Cara buat Thumbnail Youtube di HP Android dengan Aplikasi

Cara buat thumbnail youtube di HP android sudah harus dipelajari dari awal jika Anda ingin menjadi content video. Siapa sih yang sekarang tidak tahu profesi seorang Youtuber? Di era milenial dan serba digital ini, profesi seorang Youtuber adalah impian banyak orang. Selain menyalurkan hobi, sebagai Youtuber juga mampu menghasilkan uang yang bahkan lebih banyak dari gaji seorang pegawai kantoran.

Thumbail Youtube

Selain belajar edit video sebaik mungkin, cara buat thumbnail youtube di HP android harus diketahui oleh Anda karena ini merupakan komponen penting yang akan membuat video yang Anda upload di Youtube menjadi lebih menarik dan banyak ditonton oleh pengguna Youtube. Manfaat adanya thumbnail sendiri sangat penting untuk dan sekarang rasanya akan aneh bila video Youtube yang diupload, tidak memiliki thumbnail.

Apakah cara membuat thumbnail youtube di smartphone android mudah? Tentu saja, Anda tidak perlu menggunakan laptop untuk membuatnya. Sekarang hp android memang sudah canggih dan banyak aplikasinya. Untuk itu, simak informasi berikut untuk membantu Anda membuat thumbnail, hanya dari smartphone Anda.

Apa Itu Thumbnail Youtube dan Fungsinya?

Sebelum Anda mengetahui tahapan cara buat thumbnail youtube di HP android, ada baiknya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan thumbnail video. Thumbnail video adalah gambar kecil yang dipasang di bagian awal video. Bisa dibilang jika thumbnail adalah cover video layaknya cover buku.

Kenapa disebut dengan thumbnail? Itu karena gambarnya ukurannya kecil, hanya sebesar kuku ibu jari manusia. Meskipun kecil, tapi manfaat yang dimilikinya sangat penting untuk konten video yang diupload pada youtube.

Jadi, thumbnail video gambarnya bisa berupa judul dan beberapa potongan gambar yang bisa menceritakan isi dari video yang diupload. Jadi, pengaruh thumbnail video memang sangat penting, untuk itulah harus dibuat sebagus mungkin agar bisa menarik banyak pengunjung Youtube.

Jika Anda bertanya mengenai fungsi thumbnail youtube, maka jawabannya seperti di atas tadi, yaitu cover video yang berisi ringkasan atau ilustrasi singkat dari isi video tersebut. Karena fungsi yang dimiliki sangat penting untuk video youtube, gambarnya tidak boleh asal-asalan. Harus menarik dan eye catching.

Baca Juga :

Bila Anda memungkinkan tidak bisa mengedit thumbnail dengan bagus, Anda bisa menggunakan aplikasi android yang mudah untuk digunakan. Jangan terpacu dengan aplikasi edit gambar yang ada di laptop atau komputer bila sulit. Simaklah tutorial atau cara membuat thumbnail yang bisa dengan mudah menggunakan aplikasi yang ada di android.

Cara Buat Thumbnail Youtube di HP Android dengan Mudah

Sekarang jangan sepelekan hp android yang Anda miliki. Hanya dengan satu genggaman saja, Anda sudah bisa melakukan banyak hal termasuk melakukan cara buat thumbnail youtube di HP android. Apakah mudah melakukannya? Tentu saja mudah. Hal yang Anda perlukan hanya aplikasi yang pas untuk mengedit gambar thumbnail menjadi lebih menarik.

Tak usah menunggu lama lagi, jika Anda ingin videonya di youtube dilihat banyak orang, silahkan ikuti tata cara pembuatan thumbnail dengan hp android berikut ini :
  1. Langkah pertama, Anda harus mendownload aplikasi edit gambar thumbnail. Di sini kita menggunakan aplikasi dari android yang cukup terkenal, yaitu canva. Download di playstrore untuk dipasang pada hp.
  2. Langkah kedua, instal aplikasi canva pada hp android Anda dan buka aplikasi tersebut dan siap melakukan pengeditan.
  3. Setelah membuka aplikasi canva, Anda akan melihat banyaknya tampilan gambar pada bagian awal. Scroll terus ke bawah dan lihat pada kategori “Gambar mini youtube” dan Anda klik “Semua
  4. Setelah semuanya muncul, Anda bisa memilih mana gambar yang pas untuk Anda pasang sebagai thumbnail youtube. Sesuaikan dengan tema video yang akan Anda upload tersebut.
  5. Setelah memilih gambar yang Anda inginkan, klik gambar template tersebut lalu Anda bisa mengedit gambar template sesuai yang Anda inginkan. Silahkan untuk bereksperimen sebagus mungkin untuk mendapatkan gambar thumbnail yang Anda inginkan.
  6. Jika sudah selesai, jangan lupa gambarnya disimpan, dan Anda tinggal menuju ke Youtube untuk memasangnya.

Semua cara buat thumbnail youtube di HP android memang mudah dan sangat gampang untuk diingat. Itu adalah hal yang paling sederhana untuk membuat thumbnail bila Anda tidak terlalu ahli mengedit gambar thumbnail. Sekarang jika gambarnya sudah siap, Anda harus segera memasangnya pada video yang akan diupload di akun youtube Anda. Caranya pun cukup mudah dan Anda akan cepat untuk memahaminya :
  1. Pertama, Anda harus mendownload creator studio yang ada di playstore. Aplikasi ini akan mempermudah Anda untuk bisa mengganti thumbnail lewat hp android.
  2. Masuklah Anda ke akun creator studio menggunakan akun google atau paling baiknya menggunakan akun youtube Anda.
  3. Sebelumnya, pastikan Anda sudah mengupload video di youtube lewat PC dan menyimpannya di draft. Jadi, setelah Anda berhasil masuk ke akun youtube lewat creator studio, sudah ada video yang akan diubah thumbnailnya.
  4. Setelah menemukan video yang dimaksud, klik video tersebut dan nantinya akan terlihat tampilan video yang belum Anda publikasikan. Di video tersebut terdapat beberapa fitur yang berguna untuk keperluan video.
  5. Pilihlah ikon fitur yang gambarnya mirip seperti pensil dan klik ikon tersebut.
  6. Ikon pensil tersebut nantinya akan membawa Anda pada tampilan edit video. Maka pada layar video itulah terdapat perintah “Edit thumbnail” lalu Anda klik perintah tersebut.
  7. Pada cara buat thumbnail youtube di HP android, nantinya keluar beberapa gambar yang disarankan oleh youtube, tapi nda harus mengeklik “thumbnail custom” yang akan menuju pada galeri di hp android milik Anda.
  8. Pilihlah gambar thumbnail yang tadi Anda edit menggunakan aplikasi canva, dan klik “pilih”. Setelah itu, Anda bisa klik Simpan dan biarkan proses perubahan thumbnail selesai.
  9. Barulah setelah itu, Anda mengubah status video dari draft ke publikasi untuk dilihat banyak orang.

Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Thumbnail Youtube

Setelah Anda tahu bagaimana cara buat thumbnail youtube di HP android, sekarang Anda harus tahu beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari thumbnail youtube agar bisa membuat thumbnail yang sesuai dengan ketentuan :
  • Ukuran atau resolusi dari thumbnail yang Anda buat harus sebesar 1280x720 (dengan batas minimum lebarnya adalah 640 pixel).
  • Format gambar yang diupload sebagai thumbnail adalah JPEG, PNG, GIF, dan BMP.
  • Kapasitas gambar thumbnail yang diupload tidak lebih dari 2 MP.
  • Gunakan rasio 16:9 untuk menciptakan thumbnail yang pas dan jelas.
  • Menurut kebijakan dari youtube, thumbnail yang Anda buat juga jangan mengandung unsur negatif yang akan memberikan dampak buruk bagi pengguna youtube yang melihatnya.

Cara mendesain thumbnail youtube dengan HP android sangat berguna bagi para youtuber pemula yang baru saja mulai menciptakan konten. Mungkin untuk sekarang hasilnya masih kurang bagus. Namun jika Anda sudah menggunakan cara buat thumbnail youtube di HP android dengan baik, thumbnail yang Anda buat pasti jauh lebih bagus.

Penulis : Anacaratutor

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel