10 Novel Fiksi Indonesia Terbaik dan Terbaru 2020

Mastimon.Com - Membaca novel merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang bagi orang yang suka membaca. Novel sendiri ada banyak macamnya. Mulai dari novel dengan genre berbeda yakni romantis, humor, horor, misteri, petualangan dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, novel fiksi inilah yang menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Para sastrawan hebat asal Indonesia telah banyak menorehkan hasil karya yang membanggakan berupa novel novel terbaiknya. Beberapa diantaranya bahkan dinobatkan sebagai novel terbaik sepanjang masa. Sayang sekali dilewatkan bagi Anda yang memiliki kesukaan membaca novel fiksi. Alur cerita yang seru dan menyenangkan akan tambah istimewa dengan cerita yang bisa menginspirasi.

Jika Anda ingin mencari referensi bacaan novel bagus, maka jangan lewatkan judul judul novel dibawah ini. Meskipun ada banyak novel terbaru yang muncul, deretan novel ini tetap dikatakan best seller dan tidak pernah sepi peminat. Sebagai berikut adalah rekomendasi novel terbaik Indonesia untuk Anda.

Novel Fiksi Indonesia Terbaik
https://www.mastimon.com/2019/01/5-cerpen-tentang-persahabatan-dan-cinta.html

1. Bumi Manusia

Novel fiksi pertama yang masuk dalam jajaran novel terbaik dari Indonesia adalah bumi manusia. Bumi manusia sendiri adalah buku pertama karya tangan tokoh terkemuka yakni Pramoedya Ananta Noer. Novel ini merupakan novel dengan genre sejarah dan mengambil latar belakang di Blora pada akhir abad ke 19. Alur ceritanya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para pembaca.

Kalau Anda membaca sinopsisnya, ini dimulai dari tokoh utama bernama Minke. Ia adalah seorang pelajar dengan sikap yang berani dan gigih dalam mengejar impiannya. Pada waktu itu ia bersekolah di H.B.S kota Surabaya. Ia berada di lingkungan orang Eropa yang sering mengejeknya karena ia merupakan orang pribumi. Mulai terbawa budaya Eropa, membuatnya ingin mencari jati dirinya.

2. Laskar Pelangi

Judul novel yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga, sebab ini adalah salah satu hasil karya anak Indonesia yang sukses besar dalam dunia novel dan film layar lebar. Novel laskar pelangi diambil berlatarbelakang di Belitung tepatnya di dekat pinggiran pantai. Ada banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari alur ceritanya yang sudah disusun begitu menarik.

Sekilas sinopsisnya adalah menceritakan tentang sebelas anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah Belitung. Mereka adalah anak serba kekurangan, namun semangat untuk meraih hidup yang lebih baik lagi terus berkobar dalam diri mereka. Meskipun hidup mereka susah, motivasi dalam diri mereka sangat besar untuk terus bersekolah meski sekolah mereka hampir ditutup karena kekurangan jumlah murid.

3. 5 CM

Buku Novel terlaris berikutnya adalah 5 CM. Selama dua tahun berturut turut, buku ini masuk dalam daftar novel Indonesia yang wajib untuk di baca. Buku ini adalah hasil karya dari tokoh terkenal bernama Donny Dhirgantoro yang menceritakan tentang kehidupan antara lima sahabat selama tujuh tahun.  Sampai pada akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan keyakinan akan cita cita, mimpi dan cinta.

4. Negeri 5 Menara

Nah, berbeda dengan novel yang lainnya, novel 5 menara merupakan novel yang terinspirasi dari kisah nyata. Buku hasil karya Ahmad Fuadi ini adalah buku pertama dari trilogi negeri 5 menara yang menceritakan tentang enam orang santri yang berasal dari berbagai daerah yang berbeda satu sama lain.

Mereka menuntut ilmu di Pondok Madani, Jawa Timur. Mereka sama sama memiliki sifat pantang menyerah dan berfikir positif yakni jangan pernah untuk meremehkan apapun impian mereka. Mereka percaya bahwa Tuhan selalu mendengar mereka untuk bisa menggapai jendela dunia. Di dalam novel ini Anda akan banyak menemukan makna kehidupan untuk mencapai impian mereka masing masing.

5. Sang Pemimpi

Novel hasil karya Andrea Hirata dengan judul Sang Pemimpi adalah tetralogi kedua dari novel laskar pelangi. Melalui buku ini, sang penulis ingin memperlihatkan kepada pembaca apa sih artinya perjuangan dalam hidup. Ia juga ingin meyakinkan kita akan kekuatan mimpi, tenaga cinta dan adanya pengorbanan. Jika kita ingin meraih apa yang kita impikan itulah kuncinya.

Baca Juga :

Melalui persahabatan Ikal dan Arai yang mempunyai mimpi untuk bisa menuntut ilmu di Negara Paris ini bisa memberikan kita inspirasi atau motivasi. Novel ini menjadi novel terbaik dan terkenal karena sarat akan makna kehidupan yang wajib untuk dibaca.

6. Saman

Novel Saman ditulis oleh seorang sastrawan novel bernama Ayu Utami. Dari ceritanya sendiri mengambil kisah dari seorang tokoh utama yang bernama Wisanggeni. Namun, ia lebih kerap dengan sebutan Wis. Sekilas ceritanya adalah ketika Wis mengikuti ayahnya untuk pindah ke Prabumulih. Sebelumnya ia tinggal di kota Yogyakarta.

Setelah mendapatkan gelar sarjana di Universitas ternama yakni Institut Pertanian Bogor, ia berprofesi sebagai seorang pastor. Julukan nama lainnya kala itu adalah Romo Wis. Di tempat barunya ia mengalami banyak sekali perubahan. Apalagi ketika ia mencoba untuk membantu seorang gadis cacat, berbagai cobaan terus menimpanya. Sampai pada akhirnya ia merubah namanya menjadi Saman dan pindah ke kota New York.

7. Ronggeng Dukuh Paruk

Novel dengan budaya yang kental adalah Ronggeng Dukuh Paruk karya Akhmad Tohari. Novel ini menjadi populer karena ceritanya yang begitu apik dan banyak diminati. Latar belakang ceritanya adalah diambil di sebuah desa miskin dan letaknya terpencil bernama Dukuh Paruk. Meskipun demikian, warisan kesenian ronggeng adalah kebanggan mereka.

Namun, suatu ketika terjadi musibah yang tidak terduga. Pada saat itu belasan penduduk meninggal akibat keracunan tempe bongkrek, hingga  membuat masyarakat tidak lagi bergairah. Semangat hidup mereka pada akhirnya bisa bangkit karena seorang gadis muda yang memperlihatkan bakatnya dalam menari ronggeng. Namanya adalah Srintil. Ceritanya sangat seru dengan alur yang membuat penasaran.

8. Anak Semua Bangsa

Novel berikutnya adalah dengan judul Anak Semua Bangsa karya Pramoedya Ananta Toer. Buku ini adalah novel lanjutan dari novel sebelumnya yakni bumi manusia. Masih menceritakan tentang Minke sebagai tokoh utamanya pada era tahun 1898 -1918 semasa penjajahan negara Hindia Belanda. Pada masa inilah Indonesia mengalami penderitaan yang hebat akibat ditindas dan diteror.

Para penjajah merampas kemerdekaan, harta benda, tanah serta anak dan istri mereka. Anak semua bangsa adalah masa dimana Minke melakukan observasi untuk mencari kekuatan lapangan dibawah tekanan arus bawah pribumi yang lemah dan tidak berdaya saat harus melawan kekuatan dan kekuasaan dari bangsa Eropa.

9. Cantik itu Luka

Salah satu novel hasil karya Eka Kurniawan adalah Cantik itu Luka. Buku ini masuk dalam daftar 100 buku novel terbaik dalam New York Times. Buku ini sendiri bercerita tentang adanya penjajahan, perlawanan dan seksualitas. Peran utama dalam novel ini bernama Dewi Ayu yang sejak balita dipaksa menjadi seorang pelacur.

Karena tidak ada pilihan lain, ia pun bekerja secara totalitas hingga pada akhirnya ia menjadi seorang pelacur yang tersohor. Sampai akhirnya ia memiliki 3 orang anak perempuan yang cantik semua, ketika mengandung anak nya yang keempat yang berharap agar anak itu lahir dengan kondisi buruk rupa saja. Ketika hal itu benar benar terjadi, Dewi ayu menamai dia dengan si Cantik. Dengan membacanya Anda akan menemui alur yang tidak mudah untuk ditebak.

10. Laut Bercerita

Novel yang menjadi sorotan kali ini adalah novel dengan judul “Laut bercerita”. Sang penulis yakni Leila. S Chudori mengajak para pembaca untuk menyelami masalah kasus penghilangan orang dengan paksa. Novel yang terbagi menjadi dua bagian ini sudah diadaptasi menjadi film pendek yang hanya berdurasi 30 menit saja yang dibintangi aktor dan aktris terkenal seperti Reza Rahardian, Dian Sastrowardoyo dan Ayushita.

Pada bagian pertama adalah Anda akan menemui sudut pandang dari seorang mahasiswa aktivis. Namanya adalah Laut. Ia disini menceritakan Laut dan teman temannya membuat rencana untuk berpindah dan melakukan pelarian hingga pada akhirnya tertangkap oleh sebuah pasukan rahasia.

Sedangkan untuk bagian kedua, Anda akan mendapati kisah asmara seorang tokoh bernama Jati. Ia adalah adik kandung dari si Laut tadi. Disini Anda juga bisa melihat bagaimana keluarga mereka menghadapi yang namanya penghilangan paksa. Ceritanya kian menarik dan seru dengan alur cerita yang menegangkan.

Lihat Juga : Novelfiksi.com | Inspirasi dari Buku

Inilah daftar nama nama novel paling populer yang bisa menjadi referensi dan pilihan Anda untuk mengisi waktu luang dengan membaca novel. Ada banyak pilihan bukan? Anda bisa memilih berdasarkan latar adegan, alur cerita, tokohnya, atau akhir ceritanya.

Beberapa novel diatas juga telah sukses di dunia film layar lebar, mungkin Anda bisa melihat beberapa diantaranya sudah tidak asing lagi. Beberapa aplikasi baca novel terbaik yang bisa bantu Anda menemukan referensi lainnya adalah Wattpad, Kobo Books, Aldiko Book Reader, NovelPlus dan lain lain. Selamat membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel