Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips dan cara memilih Template Premium Blogger yang baik

Template Premium Blogger yang dibuat oleh para master desain saat ini memiliki banyak pilihan mulai tampilan sampai dengan fasilitas lainnya. Tidak sedikit dari publisher blogger hanya sibuk editing template dibanding membuat konten yang berkualitas. Dengan pemilihan Theme blog yang tepat maka akan mempengaruhi keberhasilan saudara.


Bukan hanya soal tampilan blog yang menarik tetapi pagespeed atau kecepatan loading blog juga sangat mempengaruhi. Selain itu ada beberapa faktor lainnya juga yang mempengaruhi kekuatan artikel di beranda google. Bukan berarti jika anda membuat artikel original tidak dapat bersaing di google tetapi Pemilihan template juga memiliki peranan penting.

Seperti Template Premium Blogger yang saya gunakan saat ini hasil karya kang Adhy Suryadi (Pemilik Kompi Ajaib). Banyak yang mengeluhkan tampilannya kurang menarik dan kurang asik dilihat. Untuk tampilan saya lebih percaya hasil editan sendiri tetapi kualitas SEO Template tersebut saya harus mencobanya terlebih dahulu sebelum mengetahui keunggulannya.

Setiap template blogger yang Premium memiliki Kelebihan dan kekuangan masing masing. Ada yang memiliki tampilan menarik dan enak dilihat dan ada juga yang memiliki kualitas SEO Template yang ajaib. Kedua faktor tersebut harus berjalan beriringan supaya blog anda mudah untuk mendapatkan visitor. Selain itu pengunjung bisa betah berlama lama walaupun hanya sekedar melihat tampilan blog kita.

Untuk tampilan saya lebih suka menggunakan Template Blogger hasil karya Mas Sugeng yaitu VioMagz dimana tampilannya sederhana dan rapi. Berbeda jika untuk Template yang SEO Friendly saya lebih suka menggunakan Template Premium Kompi Flexible. Anda akan merasakan keajaiban yang terjadi dimana visitor akan mudah anda dapatkan dan artikel mudah bersaing di beranda Google.

Untuk ceritanya sampai disini dulu ya... Kembali ke pembahasan kita tentang "Bagaimana cara memilih Template Premium Blogger yang tepat?". Berikut ini saya bagikan buat sobat sekalian supaya tidak salah pilih karena jika anda suka menganti Theme Blog maka saya yakin anda tidak akan merasakan kemajuan. Yang ada visitor semakin hari akan semakin habis dan menghilang.

Tips dan cara memilih Template Premium Blogger yang baik

1. Support Google AMP

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah template yang lebih memprioritaskan kecepatan loading blog saat di akses melalui Smartphone maupun Komputer. Sebelum menggunakannya anda harus mengerti peratusan dasar menggunakan Template AMP. Jika belum paham saya sarankan anda menggunakan Template Non AMP saja seperti Template blog ini yang saya gunakan masih HTML 5.

2. Mobile Friendly

Saat ini para pengunjung situs lebih banyak menggunakan HP Android dibandingkan menggunakan perangkat komputer. Hampir 90% visitor blog mastimon.com berasal dari perangkat Android. Dengan anda menggunakan Template Mobile Friendly maka artikel anda akan mudah bersaing di beranda Google untuk versi mobile.

3. Responsive

Tampilan blog untuk versi Desktop dan versi Mobile harus terus anda pantau supaya tidak ada kesalahan sedikitpun. Perhatikan pengaturan versi Mobile yang terkadang tidak kita teliti secara mendetail. Usahakan semua tulisan atau banner blog mudah dilihat dan tidak saling tumpuk. Perhatikan juga tulisan artikel harus maksimal di kiri dan kanan. Template yang bagus adalah tetap enak dilihat dengan perangkat apapun termasuk ipad.

4. Tidak ada script iklan bawaan

Semua Template Premium Blogger yang bagus pasti belum ada iklan yang tertanam pada template tersebut. Jika sudah ada perlu anda curigai bahwa Theme tersebut sudah dilakukan modifikasi orang lain. Jika anda tetap menyukainya bisa menghapus script iklan apapun yang masih menempel. Bersihkan dari segala link bawaan yang menggangu termasuk link blog pembuat Template.

5. Loading blog Cepat dan Ringan

Banyak faktor yang mempengaruhi pagespeed blog menjadi berat mulai dari Iklan Banner sampai dengan script kode Widget tertentu. Pilih template yang terpercaya dan ringan, jika perlu anda coba terlebih dahulu sebelum membelinya. Loading blog yang bagus adalah di atas 80% jika banyak menggunakan iklan Adsense dan di atas 90% jika tidak menggunakan Iklan atau Banner.

6. Navigasi yang Jelas

Pilihlah template Blog yang memiliki navigasi yang jelas seperti menu, recent post (Postingan terbaru), Popular Post (Postingan terpopular), Widget Related Post (Artikel Terkait) dan Search Box (Kotak pencarian). Apakah tampilan beberapa jenis fasilitas di atas sudah sesuai dan menarik, jika kurang menarik jangan paksakan untuk menggunakannya jika anda tidak inggin kecewa dengan menganti template lainnya.

7. Fitur pendukung yang lengkap

Fitur pendukung pada template blogger harus tetap anda perhatikan satu persatu. Cek dan pastikan semua fitur tersebut ada seperti Sticky menu, Sticky widget/sidebar, 3-tab comment, 3-tab post navigation, Share button, Back to top button dan lain lain. Untuk melihatnya secara maksimal anda harus mengecek tampilannya baik versi Mobile dan Desktop.

8. Setialah pada Template yang sudah ditetapkan

Banyak orang suka menganti template yang sudah digunakan maka akibatnya banyak sekali mempengaruhi performa blog. Selain anda harus direpotkan dengan mengedit ulang template tersebut, juga mempengaruhi kepercayaan Google pada situs anda. Saya tidak pernah mengupdate Template mastimon.com sampai sekarang karena saya tidak inggin kehilangan visitor yang sudah datang.

Kesimpulan

Pemilihan Template Premium Blogger yang tepat akan mempengaruhi performa blog anda. Perhatikan semua fasilitas yang diberikan mulai Tampilan sampai dengan widget yang di sediakan. Tetapkan satu template untuk anda gunakan selamanya dan untuk mengubah tampilan cukup merubah warna blog. Terus pantau tampilan blog pada versi Mobile dan Desktop supaya tidak ada kesalahan yang dapat mengangu pengunjung.

Situs Tutorial Blog : mrsdzgn.com