Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mastimon.Com - Manfaat madu memang sudah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang memanfaatkan madu sebagai bahan dasarnya. Sedangkan untuk produk kesehatan banyak kita jumpai di dalam campuran merek minuman terkenal untuk penambah stamina dalam tubuh.

Sejak zaman dahulu, Madu sudah digunakan untuk obat tradisional karena kandungan alami baik yang ada di dalamnya. Misalnya terdapat zat protein, karbohidrat, vitamin B2, kalsium, besi, vitamin B9, vitamin C, magnesium, fosfor, kalium, energi dan lain lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sampai sekarang pun beragam kelebihan mengonsumsi madu menjadi rahasia yang umum.

Jangan ragu untuk gunakan madu sebagai bahan kecantikan atau kesehatan Anda dirumah. Rasanya yang enak pun bisa disantap langsung maupun dicampur dengan bahan makanan lainnya. Sedangkan untuk kecantikan, tak jarang banyak juga yang menggunakannya sebagai masker. Nah, untuk lebih lengkap pembahasan seputar khasiat madu, yuk simak uraiannya di bawah ini.

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Sumber Nutrisi lengkap

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi madu adalah dari segi kandungan lengkap yang ada di dalamnya. Kita sudah singgung sedikit diawal tadi ada banyak sekali kandungan madu yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Jika Anda secara rajin mengonsumsi madu setiap hari, tentu saja bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kesehatan adalah segalanya untuk kita, lebih baik menjaga daripada mengobati bukan? Nah, untuk terhindar dari banyaknya jenis penyakit yang berbahaya, hal pertama yang perlu Anda tingkatkan adalah daya tahan tubuh atau sistem metabolisme. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda tidak akan mudah sakit.

Nah, madu memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, karena nutrisinya yang lengkap akan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Apalagi jika rutin mengonsumsinya setidaknya setiap hari satu kali, tubuh Anda bisa terasa tetap bugar dan sehat.

3. Menjaga Stamina

Stamina sangat penting untuk kita bisa beraktivitas dengan lancar. Tanpa stamina tubuh akan terasa lemas, tidak bersemangat dan kurang aktif. Oleh sebab itu, Anda butuh sesuatu untuk menjaga staminan Anda agar tetap ada dan semangat. Madu selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara otomatis juga bisa membantu Anda menjaga dan meningkatkan stamina.

4. Mencegah penyakit kanker

Sekarang ini, ada banyak sekali penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan Anda dan keluarga. Salah satunya adalah kanker. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis penyakit yang satu ini. Penyakit ini sifatnya bisa sangat ganas dan mematikan. Oleh karena itu, kita diharapkan masing masing bisa menjaga kesehatan kita dengan baik.

Madu adalah sumber antioksidan terbaik yang mampu mengurangi dan mencegah penyakit kanker apabila dikonsumsi dengan baik dan takaran yang pas. Sebagaimana yang kita tahu kanker  adalah penyakit yang membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang, maka dengan mengonsumsi madu dapat mencegah penyakit berbahaya yang satu ini.

5. Meningkatkan daya ingatan

Kalau diperhatikan sekarang bukan hanya orang tua saja yang suka lupa. Rata rata anak muda dan remaja juga sering mengalami kelupaan. Terkadang menurunnya tingkat daya ingat bukan hanya faktor usia atau umur tapi ada faktor lain dari dalam juga. Untuk itu, madu memiliki fungsi tertentu untuk meningkatkan daya ingat, khususnya ketika Anda mengonsumsinya saat pagi hari dan malam hari.

6. Membasmi bakteri dalam tubuh

Khasiat madu juga bisa dikatakan sebagai pembasmi para bakteri yang kemungkinan sedang menyerang daya tahan tubuh Anda. Bakteri inilah sebagai faktor penyebab Anda bisa sakit. Misalnya bakteri seperti Salmonella, psedomonas aeruginosa, staphylococcus aureus, metchillin-resistant dan E.Coli.

7. Mengobati luka luar dengan cepat

Selain dari hal hal diatas, madu juga layak disebut sebagai ramuan ajaib yang tepat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah luka luar yang kerap kita alami karena kecelakaan, benturan benda keras atau yang lainnya. Bagaimana caranya?

Baca Juga :

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu yang murni pada luka Anda. Lambat laun, Anda akan melihat luka Anda lama lama akan kering dan sembuh. Yang terpenting Anda hanya perlu bersabar dan madu tersebut yang akan bekerja untuk menyembuhkan.

8. Mencegah dan mengobati penyakit Gula

Penyakit gula kerap disebut dengan istilah terkenal nya adalah diabetes. Ternyata, madu mempunyai kemampuan dalam mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah Anda loh. Selain bisa mencegah, madu juga berkhasiat dalam mengobati. Memang kalau dipikir rasa madu itu manis, tapi madu tidaklah sama dengan pemanis lainnya. Sifatnya aman bahkan untuk penderita diabetes.

9. Mengurangi Batuk

Madu memiliki yang namanya senyawa dekstrometorfan yang mampu menenangkan batuk yang sifatnya menyiksa dan mengganggu aktivitas Anda. Biasanya batuk akan semakin mengganggu pada malam hari. Untuk itu, Anda bisa coba untuk mengonsumsi madu sesuai dengan takarannya hingga batuk bisa mereda dan menghilang.

10. Mencegah resiko serangan jantung

Jantung adalah salah satu organ dalam utama yang sangat penting bagi tubuh kita. Karena kinerja jantung yang baik seluruh anggota organ tubuh yang lainnya pun bisa bekerja dengan baik. Untuk menjaga jantung kita tetap sehat, kita perlu melakukan beberapa upaya.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi madu setiap hari sesuai dosis. Tentu saja perlu diimbangi lagi dengan pola hidup sehat yang lainnya seperti mengonsumsi makan yang kaya akan serat dan bergizi. Selain itu, imbangi dengan olahraga juga sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat.

11. Menjaga saluran cerna berfungsi dengan baik

Umumnya sebagian orang memiliki masalah dengan sistem pencernaan mereka. Jika hal ini yang juga terjadi pada Anda, maka madu merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menjaga fungsi cerna Anda dengan baik. Anda bisa mencoba untuk mengonsumsinya sebelum tidur di malam hari.

12. Mengatasi adanya Imsonia

Anda sering mengalami yang namanya imsonia? Ya, kalau Anda tahu imsonia adalah kondisi dimana kita sulit tidur. Untuk mengobati hal tersebut Anda tidak perlu repot repot pergi ke dokter atau mengonsumsi obat tertentu. Madu memiliki khasiat untuk menyembuhkan imsonia dan membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

13. Menurunkan berat badan

Biasanya para wanita muda sangat bertekad untuk diet ketika berat badannya sudah naik atau melebihi normal. Sebagian diantaranya juga ingin tampil cantik dengan badan yang kurus. Nah, madu bisa dijadikan bahan kecantikan khususnya untuk menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Bahan seperti vitamin, asam amino dan mineral lah yang bertugas dalam mengontrol berat badan.

14. Memelihara kondisi rambut

Selain untuk kesehatan, jika dari segi kecantikan madu berkhasiat dalam banyak hal. Salah satunya adalah menjaga kondisi rambut Anda agar nampak sehat baik dari luar maupun dari dalam. Karena rambut adalah mahkota, khususnya bagi perempuan memelihara kesehatan rambut adalah suatu keharusan. Madu bisa berperan dalam merawat rambut sehingga tidak mudah rontok.

15. Mengangkat kotoran bandel di wajah

Tidak rahasia lagi apabila menemui madu yang digunakan sebagai masker. Pada kenyataannya inilah yang dilakukan sebagai obat kecantikan yang ampuh dalam mengangkat kotoran bandel yang menempel di wajah. Membuat madu sebagai masker pun tidak sulit. Cara sederhana Anda hanya perlu mengoleskannya pada wajah dan menunggu hingga kering selama kurang lebih 30 menit.

Setelah selesai, Anda bisa membilas dan membersihkannya dengan lembut. Setelah mengelap nya Anda akan langsung merasakan betapa halusnya permukaan wajah Anda. Perawatan ini baik Anda lakukan setelah selesai beraktivitas. Khususnya ketika wajah Anda terkena paparan debu di luar ruangan. Dengan madu akan sangat membantu.

16. Mencerahkan Kulit

Selain memiliki manfaat dalam hal mengangkat kotoran di wajah, khasiat lainnya yang tidak kalah penting yang bisa Anda dapatkan adalah bisa mencerahkan kulit. Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang cerah berseri? Semua orang pasti menginginkannya.

Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa menggunakan madu dengan campuran bahan alami lainnya seperti halnya tomat. Setelah mencampur dan menghaluskan keduanya, Anda bisa langsung mengoleskannya ke bagian seluruh tubuh selama 15 menit. Setelah dirasa meresap, bersihkan dengan air bersih. Hasilnya kulit akan terasa segar dan halus.

17. Membersihkan jerawat

Biasanya kebanyakan orang selalu mengeluh akan jerawat. Ya, terutama bagi wanita jerawat bisa sangat mengganggu penampilan mereka. Bahkan setelah jerawat sembuh, jerawat masih meninggalkan bekas yang sifatnya lama hilang. Maka, madu bisa menjadi solusi yang bagus untuk Anda. Cukup dengan mengoleskannya ke area wajah Anda, tunggu hingga beberapa waktu dan bersihkan. Dengan teratur menggunakan madu akan mempercepat pembersihan bekas jerawat.

18. Memperlambat terjadinya penuaan

Seraya semakin dewasa atau semakin tua, penuaan memang tidak bisa dihindari. Tapi setidaknya dengan madu bisa memperlambat terjadinya penuaan dini. Hanya dengan satu sendok madu bisa dengan jitu menunda terjadinya proses degeneratif kulit Anda. Apabila dosisnya ditambahkan maka bisa mempertahankan keelastisan serta bisa mendapatkan kulit yang kencang.

19. Membuat kulit lebih kenyal

Setelah memanfaatkan madu sebagai bahan kecantikan Anda, salah satu khasiat yang bisa Anda dapatkan adalah tekstur kulit yang lebih kenyal. Bagaimana cara spesifik untuk mendapatkan kulit yang kenyal dengan madu? Caranya mudah, yakni hanya perlu mencampurkan takaran 3 sendok air dengan seperempat madu di gelas. Lalu oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit.

Selanjutnya, Anda bisa membersihkan wajah Anda dengan air bersih Lalu lap menggunakan handuk yang halus dan bersih juga. Maka, Hasilnya kulit akan terasa lebih kenyal dan halus apabila dibandingkan dengan sebelum menggunakan madu.

20. Mengatasi bibir yang pecah dan kering

Cuaca yang panas cenderung membuat bibir kita bisa kering dan pecah pecah. Apalagi kalau Anda sendiri kurang mengonsumsi air putih secara cukup. Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mencoba untuk menggunakan madu. Pasalnya, madu memiliki kemampuan untuk melembabkan bibir serta mengobati kondisi bibir yang pecah pecah atau kering. Caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskannya pada bibir seperti halnya menggunakan lipbalm.

Baca Juga : BlogMangWahyu | Blog informasi Kesehatan

Uraian diatas adalah deretan manfaatnya kalau Anda memilih madu sebagai rahasia kecantikan Anda baik untuk meremajakan kulit, mencerahkan, menghilangkan flek hitam dan lain lain. Dan untuk kesehatan, sangat cocok untuk menemani pekan Anda dengan makanan yang sehat dan kaya akan vitamin bukan?

Memanfaatkan bahan alami tentunya akan jauh lebih aman dibandingkan menggunakan produk kimia yang belum dipastikan sepenuhnya baik untuk kesehatan. Bahan alami lainnya yang mungkin bisa Anda padukan adalah jeruk nipis, lemon, lidah buaya, kayu manis, putih telur dan lain sebagainya. Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga bermanfaat!