Cara mengatasi Corel Draw X7 tidak bisa Save

Bagi Anda yang adalah ahli desain, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya corel draw x7 dan bagaimana cara mengatasi corel draw x7 tidak bisa save. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini tidaklah sulit. Tapi akan sangat memusingkan jika desain yang telah kita buat, malah hilang karena error dan tidak bisa untuk disave. Tidak perlu datang ke ahlinya, Anda bisa langsung praktikkan sendiri di rumah.


Corel draw X7 yang tidak bisa save kemungkinan besar karena beberapa hal. Anda harus tahu penyebabnya, barulah perbaiki masalah tersebut secepat mungkin agar Anda bisa menyimpan hasil desain Anda dengan baik. Pastinya file Anda tidak bisa disave dikarenakan ada gangguan sistem yang menyebabkannya tidak bisa menyimpan file yang telah dibuat.

Anda jangan bingung terlebih dulu, cobalah melakukan beberapa cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save berikut ini. Siapa tahu dengan mengikuti langkah-langkahnya, Anda sudah bisa menyimpan file dengan baik, dan desain yang Anda buat juga aman. Tapi terlebih dulu, ketahuilah tentang corerl draw dan fungsi-fungsinya.

Definisi Aplikasi Corel Draw

Mungkin bagi Anda yang bukanlah anak desain grafis kurang begitu tahu arti dari corel draw itu, apa lagi corel draw X7. Corel draw adalah aplikasi yang berguna atau berfungsi untuk mendesain dengan berbasis vektor atau garis.

Corel draw ini bisa digunakan untuk membuat kartu nama, desain logo suatu perusahaan, bisnis makanan dan lain sebagainya, kartu nama, poster, kalender, dan lainnya yang masih berhubungan dengan dunia digital dan grafis. Untuk mempelajarinya, Anda memerlukan waktu untuk bisa memahami hingga mampu membuat sebuah karya dari corel draw.

Corel draw sangat dibutuhkan untuk bisnis percetakan karena di bisnis ini, corel draw dapat digunakan untuk membuat kartu nama, kalender, cover buku dan lain sebagainya. Tapi jika sudah rusak, maka akan sangat menjengkelkan, bukan?

Sebagai seorang desainer bidang grafis, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save ketika masalah tersebut muncul di tengah-tengah Anda bekerja. Jangan sampai Anda mendesain ulang karena program yang error dan tidak bisa disave.

Baca Juga :

Perlu Anda ketahui, karena corel draw berbasis verktor atau garis yang membuat file yang dibuat memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan bitmap. Jadi, tidak terlalu banyak memenuhi ruangan di room disk komputer milik Anda. Serta bila ada masalah pun cukup mudah diatasi. Sebelum adanya X7, corel draw telah melewati masa yang cukup panjang dari mulai awal tercipta hingga secanggih dan semudah seperti sekarang ini.

Sejarah Perkembangan Corel Draw

Kita sudah tahu bahwa corel draw adalah aplikasi atau software pengolah grafis yang berbasis vektor atau garis. Mungkin Anda hanya tahu bahwa corel draw hanya sampai X7 saja. Padahal sekarang sudah tercipta corel draw hingga versi yang kedelapan. Memang file corel draw kecil bila dibandingkan dengan bitmap, tapi untuk sekarang ada corel draw yang menyertakan filter-filter pengoleh bitmap.

Itu dilakukan sebagai penataan objek yang ada dalam sebuah komposisi gambar yang Anda inginkan. Dan itu juga tergantung dari imajinasi desainer yang mengolah data tersebut. Sebelum membahas tentang cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save Anda harus tahu sejarah dari corel draw ini sendiri. Corel draw tercipta pada tahun 1989. Pusat pengembangan corel draw sendiri berada di Otawa, Canada dan nama perusahaannya adalah Corel Corporation.

Corel draw memang dirilis pada tahun 1989, namun telah diciptakan oleh Dr. Michael Cowpland pada tahun 1985. Ternyata beliau bukanlah pemilik Corel Corporation, namun beliau adalah seorang staf di sana. Dan beliau bertugas menjual produk Corel kepada intel based desktop publishing system.

Kemudian pada tahun 1987, Corel Corporation merekrut Michael Buoillon dan  Pat Beirnet sebagai programmer di perusahaan tersebut dan berhasil meluncurkan Corel Draw 1.0 yang dirilis pada tahun 1989 yang bertepatan dengan perilisan windows 3.1 Dari 1989 tersebut hingga sekarang, Corel Corporation telah merilis Corel Draw dengan versi seperti berikut :
  1. Corel Draw Versi 1.0 dirilis tahun 1989
  2. Corel Draw versi 2.0 pada tahun 1990
  3. Corel Draw versi 2.5 pada tahun 1991
  4. Corel Draw versi 3.0 pada tahun 1992
  5. Corel Draw versi 4.0 pada tahun 1993
  6. Corel Draw versi 5.0 pada tahun 1994
  7. Corel Draw versi 6.0 pada tahun 1995
  8. Corel Draw versi 7.0 pada tahun 1996
  9. Corel Draw versi 8.0 pada tahun 1997
  10. Dan seterusnya hingga ke versi X8 yang dirilis pada tahun 2016 yang lalu. Memang tiap tahun perusahaan ini selalu memberikan format terbaru untuk Corel Draw.

Seiring berkembangnya corel draw, tidak menutup pula adanya kerusakan dan terjadi error system pada program ini. Salah satu yang sering terjadi adalah sulitnya untuk mengesave file. Mari simak cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save yang mudah dan cepat untuk Anda pahami.

Cara Mengatasi Corel Draw X7 & Tidak Bisa Save dan Masalah Lainnya

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah corel draw dari awal perilisan pada tahun 1989 hingga paling terbaru yaitu X8, sekarang kita cari tahu bagaimana cara mengatasi bila file corel draw Anda yang tidak bisa menyimpan file. Kali ini yang dijadikan contoh adalah corel draw untuk versi X7. Ini juga berlaku untuk corel draw versi X4 hingga X8.

Sebelum Anda mengatasinya, ada baiknya untuk tahu tanda-tanda permasalahannya. Biasanya permasalahan muncul ketika baru pertama buka corel draw, akan muncul peringatan “Corel Draw Has Stoped Working” dan seketika tidak bisa dijalankan. Lalu, ketika bisa digunakan akan sulit untuk menyimpan, export dan import.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save, dan ini juga berlaku untuk versi lainnya :
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload PSI_key_2.dll download lah versi corel draw yang Anda gunakan.
  2. Setelah file tersebut didownload oleh Anda, jangan lupa untuk mengekstrak file tersebut karerna biasanya file yang didownload dalam bentuk rar. Tapi sebelumnya sambungan internet harus dimatikan terlebih dulu.
  3. Letakkan file yang sudah diekstrak pada C:/program files/Common Files/Protexis/License service
  4. Jika sudah, pastikan protexis license service sudah Anda aktifkan. Anda pun bisa mengecek aktivasi tersebut dengan melihatnya di Start>Run>ketik “service.msc” dan tekan enter. Nantinya akan terpampang bahwa  protexis licensing dalam keadaan aktif.
  5. Dan prosesnya pun selesai! Anda bisa kembali bekerja mendesain sesuatu dan menyimpannya dengan baik.

Tidak sulit, bukan? Ikuti tutorial cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save tersebut agar Anda tidak panik lagi ketika Corel Draw Anda error tidak bekerja dan lebih parahnya lagi tidak bisa menyimpan data Anda, selamat mencoba!

Penulis : MASGIEblog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel