10 Cara menentukan harga Desain LOGO untuk Pemula

Desainer LOGO adalah salah satu pekerjaan yang sekarang ini banyak dibutuhkan jasanya. Oleh sebab itu banyak orang ingin menjadi seorang desain yang handal. Namun, untuk mewujudkan hal itu sebenarnya dibutuhkan upaya, skill dan kemampuan. Salah satunya adalah banyak para desain mengalami kesulitan pada saat menghitung tarif untuk setiap desain yang dibuatnya. Khususnya, seorang yang baru memulai harus tahu Cara menentukan harga desain LOGO untuk pemula.


Penentuan harga desain sebenarnya dapat dilihat dari berbagai faktor. Mulai dari cara menghitung harga gambar, tingkat kerumitan dan lama pelanggan menginginkan pekerjaan tersebut selesai dengan cepat. Bagaimana cara mudah dan cepat menghitungnya? Bukannya tidak bisa, seseorang yang hanya belajar otodidak pun bisa berhasil jika ia mau belajar seputar trik dan tips untuk mematok harga desain grafis. Jangan sampai buat Anda yang belum mengerti mengenakan biaya yang sangat murah atau terlalu mahal. Ini akan berdampak tidak baik untuk bisnis Anda bukan?

Pekerjaan membuat sebuah design yang bagus, berkualitas dan keren memang tidak mudah. Ini cukup berat karena tidak sekedar bisa mengambil di situs –situs gratis yang ada saja. Seorang desainer bahkan ada yang khususnya mengambil pendidikan untuk memiliki keahlian desain yang terampil. Oleh sebab itu perhitungan setiap karya desain LOGO Anda harus sesuai dan tepat. Yang pastinya sudah adanya kesepakatan antara kedua belah pihak.

Baca Juga :

Hal ini juga berlaku bukan hanya untuk para desainer LOGO tetapi juga untuk jenis lainnya. Seperti halnya menghitung harga untuk desain gaun, baju seragam kantor, Banner, Spanduk, design kaos dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, lebih lanjut pada uraian berikutnya akan beritahu Anda metode mengetahui standar tarif design logo yang akurat dan update tahun ini. Karena setiap tahun biasanya ada perubahan harga seperti halnya harga jasa desain grafis 2018 pasti berbeda dengan harga desain tahun 2019. Nah, cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :

Cara menentukan harga Desain LOGO untuk Pemula

1. Biaya dan Pengeluaran

Sebelum menentukan harga para desainer harus memperhatikan beberapa hal seperti halnya gaya hidup, inflasi, harga bahan pokok dan semua hal lainnya yang berkaitan dengan biaya dan pengeluaran. Semakin tingginya biaya dan pengeluaran sang desainer tersebut maka tentu saja akan menyebabkan semakin mahal juga harga desain.

2. Ketersediaan dan Permintaan

Dalam hal ini beberapa hal yang mempengaruhi harga desain berhubungan dengan ketersediaan dan permintaan adalah deadline pelanggan yang ketat dan terburu –buru, pelanggan butuh desain yang mendesak serta pelanggan tersebut mengharapkan desainer memiliki keahlian khusus yang umumnya tidak dimiliki oleh para desainer yang lainnya, atau yang lain menginginkan desainer ahli dan terkenal. Semakin tinggi permintaan pelanggan ini sudah tentu akan mempengaruhi harga desain yang semakin mahal pula.

3. Persepsi Konsumen

Semakin mahal suatu barang, maka semakin berkualitas juga barang tersebut bukan? Pernyataan ini berlaku pada semua bidang kehidupan. Namun, tidak halnya dengan dunia desain. Mengapa demikian? Persepsi masyarakat sendiri tentang harga desain yang murah menjadi tantangan sendiri bagi para pendesain. Sebenarnya apabila adanya tanggapan positif dari persepsi masyarakat sebagai pelanggan mengenai desain dan desainer tersebut bisa menyebabkan semakin tinggi juga harga desain.

4. Tingkat Persaingan

Dengan modal yang tidak banyak yakni sebuah studio kecil dan dukungan dari berbagai teknologi akan memungkinkan siapa saja dapat menjadi seorang desainer. Hal inilah juga yang menjadi faktor penyebab kuota jumlah desainer akan terus semakin bertambah. Banyaknya persaingan akan membuat harga desain semakin murah. Seorang desainer pasti akan mematok harga murah untuk menarik banyak perhatian pelanggan dari para pesaingnya. Jadi dapat disimpulkan apabila di suatu daerah semakin tinggi tingkat persaingan maka semakin murah harga desain tersebut.

5. Jenis Desain yang diperlukan Pelanggan

Masing –masing klien akan melakukan order atau permintaan design logo dengan tujuan yang berbeda –beda. Jenis permintaannya pun disesuaikan dengan besar kecilnya organisasi. Maka, Harga desain juga dapat disesuaikan dengan besar kecil organisasi atau keperluan pelanggan tersebut. Misalnya apakah ia termasuk dalam perusahaan besar, perorangan, lembaga sosial, lembaga pemerintahan, partai politik, UKM dan lain sebagainya. Semakin besar dan terkenal suatu organisasi pasti akan memerlukan kualitas logo yang bagus.

6. Branding Desainer

Dalam hal ini seorang pemula biasanya membanderol tarif harga design yang lebih murah. Hal lain yang ikut mempengaruhi adalah reputasi dan pengalaman dari sang desainer. Apabila Anda masih pemula, jangan dulu mematok harga yang mahal untuk setiap design, tetapi tingkatkan terlebih dahulu kemampuan Anda. Jika history penjualan Anda baik dan mendapat tanggapan positif yang bagus dari para pelanggan, selanjutnya harga tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda.

7. Harga dihitung berdasarkan waktu

Biasanya para desainer akan memperhitungkan tarif berdasarkan tarif per jamnya. Ini merupakan salah satu cara penetapan harga dengan memperhatikan berapa lama waktu yang terpakai dalam pengerjaan sebuah proyek desain tersebut. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah bagaimana Anda bisa menghemat waktu seefesien mungkin supaya bisa mengerjakan proyek yang lainnya, bukan mengulur waktu supaya tarif perjam terus bertambah.

8. Harga dihitung berdasarkan proyek

Tarif dihitung per proyek tidak bisa dikenakan dengan harga yang sembarangan. Biasanya para desainer mendapatkan harga tersebut setelah mengetahui tarif dasar yang dikenakan per jamnya. Harga per proyek ini sendiri akan disesuaikan dengan jenis pekerjaannya. Pada umumnya para desainer yang sudah terbiasa menggunakan tarif perjam seraya waktu berlalu lama kelamaan akan mengetahui kisaran waktu proses pengerjaan dan juga secara langsung akan dapat memasang tarif per proyek.

9. Update Informasi terkini seputar Harga

Dari periode ke periode harga terus berubah –ubah. Ada yang mengalami kenaikan atau bahkan penurunan. Nah, dalam dunia design hal ini memang cenderung tidak terlihat. Namun, tahukah Anda? Sudah wajib seorang desainer harus tahu isu ekonomi yang sedang berkembang dalam suatu daerah. Anda bisa merasakan adanya penurunan dan peningkatan dari standar harga pasar. Tidak mungkin kan setiap tahun patokan harga selalu sama, apalagi bahan baku yang dibeli juga akan mengalami perubahan bukan?

10. Bertanya pada yang lebih berpengalaman

Biasanya ada saja orang yang tidak bisa jika belajar hanya dengan membaca teori atau melihat video saja. Ada juga yang butuh pengajaran secara langsung. Maka untuk itu, cobalah untuk bertanya pada pihak –pihak yang sudah berpengalaman atau tahu lebih banyak hal terkait penentuan harga tersebut. Biasanya penjelasan secara langsung dengan orang terdekat akan mudah dipahami. Jika tidak mengetahui siapa yang ingin Anda ajak diskusi terkait harga, sekarang ini ada banyak forum diskusi di situs online atau website.

Inilah beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk mematok biaya setiap karya desain yang Anda hasilkan. Tidak sulit bukan? Dengan bantuan kalkulator sederhana Anda bisa mulai untuk menghitung sendiri. Tidak memerlukan kemampuan matematika yang tinggi juga, sebab cara hitung sederhana yang mudah dan cepat sesuai kebutuhan ini memang adalah cara terbaik untuk membantu Anda mengetahui harga dan biaya setiap pembuatan rancangan design Anda tersebut. Lihat Juga : Tulisan Neon.

Jika Anda merasa cara –cara diatas cocok dan sesuai silahkan untuk dipraktekan sendiri. Tidak hanya metode menghitung tarif desain tersebut yang bisa Anda gunakan. Anda juga bisa mencari informasi lainnya secara lengkap di berbagai situs online yang juga menyajikan informasi yang sama atau dalam bentuk tutorial video di Youtube dan lain sebagainya. Jangan ragu juga bertanya pada orang –orang yang lebih berpengalaman. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel