Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Backlink untuk BLOG dan Cara Kerjanya

Apa itu Backlink? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering diajukan kebanyakan orang yang mulai merambah dalam dunia bisnis online. Bagaimana tidak? Backlink memegang peran utama yang memiliki pengaruh yang kuat terhadap SEO. Pertanyaan lain yang kemungkinan muncul adalah apa manfaat backlink untuk blog? Bagaimana cara mendapatkan backlink yang memiliki kualitas yang bagus? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja kesalahan yang perlu dihindari seorang Blogger terkait dengan blacklink itu sendiri? Pertanyaan ini akan segera kita bahas pada article ini.


Mengapa penting sekali untuk mencari tahu dasar –dasar pengetahuan tentang Backlink? Backlink sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah link yang masuk dalam sebuah situs web atau halaman web. Anda juga bisa mengenalnya sebagai link masuk, inlink, dan inboud link. Sedangkan dalam terminologi dasar link, Backlink memiliki definisi yakni link apapun yang diterima oleh sebuah node web misalnya directori, halaman web, situs web atau domain tingkat atas oleh node web lain. Intinya secara sederhana Backlink dapat berarti sebuah tautan yang mengarah ke situs Anda.

Dari pengertiannya saja kita sudah bisa tahu bahwa Backlink memiliki banyak sekali kelebihan dan keunggulan yang ditonjolkan. Ini juga merupakan cara untuk semakin meningkatkan kualitas blog Anda, meningkatkan serp di Google serta membantu dalam menyebarluaskan article milik kita. Akibatnya traffic blog maupun backlink untuk Youtube pun semakin tinggi. Ini hanya sebagian kecil dari manfaatnya menggunakan Backlink. Tentu saja masih banyak hal lain yang tidak Anda ketahui.

Hanya saja, untuk mendapatkan semua manfaatnya, Anda harus mengerti syarat dan ketentuan Backlink yang baik, ciri –ciri Backlink berkualitas dan pastinya cara menanam Backlink atau memasang Backlink yang baik dan benar. Sebenarnya tidak akan sulit, cukup dengan menyimak panduan dan tutorial informasi singkatnya saja seperti uraian di bawah ini sudah bisa membuat Anda mengerti. Kita juga akan cari tahu istilah –istilah dalam Backlink yang jarang diketahui seperti Backlink SEO atau Backlink Free. Informasi lebih lanjut silahkan simak di bawah subjudul di bawah ini.

7 Manfaat Backlink bagi Bisnis Website Anda

1. Membangun Otoritas Website

Dengan mendapatkan link di berbagai situs yang populer maka akan sangat bagus untuk meningkat SEO disitus Anda tersebut. Selanjutnya ini juga akan membantu Anda untuk bisa membangun otoritas merek milik Anda. Dengan cara kerja yang sama juga, Google akan melihat bahwa link tersebut merupakan indikasi yang baik bagi sebuah website untuk memberikan layanan informasi yang berguna. Sedangkan untuk pihak konsumen sendiri akan merasa bahwa ini adalah indikasi yang bak untuk brand Anda yang bisa untuk diperhitungkan.

2. Sebagai lalu lintas Refferal

Manfaat yang selanjutnya adalah lalu lintas Refferal. Apa maksudnya? Yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua lalu lintas di situs web itu asalnya dari pencarian Google, Bing, Yahoo, atau menggunakan mesin pencari yang lainnya. Lalu lintas arahan dari Backlink inilah yang merupakan presentase besar dari semua lalu lintas yang tersedia. Dengan kata lain orang yang mengklik link yang terdapat dalam sebuah konten akan dibawa beralih juga ke konten terkait.

3. Sumber daya link sifatnya berjangka panjang

Salah satu sumber data besar yang akan terus diakses dan tumbuh memang cocok disandang oleh internet. Sebagai satu satunya sumber informasi terbesar, Apabila Anda mendapatkan sejumlah link yang berkualitas tinggi maka hasilnya akan membentuk directori yang terkemuka dan menjadi sumber daya yang membantu mengarahkan lalu lintas tersebut ke halaman situs web dalam jangka waktu yang panjang bahkan sampai bertahun –tahun yang akan datang.

4. Menciptakan relasi Hubungan baru

Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh dengan adanya Backlink adalah menciptakan hubungan yang baru. Anda bisa lebih mengerti dengan kondisi seperti ini pada saat seorang pembaca berkunjung ke konten dan melihat ke backlink maka kesempatan untuk mengklik akan sangat besar kemudian selanjutnya akan terjadi secara lebih lanjut tentang siapa dan apa yang disajikan pada link baru tersebut. Mereka juga kemungkinan akan terhubung dengan blog tersebut dengan cara mengikuti blog atau bahkan berlangganan. Hanya dengan link sederhana saja dapat membawa sebuah perusahaan atau konsumen meningkatkan traffic tanpa bantuan dari peringkat yang ada di Seach engine.

5. Sebagai Pengakuan terhadap merek web

Apabila seorang pembaca konten akan cepat mengidentifikasi link dalam konten, maka ketika melihat nama brand tersebut tentu saja akan membuat Anda terhubung ke seluruh konten besar. Mereka juga akan mengasosiasikan situs web Anda tersebut dengan topik tertentu dan ini juga bisa menjadi keuntungan di pihak Anda. Anda akan diterima sebagai website yang diakui untuk mendapatkan lebih banyak pembaca dan pengunjung.

6. Meningkatkan Ranking pada Website

Selanjutnya yang tidak kalah bagus manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Backlink adalah meningkatkan ranking website. Ya jadi tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan traffic loh. Dengan adanya backlink tentu saja akan memperbaiki posisi website Anda di hasil pencarian. Namun, untuk itu Google juga akan memeriksa kualitas dari Backlink. Jika backlink tersebut tidak ada satupun yang berkualitas, maka akan ada penalti yang diberikan sehingga traffik blog akan turun drastis. Ini juga mencangkup tips carilah backlink yang berkualitas.

7. Meningkatkan SEO

Jika ada yang bertanya apakah Backlink itu penting untuk SEO? Tentu saja jawabannya adalah penting. Sebab sebagaimana yang sudah kita singgung sedikit diatas, Backlink menjalankan peran utama dalam meningkatkan visibilitas dan juga mempopulerkan sebuah website. Dan pada dasarnya juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas website di mesin pencari. Backlink adalah faktor dari off page SEO. Backlink juga merupakan salah satu elemen SEO yang terpenting. Jadi dengan menggunakan Backlink tentu saja akan meningkatkan SEO Anda.

Cara Kerja Backlink secara Sederhana

Pemanfaatan Backlink harus didasarkan pada pemilihan link yang natural dan berkualitas. Natural memiliki pengertian yakni diberikan secara sukarela dan telah mendapatkan ijin dari sang pemilik website tersebut. Ini termasuk ketentuan link yang bukan hasil dari submit otomatis atau spam. Sedangkan untuk berkualitas yang dimaksudkan adalah website yang aktif dan memiliki reputasi yang baik seperti hubungan terkait di bawah ini.
  • Anda memiliki website dengan konten yang berkualitas
  • Anda melakukan pemberitahuan konten berkualitas ini kepada orang lain
  • Mereka merekomendasikan konten Anda tersebut melalui  media websitenya.

Nah, dalam skema yang Anda lihat ini maka akan terlihat bahwa pemilik website tersebut telah merekomendasikan article Anda atas kemauan dan tanpa paksaan, karena mereka merasa bahwa konten Anda memang layak untuk di rekomendasikan. Inilah nantinya yang mampu meningkat rangking di website Anda.

Bagaimana caranya mendapatkan Jasa Pasang Backlink yang berkualitas?

Anda perlu melakukan sejumlah persiapan yakni diantaranya adalah menyediakan konten berkualitas nya terlebih dahulu sebagai pondasi. Lalu cari jasa pasang backlink atau meminta kepada pemiliki website lain. Anda perlu memikirkan lebih lanjut seperti Apakah ada orang lain kira –kira yang ingin merekomendasikan article atau konten ini? Apakah article saya layak di baca dan sesuai dengan keinginan pembaca? Jika Anda sudah merasa yakin, silahkan temukan pemilik website lainnya yang memiliki topik pembahasan yang sama dengan Anda.

Yang terpenting disini Anda akan membangun hubungan yang baik antara si penyedia backlink dan Anda. Disini Anda bisa mulai menemukan kontak dan akun jejaring sosialnya, kemudian memberikan komentar yang bermutu, share article mereka dan mulai percakapan di sosial media dan bangun hubungan yang baik dengan mereka. Satu hal yang terpenting adalah menjalin hubungan dengan mereka yang lebih sukses sehingga akan turut meningkatkan pamor blog Anda. Baca : Jasa Backlink MASTIMON.

Uraian diatas merupakan informasi sesingkat singkatnya namun sudah termasuk lengkap yang mencangkup pengertian, tujuan, manfaat, kelebihan, keunggulan, kekurangan, serta cara kerja dari Backlink itu sendiri. Dengan demikian Anda sudah siap untuk membangun blog Anda menjadi lebih aktif dan kreatif. Informasi ini juga termasuk dalam Tips dan Trik supaya sukses dalam bisnis online. Jangan ragu untuk terus dapatkan informasi penting dan menarik lainnya seputar layanan –layanan yang diberikan oleh Google.

Lihat Juga : masirfun.com (Blog tentang Tutorial Blogger dan SEO)

Segera dapatkan keuntungan dari pemasangan Backlink secara Cuma –Cuma dengan memilih jasa pasang Backlink yang bagus dan berkualitas. Sekarang ini tidak sulit kok dalam mencari layanana jasa Pasang Backlink terbaik. Anda juga bisa mendapatkan berbagai penawaran khusus seperti Pasang Backlink Gratis di jasa pasang backlink terpercaya. Sekian informasi yang bisa di berikan semoga bisa bermanfaat dan turut membantu dalam menyukseskan Bisnis Anda baik melalui Backlink Youtube atau Website.