyarankan seperti itu.

13. Keyword Density jangan terlalu banyak

Density adalah sebuah keyword tertentu dalam satu artikel. Jangan terlalu banyak mengulang sebuah kata kunci terlalu banyak karena akan berakibat buruk terhadap kualitas konten. Atur keywordnya dengan baik dan disebar ke beberapa paragraf supaya terlihat baik. Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan enak dibaca.

14. Perbanyak Kata Kunci dalam artikel

Orang yang terbiasa menulis tentunya akan banyak sekali kalimat baru yang muncul dalam Postingan. Buatlah kata kunci turunan yang berhubungan karena semakin banyak kosakata yang kalian buat akan semakin baik. Bukan hanya judul artikel saja yang kedeteksi Google tetapi kalimat dalam Postingan Blog juga terbaca.

15. Penggunaan Bold, Italic dan Underline

Sangat penting penggunaan Bolt (Tulisan Tebal), Italic (Tulisan Miring) dan juga Underline (Tulisan bergaris bawah). Tapi hati hati jika penggunaanya terlalu banyak karena tidak baik dimata google. Penandaan kalimat tersebut gunakan seperlunya pada kata kata yang penting ataupun yang perlu diperhatikan.

16. Memahami Fungsi H1, H2, H3 dan H4

Pahami secara dasar saja tentang Heading, Subheading, Minor Heading, Normal. Jangan menggunakan secara berlebihan karena akan berakibat fatal. Gunakan sebagai dasar SEO yang baik terutama penempatan Judul dan Kata Kunci yang tepat. Dengan menulis artikel secara almi dan original lebih baik lagi.

17. SEO On Page

Optimasi terhadap blog itu sendiri mulai dari pemilihan Template sampai dengan tehnik penulisan artikel sudah termasuk SEO On Page yang bagus. Lakukan beberapa tahapan Settingan Blogger di atas, penulisan artikel yang benar sampai dengan pembuatan internal dan Eksternal link yang bagus maka bisa dipastikan hasilnya maksimal.

18. SEO Off Page

Selain On Page ada istilah Off Page yaitu melakukan optimasi Blog dengan cara mencari dukungan Backlink di Luar. Carilah Forum yang memberikan Backlink Doffolow lalu tinggalkan Link artikel aktif disana. Bisa juga menggunakan jasa Conten Placement seperti yang ada di Blog mastimon ini tetapi kalian perlu mengeluarkan dana.

Dari semua penjelasan tentang SEO di atas sebenarnya sudah cukup untuk memaksimalkan sebuah Blog. Kualitas konten menjadi faktor utama dalam memaksimalkannya termasuk jangan ada kalimat Copy Paste dari Blog lain. Terlebih lagi sobat melakukan hal curang dengan cara melakukan copas lalu edit ulang untuk menjadi sebuah artikel ORI versi smallseotools.

Jika sudah paham tentang SEO sekarang tinggal bagaimana mempraktekkannya. Yang menjadi musuh utama buka cara SEOnya tetapi tingkat kemalasan dalam menulis artikel. Buat yang baru memulai belajar menulis usahakan dengan belajar merangkai kata dan mengarang sebuah kalimat. Banyak membaca bisa membantu mempermudahkan dalam penulisan.

Jika melihat pengalaman dalam penulisan artikel supaya lancar maka biasakan menulis setiap hari. Jika anda bekerja di sebuah Perusahaan maka luangkan waktu sekitar satu jam pada saat malam hari. Optimasi SEO ini pasti bisa kita lakukan asal memiliki kemauan yang Kuat. Selamat menulis dan sampai jumpa di Page One Google.

Tanya Jawab tentang Blogger khusus SEO yang benar