Kumpulan Nama Makanan Indonesia dan asalnya yang belum banyak diketahui

Mastimon.Com - Indonesia menyimpan banyak sekali kekayaan kuliner yang unik. Mulai dari makanan tradisional sampai dengan modern. Selain itu di berbagai daerah yang tersebar di Indonesia terdapat ciri khas masakan yang berbeda beda, inilah yang membedakan daerah satu dengan yang lainnya. Sayangnya, ada banyak nama makanan dan asalnya yang belum diketahui bahkan oleh orang Indonesia itu sendiri.

Mungkin beberapa diantara orang orang tersebut tahu nama makanannya tapi tidak tahu asalnya dari mana. Yang lain lagi mungkin tidak tahu sama sekali. Padahal, kebanyakan dari jenis masakan di Indonesia memiliki cita rasa yang lezat namun unik. Misalnya unik dari segi namanya, sejarah yang melatarbelakanginya, hanya ada didaerah tertentu atau jarang ditemui dan masih banyak lagi.

Indonesia juga kaya akan keberagaman mengolah makanan. Mulai dari yang digoreng, dikukus, dibakar, dipanggang sampai bahan campuran. Ini juga yang membuat aneka wisata kuliner indonesia sangat banyak macamnya. Maka, tidak lengkap kalau Anda sebagai orang Indonesia belum mengetahui makanan khas Indonesia dan keunikannya yang belum banyak diketahui dibawah ini. Yuk simak.

Kumpulan nama makanan Indonesia dan asalnya yang belum banyak diketahui

1. Kue Pancong

Makanan pertama kita ambil dari jenis kue tradisional. Pernah mendengar atau menikmati kue pancong sebelumnya? Kue pancong ini adalah kue yang sudah ada sejak jaman dulu. Tapi, sampai sekarang kue ini masih ada dan sebenarnya cita rasanya banyak di sukai.

Rasanya yang enak semakin menarik dengan bentuknya yang unik yakni setengah lingkaran. Bahan utamanya pun sangat sederhana yakni tepung besar, santan, kelapa dan garam loh. Kue Pancong ini disebut juga dengan nama Kue Gandos atau Kue Rangin yang merupakan khas jajanan dari pulau jawa.

Dibeberapa daerah makanan ini cukup terkenal dengan sebutan yang berbeda beda. Misalnya orang bandung menyebutnya dengan istilah Kue Bandros, orang Bali menyebutnya Kue Daluman dan orang Bojonegoro memberi nama dengan nama Tratak. Unik sekali bukan?

2. Papeda atau Bubur Sagu

Papeda atau bubur sagu adalah makanan khas dari daerah Maluku, Sulawesi Selatan dengan nama lain kapurung. Di beberapa daerah mungkin papeda sudah banyak dikenal, namun beberapa daerah lain kebanyakan orang tidak mengenalnya sama sekali. Papeda ini memiliki cita rasa dan penyajian yang unik.

Papeda disajikan dengan cara disiram dengan air panas hingga mengembang. Sedangkan untuk lauk pendampingnya adalah ikan tongkol atau mubara yang sebelumnya sudah dibumbui dengan kunyit. Ditambah lagi dengan ikan kuah pedas dan sayuran yang terbuat dari campuran daun pepaya, singkong dan ubi jalar. Papeda atau Kapurung paling enak apabila di nikmati masih dalam kondisi panas.

3. Batok Tawon

Sekilas dari namanya mungkin Anda sudah penasaran ya dengan tampilan makanan ini. Tapi, tidak dengan orang orang yang sudah mengenalnya. Belum banyak orang yang mengetahui makanan ini. Penyebutannya nya yang sedikit aneh mungkin masih terasa asing di telinga. Batok Tawon sendiri adalah khas makanan yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga :

Sekilas dari tampilannya makanan ini akan terlihat seperti lubang lubang sarang tawon dengan telur telur hitam yang berada di dalamnya. Ini adalah lebah muda atau larva yang masih berada di sarang. Unik sekali bukan? Tidak hanya unik, makanan ini juga sehat dan nikmat. Namun, untuk menemui makanan ini akan sulit karena bahan utamanya sarang lebah semakin jarang ditemui.

4. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat adalah jenis makanan yang berasal dari kota Cirebon. Camilan lezat yang satu ini hanya memiliki bahan dasar dari tepung tapioka loh. Rasanya yang gurih dan garing memang cocok untuk dijadikan camilan maupun sebagai teman untuk disantap dengan nasi. Kerupuk Melarat masuk dalam daftar makanan yang sangat khas dari Indonesia. Namun, namanya belum banyak dikenal oleh orang indonesia itu sendiri.

5. Tahu Gimbal
https://www.mastimon.com/2018/09/kumpulan-masakan-khas-indonesia-yang.html

Tahu Gimbal adalah kuliner berikutnya yang wajib diketahui oleh orang Indonesia. Makanan ini adalah khas kuliner dari kota Semarang. Terbuat dari campuran tahu goreng, tauge, kol yang dirajang, telur dan lontong serta penyajiannya dengan siraman bumbu kacang yang encer adalah ciri khasnya yang tidak terdapat di jenis makanan lainnya. Selain itu makanan ini tambah istimewa dengan tambahan petis udang loh.

6. Nasi Kucing

Makanan yang cukup populer di daerahnya yakni nasi kucing memang tidak bisa dilewatkan ketika Anda berkunjung ke kota Yogyakarta. Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di warung angkringan yang tersebar di daerah yang disebut kota pelajar ini. Di daerah lainnya, banyak orang tidak mengetahuinya sebagai makanan khas dari Indonesia. Padahal makanan yang terdiri dari macam lauk pauk yang di sate ini bisa menjadi pilihan kuliner yang lezat.

Mungkin Anda bertanya, kenapa dinamakan dengan nasi kucing? Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kucing atau bukan karena ada campuran daging kucing. Melainkan dilihat dari segi porsi nasinya yang sangat minim atau sedikit seperti makanan kucing. Inilah sebabnya dinamakan nasi kucing. Ditambah lagi karena cara penyajiannya adalah dengan di bungkus daun pisang atau kertas nasi sebagai ciri khasnya.

7. Nasi Kentut
https://www.mastimon.com/2019/01/5-makanan-enak-dan-murah-di-samarinda.html

Nah, makanan berikutnya adalah berasal dari Medan. Mendengar namanya mungkin akan membuat Anda sekilas tidak berselera makan. Tapi masakan yang satu ini termasuk dalam kuliner khas Indonesia yang recommended di santap. Meskipun tidak familiar, setidaknya cita rasanya tidak kalah dengan jenis nasi populer lainnya.

Nasi ini disantap dengan berbagai macam jenis lauk pauk yakni ayam goreng, ikan pepes, tempe dan tahu goreng lengkap dengan sambal yang membuatnya semakin membuat ketagihan. Sekilas mungkin hampir mirip dengan nasi kucing sebelumnya.

Tapi nasi jenis ini tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan dari daun kentut. Daun kentut bukanlah daun dengan bau yang tidak sedap melainkan sebaliknya daun tersebut justru memberikan aroma yang nikmat dan sangat baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan.

8. Kue Dollar

Kue Dollar biasanya dijadikan oleh oleh ketika mengunjungi kota Surabaya. Karena merupakan kue asal Surabaya, makanan ini kemungkinan hanya bisa di dapat di Kota tersebut saja. Pada mulanya, Kue dollar hanya memiliki rasa yang renyah dan gurih saja, tapi variasi nya mulai banyak seiring waktu berlalu. Sekarang Anda dapat menemui rasa dari wijen, keju dan jahe.

Kue Dollar memiliki bahan dasar dari Tepung Terigu, telur dan air yang dibentuk dengan cetakan besi atau alumunium. Bentuknya pipih dan mirip dengan uang koin Indonesia pada jaman dulu. Mungkin oleh sebab itu namanya adalah Kue Dollar.

9. Ampiang Dadiah

Jenis makanan selanjutnya adalah Ampiang Dadiah. Pernah mendengar nama kuliner ini sebelumnya? Ini adalah salah satu khas masakan dari Sumatra Barat. Namun, banyak orang belum mengetahui atau belum pernah menyantapnya. Ampiang Dadiah adalah masakan hasil kombinasi emping yang terbuat dari beras ketan dan dadiah. Sekilas akan mirip seperti yoghurt tetapi olahannya secara tradisional dengan khas minangkabau.

10. Kue Ketawa

Mengapa disebut sebagai kue ketawa? Mungkin Anda akan bertanya seperti itu ya. Apakah orang yang memakannya akan ketawa karena rasa atau tampilannya? Sebenarnya tidak demikian. Kue ini memiliki bentuk yang bulat dan terdapat belahan pada permukaannya sehingga sepintas akan terlihat sepert sebuah senyuman atau ketawa. Mungkin dari sinilah kue ini diberi nama dengan kue ketawa.

Banyak orang masih menebak nebak dari mana asalnya kue ketawa. Sebenarnya kue ketawa adalah kue khas orang Sumatra. Kue yang satu ini mungkin bisa ditemui di beberapa daerah lainnya. Hanya saja mungkin nama dan penyebutannya berbeda. Misalnya ada yang menyebut kue ketawa dengan sebutan lain yakni Onde onde ketawa.

Lihat Juga : kodokbancet.com | Blog Informasi seputar Kuliner

Inilah deretan nama nama makanan yang mungkin masih asing ditelinga Anda. Tapi jangan salah olahan masakan tersebut adalah yang terbaik dari daerah nya masing masing. Meskipun kurang terkenal dan cenderung memiliki nama yang aneh, tapi soal rasanya memang tidak bisa diragukan lagi.

Informasi ini cocok bagi Anda yang suka wisata kuliner atau untuk lebih mengenal khas kuliner asal Indonesia. Dari sini kita bisa tahu bahwa makanan asal Indonesia tidak kalah menarik dan kekinian dengan masakan luar negeri. Mari kita cintai dan bangga akan kekayaan olahan kuliner di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel