7 Tips beli Laptop Bekas secara Online

Laptop merupakan salah satu perangkat canggih yang sekarang banyak digunakan. Meskipun harga laptop beraneka ragam dari yang murah hingga mahal, mereka yang hendak membeli pastinya menginginkan laptop yang bagus dan berkualitas. Sedangkan bagi mereka yang kurang mampu lebih memilih untuk membeli laptop bekas. Sekarang ada banyak laptop second yang di dijual kembali dan masih bagus. Kebanyakan laptop tersebut dipasarkan lewat online. Maka, sangat penting untuk memperhatikan Tips membeli laptop bekas secara online sehingga tidak mudah tertipu oleh pedagang nakal.


Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan keuntungan? Yaa, di jaman sekarang ini Anda harus bertindak hati –hati agar tidak rugi. Ada banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memalsukan produk mereka agar kelihatannya layak untuk dijual namun sebenarnya tidak. Apalagi jika membeli secara online, Anda tidak bisa melihat produk tersebut secara langsung. Maka, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting agar terhindar dari kekecewaan karena produk yang tidak sesuai.

Dewasa ini, Anda bisa mendapatkan merk laptop yang bagus, walaupun sudah bekas tapi masih recommended untuk Anda miliki. Hanya saja Anda harus tahu trik memilih dan mengecek laptop yang masih bagus serta sesuai standar pengecekkannya . Anda juga perlu mengetahui ciri –ciri dan karakteristik laptop yang masih normal. Berbagai ketentuan dan spesifikasi yang ditawarkan oleh penjual perlu Anda lihat.

Nah, cara mendapatkan laptop bekas bagus yang murah dan berkualitas dapat Anda dapatkan pada rangkaian informasi di bawah ini. Metode praktis ini juga bisa Anda terapkan untuk membeli berbagai perangkat lainnya mulai dari Handphone Android atau Smartphone, tab, iPad, Komputer dan lain sebagainya. Meskipun terdiri dari merek laptop yang terkenal seperti halnya Assus, HP, Apple, Samsung, Acer dan lain –lain, Setidaknya Anda harus tahu tips ampuh untuk membedakan mana yang baik dan yang tidak nya di bawah ini.

Tips beli Laptop Bekas secara online

1. Cek Harga Pasar Update

Hal yang pertama, Anda harus menjadi pembeli yang bijak. Bijak seperti apa? Anda harus tahu terlebih dahulu harga pasar untuk jenis laptop yang akan Anda beli itu berapa. Agar Anda juga nantinya bisa mendapatkan produk dengan harga yang sesuai. Pada umumnya laptop bekas memiliki harga yng turun dari 20% hingga 40% tergantung dari kondisi barang serta lama pemakaiannya. Apabila Anda akhirnya menemukan harga yang terlalu tinggi dari harga pasar pada saat itu, maka sebaiknya Anda pikir –pikir terlebih dahulu dan apa yang membuat nya mahal seperti itu. Sebaliknya jika harga terlalu murah, apa yang membuatnya begitu sangat murah.

2. Jangan Mudah Percaya

Yang terpenting adalah jangan mudah percaya pada orang yang baru Anda kenal secara online. Biasanya ada saja orang yang pintar sekali dalam berpolitik kepada kita. Apa maksudnya? Begini, apa saja yang penjual bilang tentang kondisi sebuah laptop tersebut, pikirkan bahwa itu belum tentu yang sebenarnya. Biasanya juga penjual akan menutupi kecacatan yang ada supaya bagusnya saja yang terlihat. Sehingga ada banyak orang yang ingin membeli barangnya. Tapi sebaiknya Anda perlu memastikan sendiri dan jangan mudah percaya.

3. Memilih penjual yang terpercaya dan responsif

Sebelum menentukan pilihan sebuah laptop yang akan Anda beli yang paling penting adalah penjualnya. Jangan hanya berfokus pada luar laptopnya saja, tapi hendaknya Anda juga memperhatikan penjualnya. Apakah ia bisa dikatakan terpercaya dan punya track record yang bagus. Apakah ada history atau testimoni penjualannya. Setelah Anda sudah memilih penjual dan model laptop yang sesuai dan sedang Anda cari, jangan lupa untuk menanyakan juga ketersediaan barang dan lihat juga cara penjual membalas pertanyaan Anda yang responsif atau tidak.

4. Cek langsung Spesifikasi laptop

Meskipun membeli secara online, Anda harus tetap memperhatikan spesifikasi laptop yang akan Anda beli secara teliti. Anda perlu mendatangi langsung pihak penjual untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang laptop tersebut. Apakah perangkat nya lengkap termasuk software dan hardware nya? Apakah semua masih berjalan dengan baik dan berfungsi? Bagaimana ketahanan baterai nya? Atau bagaimana intensitas cahayanya, respon laptop atau tingkat loading ketika dioperasikan? Semua spesifikasi harus Anda lihat secara mendetail.

Baca Juga :

Carilah juga penjual yang menulis deskripsi produk secara jelas yang mencangkup baik kelebihan maupun kekurangannya. Apabila masih ada yang kurang paham, pastikan Anda menanyakan lebih jelasnya kepada penjual. Anda juga perlu membandingkan spesifikasi laptop dengan harga yang tertera sesuai atau tidak.

5. Garansi dan lama penggunaannya

Anda pastinya senang sekali jika mendapatkan laptop bekas dengan garansi yang masih berlaku. Namun, resikonya memang harga yang dibayarkan akan tidak jauh berbeda dengan laptop yang masih dalam kondisi baru. Sebaiknya sebelum membeli tanyakan garansi nya dan lama penggunaan laptop tersebut. Cobalah untuk memilih jenis laptop dengan lama waktu pemakaian setidaknya cukup singkat seperti 2 sampai 4 bulan.

Jangan lupa untuk menanyakan juga pemakaian sebelumnya, apakah pemakaian sebelumnya wajar atau sesuatu yang berat untuk gaming atau multimedia yang menguras kinerja ekstra dari komputer tersebut. Dari lama penggunaan dan history pemakaiannya, disini Anda bisa memprediksikan apakah laptop bisa dikatakan layak untuk Anda miliki atau tidak.

6. Mengutamakan Cash on Delivery

Nah, berikutnya bagi Anda yang hendak mengecek secara langsung kondisi barang, sebaiknya utamakan opsi COD atau Cash on Delivery pada saat proses pembelian. Pilihlah tepat yang aman dan dekat dengan keramaian serta Anda bisa mengajak teman yang mengerti soal laptop agar Anda bisa dengan mudah dalam melakukan pengecekan.

Namun, bagi Anda yang mungkin sudah yakin akan penjual dan spesifikasi laptopnya, Anda bisa memilih opsi pembayaran yang aman seperti rekening Bank atau rekening bersama atau Rekber. Berikan catatan yang detail seperti packing ekstra agar paket aman pada saat proses ekspedisi.

7. Lakukan pengecekan kembali

Dengan melakukan Cash on Delivery, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung di hadapan si penjual. Hal –hal yang bisa Anda cek adalah kondisi layar, tombol, port serta kelengkapan laptop dan fitur yang ada dalam laptop bekas, pastikan semua bisa berfugsi sebagaimana mestinya. Apabila Anda melihat bagan yang tidak sesuai dengan deskripsi cobalah tanyakan dan diskusikan dengan penjualnya. Kalau memang produk tersebut memiliki kecacatan yang tidak Anda ketahui dan tidak bisa dinegosiasikan, barang tidak perlu Anda terima dan bisa Anda batalkan saja.

Inilah hal hal dasar yang perlu Anda ketahui seputar caranya mendapatkan laptop bekas terbaik. Dengan cara ini tentu saja akan membuat Anda mendapatkan laptop dengan ketahanan yang bagus, spesifikasi yang bagus, terhindar dari virus dan yang penting bisa membantu Anda dengan baik dalam mengerjakan berbagai aktivitas Anda. Baik untuk mengerjakan tugas sekolah, untuk bekerja dan lain sebagainya. Lihat Juga : aguro.net | Blog yang membahas tentang Komputer.

Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli laptop baru kalau sekarang bisa mendapatkan laptop second yang bagus dengan harga yang murah. Setiap pembelian barang bekas jangan lupa untuk terapkan hal –hal diatas secara detail terkhususnya pembelian secara online. Aplikasi jualbeli online yang terkenal bagus dan sudah populer menyediakan barang bagus misalnya Lazada, Shopee, Olx, toko bagus, Tokopedia dan masih banyak lagi. Tetap hati –hati dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel