7 Khaisat Buah Naga yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

7 Khaisat Buah Naga yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

7 Khaisat Buah Naga yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Buah naga atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan pitaya adalah buah yang memiliki ciri khas berawarna merah namun ada juga yang berwarna putih dan memliki kulit seperti sisik naga, oleh karena itu buah ini dikenal dengan nama buah naga. Tanaman buah pitaya juga akan tetap produktif selama bertahun-tahun tanpa perlu menanamnya lagi, sehingga jika anda ingin menanamnya tidak terlalu repot seperti menanam padi yang setiap selesai panen harus ditanam kembali bibitnya. Asal usul tanaman ini berasal dari negara meksiko dan mulai berkembang pesat dikawasan asia dan kemudian masuk ke Indonesia.

Pada awal masuknya ke kawasan asia buah ini malah dijadikan tanaman hias, mungkin karena bentuknya yang cukup unik. Tapi disisi lain ternyata buah naga memiliki fakta yang baik untuk kesehatan tubuh kita dan dapat mengobati beberapa penyakit. Kali ini saya akan membahas mengenai apa saja manfaat buah unik yang satu ini.

Sebelum mengetahui khasiat apa saja yang dihasilkan oleh buah naga, ada baiknya kita mengetahui kandungannya terlebih dahulu. Inilah beberapa kandungan pad buah naga:
  • Zat besi
  • Likopen
  • Serat
  • Vitamin A, B, dan C
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Asam lemak tak jenuh
  • Fitoalbumin
  • Niacin
  • Antioksidan, dan masih banyak yang lainnya
Buah Naga
Gambar : Buah Naga

Setelah mengetahui kandungan apa saja yang ada didalam buah naga. Berikutnya adalah khasiat buah naga bagi kesehatan

1. Mencegah Kanker

Buah naga mempunyai banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah kandungan likopen yang berfungsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker prostat. Lalu buah naga juga mengandung antioksidan yang cukup baik untuk melawan sel kanker.

Baca juga: Cara Menghilangkan Henna Dengan Cepat

2. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes yaitu penyakit yang berhubungan dengan gula darah yang tinggi. Dengan buah naga maka kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik, karena buah ini memiliki kandungan serat yang bisa membuat gula darah tidak melambung tinggi hingga mengakibatkan diabetes.

3. Membantu Program Diet

Manfaat selanjutnya dari buah naga adalah untuk anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Agar proses diet lebih cepat dan berjalan baik maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah naga, bisa juga sebagai pengganti makan malam. Karena buah naga rendah akan kalori sehingga membuat nafsu makan terjaga dan anda pun akan merasakan kenyang yang lebih lama.

4. Menagkal Radikal Bebas

Selain dapat membantu program diet, buah naga juga mampu menangkal radikal bebas yang akan membawa berbagai macam penyebab penyakit pada tubuh anda. Dengan bantuan antioksidan yang cukup tinggi akan membuat daya tahan tubuh lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

5. Menyehatkan Tulang & Gigi

Khasiat yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan dan menguatkan tulang serta gigi. Buah naga mempunyai kandungan fosfor dan juga kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Jika ingin memliki tulang serta gigi yang sehat maka rutinlah mengkonsumsi buah naga.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia, sehingga perlu dijaga kesehatannya. Buah pitaya bisa menjadi salah satu makanan yang bisa menyehatkan jantung. Kemudian kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat juga menjaga kesehatan hati.

7. Meredakan Penyakit Asma

Bagi kalian yang mengidap penyakit asma atau batuk dan ingin menggunakan cara alami, maka dapat memanfaatkan buah naga sebagai obatnya. Selain itu juga buah ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Itulah 7 khasiat buah naga yang luar biasa bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat

Penulis : Dengancara.Com
Buka Komentar