10 Fitur Facebook dan Fungsinya yang yang WAJIB anda Ketahui

Mastimon.Com - Facebook merupakan salah satu jenis sosial media yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Fungsinya yang beraneka ragam mulai dari berbagi foto, video, lokasi, kegiatan dan lain lain membuatnya semakin menarik. Apalagi setiap tahunnya, facebook selalu melakukan pembaharuan baik dari segi fitur dan fungsinya yang wajib diketahui oleh penggunanya.

Tampilan facebook modern pun kini berbeda dengan yang dulu dimana ada lebih banyak fitur dan fasilitas yang mumpuni. Facebook dengan berbagai versi pun banyak digunakan. Ada yang lebih menyukai facebook versi lama, yang lain lagi menyukai tampilan facebook lite. Hal ini tergantung dari kenyamanan si pengguna.

Padahal facebook sendiri terus melakukan pembaharuan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu contoh fiturnya adalah story. Layaknya seperti instagram, facebook juga sekarang bisa membagikan story dalam kurun waktu 24 jam loh. Fitur apalagi yang tersedia? Untuk mengetahui selengkapnya termasuk trik rahasia menggunakan FB Anda bisa langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Fitur Facebook dan Fungsinya yang yang WAJIB anda Ketahui

1. Melakukan Siaran Langsung

Tidak hanya instagram yang memiliki fitur siaran langsung dan story. Facebook kini sudah dilengkapi dengan fasilitas ini untuk Anda pengguna setia facebook. Dalam fitur yang satu ini Anda dimungkinkan untuk membagikan moment yang sedang berlangsung baik Anda sendiri atau bersama sama dengan teman. 

Selain itu siaran langsung sudah tersedia dengan kolom partisipasi dan kolom komentar bagi para penonton yang ingin berinteraksi dengan Anda. Fitur ini sendiri secara spesifik dinamakan “Facebook Live”.

2. Mencari Topik dengan Tagar

Layaknya seperti twitter dengan tagar, facebook juga tidak kalah canggih dengan menggunakan tagar untuk mencari sebuah topik informasi. Hanya saja bedanya di FB, tidak ada yang namanya trending topik karena terhalang dengan privasi pihak yang memosting. Apabila akunnya adalah publik barulah postingan yang bertagar tersebut bisa dilihat oleh siapapun.

3. Mengunggah foto dan album sekaligus

Facebook dikenal sebagai salah satu platform sosial media pertama yang bisa berfungsi sebagai album atau buku foto versi online. Bagaimana tidak? Di facebook, Anda akan dengan mudah sekali menambahkan banyak foto dalam sebuah judul album sekaligus. Tidak perlu waktu lama dan cara yang ribet, Anda bisa menyimpan semua foto di facebook.

Tidak hanya dalam segi Foto, facebook juga memungkinkan Anda memposting beberapa video sekaligus. Semakin canggih karena video yangdiunggah tidak dibatasi dengan durasi maupun ukurannya loh. Hanya saja mengunggah beberapa video sekaligus tidak bisa dijadikan seperti album foto.

4. Meninggalkan Komentar dengan Reaksi

Kalau dulu, di facebook Anda hanya bisa menyukai atau ngelikesuatu postingan. Tetapi sekarang akan lebih menyenangkan karena like Anda bisa disertai dengan ekspresi. Setidaknya ada enam pilihan reaksi yang bisa Anda pilih ketika menyukai sebuah postingan. Diantaranya adalah suka, haha, sedih, marah serta hati. Begitu pula sebaliknya postingan yang Anda unggah pun bisa mendapatkan reaksi dari teman facebook.

5. Mengirim File

Facebook Messenger yang tersedia dalam versi facebook yang baru bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berkirim file layaknya email loh. Dalam hal ini sang pengguna tidak hanya bertukar pesan teks maupun stiker saja, melainkan mengirimkan data yang lebih besar kepada pengguna facebook messenger yang lainnya.

Baca Juga :

Bagaimana cara memanfaatkan fitur ini? Sangat mudah sekali, pertama bukalah kolom obrolan dengan orang yang ingin Anda kirimin file atau data. Setelah itu klik icon dengan gambar roda gigi yang berada di sebelah kanan pada jendela obrolan. Selanjutnya Anda akan menemukan tulisan “Add File”, klik, pilih file, pilih, kirim dan selesai. Cukup dengan hal sederhana itu saja pemindahan data akan terasa mudah dan cepat.

6. Mendownload semua status, video dan foto

Semua postingan yang Anda unggah baik berupa foto, video dan status  bisa Anda download kembali sebagai salinan loh. Semua hal yang ada dalam akun pribadi Anda bisa disalin sampai pesan hingga percakapan Anda dengan orang lain. Bagaimana caranya?

Caranya, Anda hanya perlu masuk ke menu “Setting” selanjutnya pilih “General” dan lihat di bagian paling bawah dari halaman. Disitu Anda akan menemukan tulisan dengan opsi “Download a copy of your facebook data.”Dengan memilih opsi itu dan ikuti perintah selanjutnya, proses menyalin akan segera dilakukan.

7. Ubah Foto Profil menjadi GIF

Biasanya akan tiba masanya Anda bosan dengan tampilan Foto profil yang begitu begitu saja. Nah, tahukah Anda? Sekarang facebook sudah bisa mengubah foto profil Anda dalam bentuk GIF loh. Bagaimana bisa? Anda cukup mengikuti langkah langkah nya sebagai berikut :

Pada aplikasi facebook mobile, Anda perlu menekan “take a new profile video” pada halaman untuk bisa mengubah foto profil. Ketika itu juga facebook akan menampilkan kamera secara langsung untuk Anda mengambil foto dan mengubahnya menjadi format GIF.

8. Memilih Profil dan Page yang ingin diprioritaskan

Umumnya kalau Anda sudah memiliki banyak teman di Facebook, pasti ada saja postingan yang terlewatkan atau luput dari perhatian. Padahal bisa jadi postingan atau updatean dari orang tersebut termasuk penting untuk Anda. Fitur terbaru dari facebook mampu memprioritaskan postingan siapa saja yang ingin Anda utamakan loh.

Anda cukup memilih opsi “News Feed Preferences” dan beri bintang untuk profil atau halaman yang ingin Anda utamakan untuk muncul updateannya. Apabila sudah selesai, maka postingan mereka akan muncul di halaman atas linimasa Anda.

9. Melihat dimasa saja Anda pernah masuk atau Log in

Pernah khawatir, kalau kalau ada pihak lainnya yang membuka facebook Anda tanpa Anda ketahui? Tenang saja, dalam fitur terbaru facebook, Anda sudah bisa melihat riwayat sumber mana saja Anda pernah masuk. Dengan demikian, Anda bisa melihat apakah proses log in hanya Anda yang melakukan atau sumber lain yang Anda tidak ketahui.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk dalam opsi “Settings”, Kemudian “Account settings” dan opsi “security”. Pada halaman tersebut Anda akan menemukan tulisan “where you're logged in.” Dengan memilihnya Anda akan melihat daftar tempat yang pernah Anda masuki untuk log in.

10. Mengajari teman Anda untuk Mengeja Nama Anda dengan benar

Biasanya fitur yang satu ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki ejaan nama yang sulit. Di bagian pengaturan profil Anda bisa langsung memilih opsi dan pilihan “detail you” yang berada di bawah pilihan “about”.

Pada fitur tersebut akan tersedia beberapa prediksi untuk ejaan nama Anda yang benar. Selanjutnya Anda tinggal mencentang dan menyimpan pengaturan tersebut. Teman Anda yang berkunjung ke profil akan bisa mendengar bagaimana nama Anda dieja dengan tepat.

Baca Juga : 2 Cara Mengcopy Paste Status Di Facebook Atau FB Lite

Inilah informasi terkait fitur terbaru dari facebook atau yang biasa disingkat FB ini. Fungsinya yang beragam mulai dari kualitas gambar dan video yang semakin bagus akan membuat aktivitas berjejaring sosial lebih menyenangkan dan seru. Anda juga tidak akan bosan dengan Facebook karena fiturnya yang itu itu saja.

Kelebihan yang terus ditonjolkan dengan meminimalkan kekurangannya, diharapkan facebook bisa memuaskan para penggunanya. Sosial media lain yang terus melakukan hal pembaharuan canggih serupa adalah instagram, Twitter, Whatsapp, Path dan lain lain. Semoga rangkaian informasi ini tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel