5 Cara menentukan harga Jasa Rental Mobil

Usaha jasa rental mobil adalah salah satu usaha yang mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Namun, untuk itu seorang pengusaha harus mengerti cara menentukan harga untuk setiap jasa rental mobil yang dikenakan. Ini penting, supaya pengusaha rental mobil tidak mematok harga yang lebih tinggi atau rendah dari standar sewajarnya. Sebab setiap tarif yang dikenakan tentu saja akan mempengaruhi popularitas dan reputasi jasa rental mobil tersebut.


Dibanyak kota besar di Indonesia bisnis ini sudah banyak berkembang secara pesat. Seperti halnya jasa rental mobil di Jakarta, Yogyakarta (Jogja), Semarang, Bandung, Surabaya, Samarinda, Makassar, Bogor, Depok, Malang, Pekan baru dan masih banyak lagi yang lainnya. Disini juga Anda pastinya akan di beri kemudahan dalam mencari Jasa rental mobil di daerah tempat wisata, tempat yang baru Anda kunjungi, tempat tinggal atau daerah di sekitar Anda. Meskipun sudah banyak usaha rental mobil ini berkembang, bahkan di gandrungi oleh banyak pemula, bisnis yang satu ini masih layak untuk dicoba.

Nah, karena banyak yang masih awam terhadap suatu bisnis, khususnya rental mobil. Seseorang yang berencana untuk segera membuka usaha ini harus tahu sedikit  teori dasar perihal perhitungan sewa mobil tersebut baik dalam jangka waktu seharian atau hitungan jam saja. Bukannya tidak mudah, tapi dengan melakukan analisa usaha rental mobil tersebut seorang pengusaha akan lebih siap. Ia juga perlu memperhitungkan konsep usaha rental mobil supaya usaha bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Pengalaman usaha rental mobil sangat dibutuhkan untuk memperlengkapi, bahkan yang lebih penting adalah fokus utama suatu bisnis terletak pada plan rental mobil ini dengan modal yang sekecil kecilnya, peluang usaha yang bagus dan dengan ancaman dan resiko yang minimal. Siapa yang tidak mau sukses bukan? Nah, pertama –tama Cobalah untuk belajar cerdik dalam hal mematok harga sewa mobil yang sesuai dan tepat terlebih dahulu. Sebagai berikut adalah Tips caranya Anda bisa memperhitungkan dengan benar biaya dalam usaha rental mobil. Dan perhatikan juga beberapa hal dan faktor yang mempengaruhinya.

Cara menentukan harga Jasa Rental Mobil

1. Perhatikan Harga Beli

Yang pertama perlu Anda lihat dan perhatikan adalah Harga beli. Cobalah untuk menghitung berapa total semua barang yang akan disewakan tersebut. Apabila awalnya membeli secara kredit melalui leasing, Anda bisa mulai menghitung dari cicilan dan bunganya yang harus Anda tanggung sampai terbayar lunas. Ini berarti yang Anda jadikan patokan bukanlah harga cash pembelian, melainkan total uang muka dan angsuran semuanya yang harus di bayar. Dengan demikian semua pengeluaran untuk modal akan terhitung.

Sebagai contoh, Anda membeli mobil Avanza dengan total cash seharga 195 juta dibayar kontan. Karena biaya tidak cukup, maka Anda mengambil untuk kredit 3 tahun dengan uang muka sebesar 18 juta dan angsuran senilai Rp. 6.265,00/bulannya. Nah, berapa total harga beli yang Anda jadikan acuan? Bukan harga 195 juta itu, melainkan uang angsuran di kali 36 bulan (dari 3 tahun). Lalu jumlahnya di tambahkan uang muka yang sudah di bayar di awal tadi. Sehingga semua yang dihitung adalah keseluruhan pengeluaran Anda untuk membeli mobil.

2. Lamanya Waktu Garansi Barang

Faktor yang sering terlewatkan dari hitungan adalah garansi barang. Padahal tahukah Anda jangka waktu garansi barang ini penting karena bisa menjadi acuan menetapkan berapa lama yang paling ideal waktu supaya barang yang disewakan tersebut nantinya bisa balik modal. Anda pastinya sudah tahu bukan? Bahwa produsen barang tentu akan memberikan sebuah jaminan garansi yang memiliki batas maksimal lama penggunaan uji cobanya. Ini adalah rahasia yang sudah umum sekali.

Baca Juga :

Misalnya, garansi mesin adalah 1 tahun, maka ini berarti mesin tersebut diperkirakan akan tak maksimal atau rusak jika digunakan secara berkala terus menerus selama 1 tahun tersebut. Berdasarkan analisa tersebut, secara keakuratan bisa jadi benar. Maka waktu ideal dan terbaik untuk proses pengembalian modal adalah tidak boleh lebih dari satu tahun tersebut.

3. Jangka Waktu Sewa

Nah, dalam mengenakan biaya sewa sendiri, dapat Anda bedakan berdasarkan lama masa sewa tersebut berlangsung. Misalnya harga untuk sewa harian, sewa mingguan, sewa bulanan atau bahkan pertahun tentu saja memiliki harga yang berbeda. Semakin lama durasi sewa yang digunakan, harganya pun bisa semakin murah. Persentase untuk selisihnya pun bisa Anda tetapkan secara berjenjang mulai dari harga sewa harian. Misalnya biaya sewa selama 1 minggu selisih 5% dari sewa 1 hari. Sewa 1 bulan memiliki selisih 10% dan sewa setahun selisih 20%.

Umumnya hal ini berdasar pada asumsi bahwa dengan menyewakan mobil dalam jangka waktu yang lebih lama bisa mengurangi resiko kerusakan, kehilangan dan tak tersewakan atau dengan kata lain barang nganggur di gudang. Misalnya begini, apabila barang disewakan selama satu tahun, maka angka sewanya sudah pasti. Berbeda kalau sewa harian, belum tentu mobil tersebut laku selama 360 hari bukan?

4. Laba atau Keuntungan yang di harapkan

Yang paling penting dalam suatu usaha adalah mendapatkan laba atau keuntungan. Prinsip ekonomi untuk menarik keuntungan sebanyak –banyaknya dengan modal yang sekecil –kecilnya pasti sudah Anda ketahui bukan? Yupp, jadi sudah sewajarnya kalau misalnya Anda perlu mentargetkan laba yang tinggi. Target sangat penting supaya bisnis Anda bertujuan dan lebih terpacu untuk mengejar target tersebut. Pada umumnya untuk rental persewaan meraup keuntungan sebesar 25% sampai dengan 50% masih tergolong wajar.

5. Mencari tahu Harga Pesaing

Pastinya tidak hanya Anda saja yang memiliki usaha rental mobil bukan? Nah, kesempatan ini juga cobalah untuk cari tahu berapa harga sewa pesaing dengan barang yang sejenis dengan yang Anda rentalkan. Bagaimana caranya? Ada berbagai cara. Misalnya Anda bisa datang atau menelpon seperti ingin menyewa. Cara lain lagi adalah dengan melakukan browsing di Google internet. Disana ada banyak sekali jasa rental mobil yang sama dengan Anda, cobalah untuk cari tahu tentang pesaing terkait. Yang lain lagi Anda bisa datang secara langsung menawarkan kerjasama atau mitra kerja.

Lihat Juga : trac.astra.co.id (Promo Rental Mobil dan Sewa Bus Terbaru)

Uraian diatas adalah Cara dan trik sederhana untuk menentukan patokan harga transaksi rental mobil Anda. Dengan sedikit informasi ini, Anda akan diperlengkapi untuk membuat usaha rental mobil menjadi lebih terstruktur, administrasi yang rapi dan tentu saja akan berdampak baik untuk jalannya bisnis Anda. Metode praktis ini tidak hanya bisa diterapkan untuk usaha rental mobil saja. Melainkan juga berlaku dan berpengaruh terhadap bisnis populer lainnya seperti bisnis sewa barang, sewa peralatan, sewa motor atau berbagai jenis transportasi yang lainnya.

Terus update informasi terbaru dan jangan sampai ketinggalan informasi menarik lainnya seputar cara membuat jurnal biaya, pengeluaran dan pendapatan dalam usaha Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sesuai kreativitas. Ilmu tidak akan ada habisnya, jika Anda ingin berhasil dan sukses jangan ragu untuk terus lengkapi pengetahuan Anda. Pintar dalam mematok harga adalah salah satu syarat cara mendirikan perusahaan rental mobil yang bagus tidak hanya dari segi harga melainkan juga dari kualitasnya. Sekian informasinya, selamat mencoba dan semoga sukses!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel