Tutorial Facebook Ads lengkap daftar dan cara menggunakannya

Ingin bisnis Anda sukses? Ketahuilah tutorial facebook ads lengkap dari A hingga Z. ini akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Kita sendiri tahu, di era digital ini memang segalanya serba canggih hingga dalam urusan bisnis memang bisa diserahkan dengan bantuan digital sebagai media promosi. Ada banyak manfaat memang menggunakan platform digital untuk bisnis kita.

FB Ads

Facebook ads adalah platform ataupun media promosi yang disediakan langsung oleh facebook dan ditujukan bagi orang-orang yang sedang ingin memperkenalkan bisnisnya ke dunia luar. Untuk tutorial facebook ads juga mudah dipelajari, jadi tidak perlu kemampuan khusus untuk membuat iklan di facebook.

Dengan mempelajari tutorial facebook ads lengkap, Anda pun bisa memanfaatkan facebook dengan baik. Jangan hanya digunakan sebagai tempat untuk curhat atau menyebarkan kebencian, manfaatkan sebaik mungkin dengan iklan facebook ini dan ubahlah bisnis Anda menjadi lebih besar dengan adanya facebook ads.

Nah, bagi yang penasaran dengan bagaimana cara membuat iklan di facebook, berikut adalah langkah-langkahnya.

Tutorial Facebook Ads Tahap Awal

Iklan di facebook biasanya yang melakukan adalah sebuah fanpagge bisnis yang sengaja diciptakan. Jadi, sebelum Anda melakukan tutorial facebook ads lengkap, ada baiknya untuk membuat fanpage bisnis Anda terlebih dulu. Barulah setelah fanpage bisnis Anda jadi, langsung diiklankan dengan langkah-langkah berikut :

1. Langkah pertama adalah membuka fanpage Anda, jika sudah buatlah status yang akan diiklankan. Buatlah status sebaik mungkmin untuk menarik perhatian pengguna facebook yang lain. Bila perlu tambahkan gambar dan video sebagai pendukung iklan. Jika sudah, klik publish.

2. Sebelum melakukan pengiklanan untuk facebook ads, Anda harus mempunyai akun bisnis manajer terlebih dulu untuk mengisi saldo pembayarannya. Jika sudah, silahkan kunjungi bagian business manager yang bentuknya 3 garis dan biasanya berada di pojok kiri atas.

3. Setelah ikon 3 garis tersebut diklik, maka akan muncul berbagai fitur yang dibutuhkan Anda untuk beriklan di facebook. Untuk mengisi tagihan agar iklan Anda bisa dimuat, Anda harus klik “Business Settings”.

4. Tutorial facebook ads lengkap selanjutnya adalah saat di Business Settings terdapat beberapa fitur yang ada, tapi karena Anda bermaksud untuk melakukan pembayaran, maka klik “Payment”. Setelah itu, klik “Add Payment Method” untuk pilihan Anda mau membayar dengan metode atau cara apa.

5. Nah di metode pembayaran terdapat beberapa istilah yang terpampang di sana, berikut adalah penjelasan yang ada di istilah tersebut :
  • Billing Country : yaitu menjelaskan Anda tinggal di Negara mana, karena orang Indonesia, maka klik Indonesia.
  • Currency : mata uang yang digunakan di negara tersebut, Anda klik “Rupiah”
  • Card Number adalah nomor kartu yang Anda pakai untuk metode pembayarannya.
  • Expiration atau tanggal berlakunya kartu. Terdapat simbol MM dan YY yang harus Anda isi.
  • Security Code yang mengharuskan Anda memasukkan 3 digit kode yang hanya Anda yang tahu untuk kartu kredit yang Anda pakai sebagai metode pembayarannya.

6. Anda bisa memilih metode pembayaran berbagai macam, boleh paypal, kartu kredit dan lain sebagainya. Jika sudah klik “Select a Payment method” setelah pilih klik “Continue”

Baca Juga :

Ketika proses pembayarannya sudah selesai, tahap yang selanjutnya Anda lakukan adalah membuat iklan yang akan dinaikkan oleh facebook.

Tutorial Facebook Ads Tahap Kedua

Setelah saldo pembayarannya selesai diisi, Anda sudah cukup tenang untuk bisa membuat iklan dan dinaikkan oleh facebook. Caranya pun cukup mudah dan Anda. Simak terus tutorial facebook ads lengkap untuk tahap kedua sebagai berikut :

1. Bukalah menu bisnis manajer yang terdapat 3 garis yang ada di pojok kiri atas, setelah tampilannya terbuka maka Anda pilih fitur “power editor”.

2. Setelah power editor telah diklik, maka Anda bisa membuat iklan dengan mengeklik “Create Campaign”, maka muncullah beberapa istilah dari tampilan selanjutnya. Istila tersebut memiliki maksud seperti berikut :
  • Campaign name adalah nama iklan yang dibuat oleh Anda. Buatlah nama iklan yang bagus dan menarik. Untuk menarik perhatian banyak orang.
  • Campign objective adalah iklan yang memiliki jenis objective di sana. Untuk Anda pilih saja “Post Engagement”.
  • Adset name bertujuan untuk menunjukkan target iklan yang akan keluar nanti. Misalnya saja iklan fashion, maka akan muncul nama “Adset-Fashion”
  • Ad name adalah nama iklan yang akan dinaikkan oleh Anda.

3. Tutorial facebook ads lengkap selanjutnya adalah isilah semua kolom yang ada pada “creat campaign” dengan baik dan benar. Jangan asal-asalan dalam mengisinya. Setelah itu, klik “Save to draft”.

4. Agar iklan dipublish, Anda bisa klik “editing Ad set” nantinya Anda akan mengatur daily budget yang mengatur tarif iklan per harinya, ada juga schedule start di mana iklan iklan itu dimulai serta schedule end di mana iklan itu harus diakhiri.

5. Masih pada kolom editing ad set, Anda harus scroll ke bawa untuk mengisi location, age, gender, dan detailed targeting.

6. Masih pada editing ad set, Anda juga harus melakukan placement, di mana pilihannya ada 2 yaitu automatic placements di mana iklan akan ditayangkan baik di Instagram dan facebook secara bersamaan. Sementara untuk edit placements di mana Anda bisa memilih penempatan iklan mau di Facebook saja tanpa Instagram.

7. Selanjutnya masuk ke menu ads dan klik tanda centang pada Ads, dan Anda bisa klik edit dan melakukan pengeditan. Setelah selesai, klik “Review Draft Items”.

8. Setelah yakin iklan Anda sudah selesai, klik confirm dan tunggu iklan tersebut dari pending review menjadi active.

9. Sekarang iklan Anda sudah aktif dan pada bagian judul iklan yang Anda miliki akan terdapat status “sponsored”. Selamat mencoba, ya!

Manfaat Menggunakan Facebook Ads

Tak ada salahnya untuk kita mengetahui dan belajar tentang tutorial facebook ads lengkap. Karena manfaat yang Anda dapatkan ketika berbisnis dan mengiklannya di facebook sangat banyak. Apa sajakah manfaatnya?
  1. Mengiklankan di facebook sangat terjangkau karena tidak memakan banyak biaya dan kita juga dapat mengatur sendiri tarif iklan yang kita buat dan pajang di facebook.
  2. Anda bisa dengan mudah mengatur sendiri kapan iklan Anda akan ditayangkan dan kapan iklan tersebut selesai ditayangkan. Jadi, bukan orang lain atau facebook yang menghentikannya.
  3. Anda juga bebas menargetkan pelanggan lebih rinci lagi dari mulai rentang usianya, lokasi jenis kelamin dan minat. Jadi, iklan Anda akan berhasil diterima oleh pelanggan yang Anda tuju.
  4. Keberhasilan untuk menarik pelanggan ke tempat bisnis Anda sangat luas. Bahkan saat Anda sedang membuat iklan, akan ada perkiraan orang yang akan melihat iklan Anda itu.

Sekarang Anda tak perlu bingung lagi untuk mengiklankan bisnis Anda ke khalayak umum. Karena dengan mempelajari dan memahami tutorial facebook ads lengkap, Anda akan dengan mudah mengenalkan bisnis Anda ke konsumen yang dituju.

Penulis : bocahku.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel