Jenis-jenis tempat Pariwisata di Indonesia

Mastimon.Com - Tempat wisata menjadi salah satu aset atau kekayaan suatu negara yang perlu dijaga dan dirawat. Dari sanalah suatu negara bisa dikenal oleh negara lainnya. Aneka jenis tempat pariwisata di Indonesia yang beragam membuat banyak turis mancanegara berkunjung ke Indonesia. Beberapa diantaranya yang termasuk dalam destinasi wisata yang populer dan mendunia  adalah Pulau Jawa dan Bali.

Sebenarnya tidak hanya di Pulau Jawa dan Bali saja, tetapi banyak lagi keindahan wisata yang tersebar dari ujung sabang sampai merauke. Variasi nya pun bermacam macam. Ada yang lebih menonjolkan keindahan alamnya, wahana yang seru, spot foto yang keren, keseniaan atau keterampilan tertentu, budaya, atraksi dan lain sebagainya.

Tak jarang banyak yang menyebut negara Indonesia sebagai negara dengan ragam wisata terbaik, termurah, paling indah yang mendunia. Objek wisata nya pun cocok untuk dinikmati untuk moment bersama keluarga, petualangan, mengisi liburan, turis luar negeri dan lain sebagainya. Sebagai berikut adalah macam macam tempat pariwisata yang bisa Anda temukan di Indonesia :

Jenis-jenis tempat Pariwisata di Indonesia

1. Wisata Budaya Indonesia

Wisata budaya adalah salah satu jenis wisata yang dibanggakan. Sebab tujuan dari adanya wisata ini adalah untuk menambah wawasan dan pandangan seseorang. Dalam wisata budaya, pengunjung bisa melihat dan belajar cara hidup masyarakat termasuk mempelajari kesenian, adat istiadat, kebudayaan dan tradisi.

Wisata budaya ini juga memiliki manfaat yang baik sebagai sarana memperkenalkan kebudayaan dalam negeri di dunia international begitu pula sebaliknya. Wisata budaya memberikan sejumlah informasi mengenai kebudayaan dan adat istiadat yang ada di suatu negara.

2. Wisata Cagar alam

Jenis wisata yang satu ini paling banyak di temui di negara Indonesia. Di beberapa tempat sudah tersedia taman lindung atau cagar alam yang wilayah dan kelestariannya sudah di di lindungi oleh Undang undang dan pemerintah. Kebanyakan para pecinta alam pun berbondong bondong untuk tidak ketinggalan berkunjung.

Baca Juga :

Khususnya bagi Anda yang suka memotret, wisata alam sarat akan tumbuhan dan satwa yang unik dan indah. Suasana yang tercipta pun akan segar, asri dan sangat mendukung untuk moment refreshing dan relaksasi. Sebagai contoh wisata cagar alam di Indonesia adalah Cagar alam di Pulau Bali bernama Kebun raya Eka Karya dan Taman Nasional yang terletak di Bali Barat.

3. Wisata Sejarah

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia hingga saat ini sangat berharga. Perjalanan itu pasti tidak mudah untuk menjadi bangsa yang merdeka. Kebanyakan orang akan merasa bosan kalau hanya membaca cerita sejarah, tetapi dengan objek wisata mempelajari sejarah akan menjadi lebih menyenangkan.
Tidak hanya pengunjung dalam negeri yang berkunjung tetapi hal ini juga menarik perhatian dari tamu mancanegara. Wisata sejarah yang bisa ditemukan di negara Indonesia adalah berupa Museum, Candi, Prasasti, Benteng dan lain sebagainya.

4. Wisata Alam

Jenis wisata yang satu ini ada banyak macamnya. Dengan menonjolkan keindahan alam yang menakjubkan dapat membuat kagum setiap orang yang berkunjung. Wisata alam populer yang ada di Indonesia beberapa diantaranya adalah wisata pantai, sungai, gunung, hutan, teluk, air terjun, bukit dan masih banyak lagi.

Menikmati pemandangan alam ini pun bisa dilakukan dengan beragam cara. Seperti melakukan kemah, berjalan kaki, naik sepeda dan lain sebagainya. Wisata alam juga banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Terutama wilayah dengan kondisi alam yang masih asli dan asri.

5. Wisata Religi

Berbeda dengan tempat wisata yang lainnya, tempat wisata religi adalah tempat khusus yang ditujukan untuk umat beragama. Biasanya wisata religi ini berbentuk tempat pemakaman atau  tempat beribadah. Tujuannya sangat mulia yakni untuk lebih mendekatkan sang pengunjung kepada TUHAN. Salah satu contoh wisata religi yang ada di Indonesia adalah Masjid Istiqlal di Jakarta bagi Umat Muslim. Dan ada Gereja Katedral bagi para penganut agama Kristen katholik.

6. Wisata Pendidikan

Wisata Pendidikan memiliki nama lain yakni wisata Edukasi. Umumnya wisata pendidikan sangat cocok untuk parawisata anak sekolah dan mahasiswa. Tujuan dari adanya wisata ini adalah tentu saja sebagai sarana untuk menunjang pembelajaran di sekolah yang lebih efektif. Dengan adanya wisata pendidikan diharapkan juga anak anak bisa dibantu lebih memahami materi pembelajaran.

7. Wisata Petualangan

Wisata jenis yang satu ini banyak disukai oleh orang orang yang lebih menyukai tempat tempat menantang. Tempat menantang yang dimaksud biasanya terdiri dari medan yang berat. Di Indonesia sendiri wisata petualangan tersebut adalah arung jeram, panjat tebing, mendaki gunung, menyusuri gua dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Wisata Pertanian

Wisata pertanian menjadi salah satu jenis pariwisata yang patut dicoba khususnya buat para pengunjung yang mengambil study pertanian, berkecimpung dalam bisnis dan usaha pertanian atau sekedar menyukai kegiatan bercocok tanam saja.

Umumnya wisata pertanian akan dilengkapi dengan lokasi pertanian yang strategis, persemaian, pembibitan di ladang dan perkebunan. Seketika mata Anda bisa segar kembali karena banyaknya pemandangan sayur yang berwarna warni, aneka bibit sayur dan lingkungan yang sejuk.

9. Wisata Bahari

Wisata Bahari juga memiliki julukan lain yakni Wisata Maritim atau wisata air. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis wisata bahari. Misalnya kalau Anda lihat dan perhatikan wisata bahari ini dapat tersedia dalam berbagai fasilitas seperti di pantai, danau dan teluk. Kegiatannya pun bervariasi mulai dari berselancar, memancing, berlayar, lomba dayung, menyelam sampai dengan melakukan pemotretan di bawah air.

Salah satu aktivitas yang recommended ketika Anda mengunjungi wisata bahari jika memungkinkan adalah menyelam. Disana Anda bisa menikmati indahnya wisata bawah laut yang indah. Di tambah lagi dengan kekayaan alam laut beserta biotanya yang beraneka ragam bisa membuat Anda takjub.

Potensi wilayah bahari di Indonesia yang terkenal beberapa diantaranya adalah Danau Toba, Raja Ampat, Pulau Bali, Kepulauan seribu dan masih banyak lagi.

10. Wisata Ziarah

Wisata Ziarah merupakan wisata yang erat kaitannya dengan adat istiadat, sejarah serta kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sekitar. Tujuan dari wisata Ziarah adalah sebagai tempat suci yakni tempat makam orang yang dianggap sebagai orang suci, berkuasa, orang besar, tokoh terkenal atau tokoh dengan legenda.

Beberapa negara lainnya yang memiliki destinasi wisata religi terkenal adalah wisata ziarah ke Vatikan, untuk penganut agama Budha mereka akan berkunjung ke Negara Nepal, India atau Tibet.Di Indonesia sendiri ada banyak tempat yang disebut sebagai wisata ziarah. Beberapa diantaranya sebut saja Candi Borobudur, Makam Wali Songo, Prambanan, Makan Soekarno, Pura Basakih Bali, Gunung Kawi dan lain sebagainya.

Lihat Juga : travelgad.net | Blog informasi seputar Wisata Indonesia

Inilah uraian selengkapnya seputar deretan jenis jenis wisata yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali bukan ragamnya? Hal ini tentu saja akan memudahkan para pengunjung untuk menentukan wisata yang lebih cocok untuk tujuan tertentu. Daftar nama tempat pariwisata yang disebutkan adalah termasuk wisata terbaik sepanjang masa yang recommended untuk dikunjungi.

Di setiap wilayah dan kota di Indonesia menyimpan banyak sekali kekayaan wisata yang sebenarnya berpotensi terkenal. Hanya saja banyak diantaranya belum diketahui. Mari bangga dengan keragaman wisata di Indonesia. Semoga rangkaian informasi ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel