7 Cara mudah menyelesaikan PR Sekolah

Bagi anak sekolah, PR adalah salah satu hal yang tidak mengesankan sama sekali. Terkadang ada saja kondisi tugas yang menumpuk dan harus segera diselesaikan tepat waktu. Kalau semua PR itu mudah, tidak masalah tapi bagaimana kalau tugas yang diberikan termasuk sulit dan otak Anda tidak mampu untuk menguasainya? Anda perlu bantuan untuk mengerjakan PR tersebut. Anda setidaknya perlu tahu cara mudah menyelesaikan PR sekolah dengan cepat dan tepat waktu.


Sikap malas lah yang pertama tama menjadi pemicu atau faktor seseorang enggan mengerjakan PR. Apalagi kalau sudah dapat PR Matematika, IPS sejarah, Kimia, Fisika yang tentu saja akan membuat kepala pusing. Bagaimana caranya agar tidak malas mengerjakan PR? Anda perlu menumbuhkan rasa semangat terlebih dahulu. Lantas, Bagaimana caranya bisa semangat saat ngerjain tugas sekolah? Nah, Ada tips ampuh untuk menanamkan sikap semangat tersebut.

Meskipun setiap minggu tugas Anda selalu menumpuk bahkan bukannya berkurang malah terus bertambah, jangan pernah putus asa. Anda bukannya tidak bisa mengerjakan semuanya, Anda hanya perlu upaya yang terencana untuk menyelesaikan setiap pekerjaan rumah tersebut dan memilih waktu yang tepat untuk mengerjakan setiap tugas. Anda bisa mengatasi semua tugas sekolah yang menumpuk dengan baik. Banyak anak sekolah berhasil dalam hal ini. Apa metode belajar yang mereka gunakan?

Ada beberapa cara yang mudah dan bisa diterapkan untuk Anda. Baik buat Anda yang sekarang masih duduk di sekolah dasar (SD), SMP. SMA/SMK atau bahkan sampai anak kuliah yang tugasnya lebih banyak. Dengan menerapkan cara belajar dirumah yang baik, Anda bisa memiliki kebiasaan bagus juga dalam mengatur waktu belajar. Oleh sebab itu, untuk mengetahui trik menyelesaikan PR yang terencana dan baik lebih spesifik silahkan untuk simak pernyataan –pernyataan di bawah ini.

Cara mudah menyelesaikan PR Sekolah

1. Membuat Jadwal dan Memilih waktu yang baik

Seseorang biasanya memiliki cara berfikir yang berbeda-beda soal waktu. Ada yang bisa merencanakan terlebih dahulu semua hal yang dia ingin lakukan tapi yang lain tidak pernah bisa bepegang pada setiap jadwal. Tapi tenanglah walaupun kepribadian setiap orang berbeda –beda Anda tidak perlu khawatir. Anda harus yakin bisa memanajemen waktu dengan baik. Cukup dengan memikirkan pekan ketika Anda banyak tugas. Tuliskan semua tugas Anda dalam sebuah kertas dan tulis juga deadline pengumpulannya.

Selanjutnya, cobalah membuat jadwal untuk pekan tersebut dari tugas yang cepat pengumpulannya sampai dengan yang memiliki jangka waktu lama. Dengan mencatat semua tugas, ini akan menghindari Anda lupa mengerjakan tugas. Setelah tahu deadline setiap tugas, carilah waktu yang cocok Anda bisa mengerjakannya satu persatu. Pilihlah waktu yang tidak terlalu dekat dengan hari pengumpulan tugas agar Anda tidak terburu –buru. Cobalah untuk kurangi bermain dan utamakan PR Anda. Sisihkan waktu untuk refresh otak sejenak, agar Anda siap mengerjakan PR lainnya dengan baik.

2. Jangan jadikan Beban, tetapi tanggung jawab
Biasanya tak jarang banyak yang menjadikan PR itu beban. Hindari perasaan seperti ini, cobalah ubah pemikiran Anda bahwa tugas sekolah itu adalah memang tanggung jawab Anda. Pikirkan bahwa Ayah memiliki tanggung jawab untuk bekerja, Ibu punya tanggung jawab untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah yang melelahkan. Nah, Anda sebagai anak sekolah punya kewajiban untuk mengerjakan setiap tugas dari sekolah. Bukankah kegiatan bermain, berjalan –jalan dan lainnya hanya sebagai aktivitas tambahan saja? Ingatlah bahwa Anda perlu memiliki tanggung jawab yang baik untuk bisa menyelesaikan semua tugas meskipun menumpuk.

3. Gunakan alat bantu belajar yang praktis

Dewasa ini ada banyak sekali alat bantu yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas. Sekarang ada Google atau internet yang bisa jadi dikatakan sebagai sumber informasi yang lengkap. Lalu, ada juga berbagai aplikasi belajar yang dirancang untuk membuat Anda semakin mudah memahami sebuah materi atau praktek. Contohnya saja adalah aplikasi ruang guru, Quipper, Bimbel Smarrt, Rumah belajar, Brainly dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Beberapa diantaranya juga dirancang khusus untuk pelajaran tertentu seperti belajar bahasa inggris, rumus matematika, fisika dan kimia. Jadi jangan ragu gunakan alat bantu ini untuk menemani belajar Anda. Anda juga bisa menggunakan kamus dan buku –buku panduan yang banyak disediakan di perpustakaan.

4. Membuat suasana yang menyenangkan

Berfokus terus pada tugas pastinya akan membuat Anda jenuh dan bosan bukan? Untuk itu dianjurkan untuk Anda melakukan sesuatu agar mood Anda terus baik sepanjang hari. Cara orang menjaga mood mereka berbeda –beda. Ada yang mengerjakan tugas sambil ngemil atau makan makanan ringan, sambil mendengarkan musik, diluar ruangan sambil menikmati pemandangan di taman, halaman rumah, gazebo dan lain –lain. Anda bisa memilih sesuai dengan kesukaan Anda.

5. Belajar bersama Teman

Belajar sendiri memang terkadang akan membuat suasana belajar menjadi monoton. Jika Anda ingin membuat suasana belajar lebih nyaman, cobalah untuk mengajak beberapa teman untuk mengerjakan PR bersama dirumah Anda, rumah teman Anda tersebut atau mencari tempat yang baik lainnya. Dengan mengerjakan PR bersama, Anda juga bisa menghindari pusing sendiri mengerjakan PR. Kalian bisa saling membantu dalam mengerjakan PR. Pastinya kemampuan setiap orang berbeda beda bukan? Pastinya beberapa teman Anda ada yang mampu mengerjakan soal yang tidak Anda mengerti.

6. Hentikan kegiatan yang banyak menyita waktu Anda
Seringkali, menurut pengamatan ada saja anak –anak yang tidak bisa mengontrol kegiatan mereka. Misalnya, ketika berkumpul bersama teman untuk belajar bersama, alih –alih belajar malah mengobrol tentang suatu hal. Biasanya obrolan akan jauh lebih lama di bandingkan dengan mengerjakan tugas. Ada yang membahas tentang lawan jenis, kecantikan, fashion, artis, musik dan lain sebagainya. Wajar saja jika ingin mengobrol dengan teman, tapi ingat Anda harus mengetahui batasannya dan apa prioritas Anda untuk berkumpul.

Yang lain lagi tidak bisa lepas yang namanya perangkat elektronik. Ada yang suka menghabiskan waktu untuk melihat postingan di sosial media, berselancar di aplikasi belanja online, melihat lihat berita terbaru para selebriti dan artis, melakukan foto selfi dan lain sebagainya. Sekali lagi ini wajar saja untuk sebagai kegemaran Anda. Tapi, ingatlah jangan sampai kegiatan –kegiatan ini lebih banyak menyita waktu Anda untuk menyelesaikan tugas. Kegiatan ini bisa dilakukan sesekali tetapi tetap menomorsatukan proses belajar.

7. Gunakan waktu istirahat yang cukup di akhir pekan
Jika pekan ini Anda sedang dipenuhi dengan tugas. Satu hal penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah jangan lupa istirahat yang cukup. Jika Anda merasa kurang waktu untuk meluangkan waktu istrahat, cobalah beri jadwal di setiap akhir pekan untuk istirahat atau rekreasi. Tahukah Anda kebiasaan belajar yang baik adalah yang membuat Anda semakin cerdas bukannya menjadi keras.

Jangan terlalu memaksakan suatu pekerjaan harus selesai diawal, kerjakan secara perlahan dan imbangi dengan istirahat yang cukup saja. Jika Anda menganggap hal –hal yang lebih penting sebagai prioritas, tidak akan ada kondisi Anda kekurangan waktu dalam menyelesaikan PR sekolah. Baca Juga : NgerjainPR.com (Blog Pendidikan terlengkap).

Inilah tahapan –tahapan sederhana caranya memulai proses belajar dirumah yang baik dan benar. Anak –anak cenderung suka bermain daripada belajar, tetapi yakinlah sebanyak apapun tugas sekolah yang diberikan oleh sang guru bukanlah untuk menjadikan itu beban untuk Anda. Melainkan, sebaliknya dengan tugas tersebut, Sang guru menginginkan muridnya lebih terampil dan mengerti setiap materi yang diberikan.

Guru juga tahu batas kemampuan Anda untuk belajar, Anda hanya perlu membagi waktu secara efesien. Jika memang Anda kesulitan dalam mengerjakan PR yang sulit, tips lainnya adalah jangan ragu untuk beri tahu guru Anda bahwa Anda belum bisa mengerjakannya. Guru yang baik pasti akan membantu Anda untuk bisa menyelesaikannya dengan baik. Melalui tips ampuh cara mengerjakan PR ini semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda menjadi murid yang berprestasi. Selamat mencoba dan semangat belajar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel