Cara membuat Website Gratis dan Mudah

Mastimon.Com - Dunia online sekarang nampaknya sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Hal ini terbukti dari banyaknya marketplace, aplikasi, website, blog dan lain sebagainya. Kecanggihan teknologi yang mendukung memungkinkan setiap orang bisa membuat website mereka sendiri secara gratis dan mudah. Inilah yang membuat banyak orang ingin memiliki website sendiri.

Situs online ada banyak sekali ragam dan jenisnya. Berbagai web juga diciptakan dengan tujuan masing masing. Misalnya untuk toko online, bisnis online, menyalurkan hobi, berbagi informasi dan lain lain. Karena Kegunaannya yang beraneka ragam dalam berbagai aktivitas inilah yang membuatnya menjadi sarana modern yang sangat membantu.

Jika Anda juga tertarik membuat website gratis untuk tujuan tertentu, ada cara praktis yang bisa Anda lakukan. Metode ini baik dilakukan untuk para pemula yang dapat dilakukan secara gratis di internet. Proses pembuatan pun bisa dilakukan diberbagai perangkat baik HP Android atau tablet. Selengkapnya Anda bisa menyimak langkah langkah sederhanya nya di bawah ini :

Cara membuat Website Gratis dan Mudah

1. Menentukan Ide Tema Website

Langkah pertama yang penting untuk dilakukan sebelum membuat website adalah tentukan tema atau topiknya. Hal ini bertujuan untuk Anda nantinya bisa menyesuaikan jenis atau tampilan website seperti apa yang ingin ditampilkan. Untuk melakukan riset Anda bisa mulai untuk browsing di Internet, disana Anda akan menemukan banyak sekali ide.

Pilihlah tema Anda berdasarkan tujuan dan fungsi utama yang ingin Anda terapkan pada website Anda. Dengan eksekusi yang tepat, Anda bisa yakin bahwa topik dan ide Anda akan memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan yang baik. 

Tipe website sendiri dibagi menjadi banyak jenis. Beberapa diantaranya yang bisa menjadi referensi Adalah Website e-commerce, Blog, Website Edukasi, Website berita, Komunitas online, portofolio dll. Setelah mengetahui website tema yang akan diusung, Maka Anda bisa langsung ke langkah berikutnya.

2. Memilih Platform Website

Tahap kedua, Anda perlu menentukan platform mana yang akan Anda gunakan. Sekarang ini ada banyak sekali platform gratis yang dapat membantu Anda membuat website secara gratis dan mudah. Contohnya adalah Wordpress, Drupal, Joomla!, wixsite dan lain sebagainya. Namun, yang paling populer dan banyak digunakan adalah platfrom Wordpress.

Wordpress juga dianggap sebagai platform yang sangat cocok untuk pemula dalam membuat website pribadi. Hal ini dikarenakan Wordpress dapat dimanfaatkan secara gratis atau tanpa bayar mulai dari proses pengunduhan, penginstalan serta tahap modifikasinya.

Selain itu kegunaan website ini dapat digunakan untuk tujuan website kecil seperti blog atau bisnis kecil.Namun, Wordpress juga dapat dimanfaatkan untuk website skala besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga tertentu.

3. Register Nama Domain

Sebelum berlanjut kelangkah langkah secara spesifik membuat website, nama menjadi hal yang penting dalam pengembangan suatu website. Maka pikirkanlah terlebih dahulu nama yang menjadi ciri website Anda. Untuk memilih nama domain yang cocok, langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Melakukan brainstorming dengan nama nama website yang memiliki potensi
  • Menggunakan fitur cek domain
  • Masukkan nama domain yang diinginkan pada fitur pencari
  • Memilih nama domain yang terbaik
  • Selesaikan registrasi domain

Biaya rata rata untuk membeli sebuah nama domain adalah kurang lebih Rp. 100 ribu saja untuk masa aktif selama satu tahun. Nama domain sendiri bisa Anda sesuaikan. Misalnya kalau hanya untuk kepentingan pribadi Anda bisa menggunakan nama Anda. Sedangkan kalau untuk kepentingan bisnis, pilihlah nama domain yang sesuai dengan nama toko Anda.

4. Memilih Web Hosting

Selanjutnya cara membuat website adalah memilih web hosting yang bisa dipercaya dan diandalkan. Ada berbagai macam pilihan web hosting, tapi hendaknya Anda perlu mencari yang disesuaikan dengan kebutuhan proyek Online Anda. Anda bisa mendapatkan VPS Hosting Indonesia yang terbaik di beberapa situs terpercaya seperti Niagahoster.

Hosting menjadi salah satu poin penting dalam pengembangan website. Fungsi utamanya sendiri adalah untuk menyimpan data dan file dari website secara online sehingga hal ini memungkinkan banyak orang bisa mengaksesnya dengan jaringan internet. Pemilik informasi pun dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

5. Proses Instalasi dan Modifikasi

Setelah menyelesaikan tahap tahap sebelumnya yang mencangkup memilih platform, nama domain dan hosting. Proses selanjutnya adalah membuat website dengan cara menginstal dan memodifikasi. Untuk proses menginstal ini sangatlah mudah. Sebab, ada banyak sekali hosting yang sudah menggunakan one click installation sehingga hal ini bisa sangat memudahkan para pengguna baru.

Cara menginstal secara spesifik bisa Anda lakukan sebagai berikut :
  • Masuklah dalam hosting account milik Anda
  • Carilah opsi atau tombol control panel
  • Pilih pilihan softculous Apps Installer lalu pilih Wordpress
  • Selanjutnya, klik install
  • Pada proses berikutnya akan muncul software setup, pada tahap ini Anda perlu menghapus kata yang berada di kolom In Directory untuk penginstalan secara langsung di website Anda
  • Pilih opsi install kembali dan tunggu sampai proses penginstalannya selesai
  • Setelah selesai, maka website sudah bisa Anda mulai gunakan
  • Tampilan yang masih kosong pada website bisa langsung Anda modifikasi. Anda bisa memilih berbagai template yang sudah tersedia. Anda juga sudah bisa membuat konten atau article dengan post atau page.

Memodifikasi tampilan bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan Anda. Buatlah modifikasi semenarik mungkin untuk meningkatkan kualitas website Anda. Misalnya seperti membuat judul website pada kolom site little dan lain lain yang terdapat pada menu pengaturan. Halaman utama yang ditampilkan juga tergantung dari template yang Anda pilih sebelumnya. Tapi meskipun demikian Anda bisa mengatur konten atau tulisan apa saja yang ingin Anda tampilkan pada halaman utama.

Inilah uraian singkat terkait tutorial membuat website yang mudah dan cepat. Cara ini tentu saja bisa membantu Anda karena bisa dilakukan tanpa panduan yang sulit dimengerti. Pengerjaannya pun umumnya hanya membutuhkan waktu yang sangat minimal yakni 5 menit saja.

Setelah website Anda selesai dibuat, selanjutnya Anda bisa mulai untuk memperindah tampilan serta mengembangkan website dengan beragam tool terbaik. Teknologi yang modern memungkinkan Anda mendapatkan tips dan trik terkait dengan mudah dalam bentuk tutorial maupun video youtube. Semoga informasi ini bisa bermanfaat sebagai dasar pembuatan website Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel