Cara membersihkan Laptop (Lengkap semua bagian)

Cara membersihkan Laptop (Lengkap semua bagian)

Cara membersihkan Laptop (Lengkap semua bagian)

Jika anda ingin  membersihkan perangkat elektronik, terutama laptop maka hal yang perlu disiapkan tidaklah banyak ataupun tidak rumit. Anda hanya menyeyiapkan 2 bahan utama yakni kain yang tidak memiliki serat (mikrofiber), dan juga cairan (seperti alkohol, maupun cairan khusus untuk laptop).

Walaupun hal ini terdengar cukup simple dan mudah, namun ini tidaklah mudah anda harus memiliki ketelitian dan kesabaran dalam membersihkan perangkat utama laptop, karena sedikit langkah saja yang salah maka akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal bagi laptop anda.

Sebaliknya, jika anda membersihkan laptop tersebut tersebut dengan aman dan hati – hati maka kemungkinan lebih besarnya laptop kesayangan anda tidak akan mengalami kerusakan yang serius. Nah , bagi anda yang ingin mengetahui tips Cara membersihkan laptop disini kami akan membahas hal tersebut dengan sederhana. Namun, manfaatnya sangatlah besar bagi perangkat laptop anda.

Point penting :
  • Sebelum anda membersihkan laptop, ada baiknya kami merekomendasikan anda untuk memutuskan aliran listrik yang tersambung ke laptop (misalnya Charger, kabel USB, dan sejenisnya). 
  • Anda bisa menggunakan pendorong udara atau pengisap debu untuk membersihkan debu yang melengket pada  sela-sela keyboard. 
  • Jangan lupa untuk selalu membersihkan laptop anda secara rutun dan konsisten agar hasilnya lebih maksimal dan lebih nyaman saat digunakan. 

Bersihkan pada bagian layar laptop

Seperti yang ada ketahui bahwa layar merupakan salah satu tempat hinggapan debu yang paling sering. Apalagi jika laptop anda sudah mendukung layar sentuh, maka pada bagian ini harus sangat dianjurkan untuk di bersihkan untuk menjaga layar LCD anda tetap bersih dari debu dan aman untuk layar laptop anda.

Terus bagaimanakah cara membersihkan bagian layar laptop ini dengan baik dan benar serta aman?. Berikut ini tips atau caranya :
  • Siapkan dan gunakan kain microfiber atau kain lembut, kegunaan kain ini agar layar laptop tidak mengalami lecet atau goresan yang dapat merusakan layar ataupun LCD pada laptop anda. 
  • Setelah itu lap layar tersebut dengan gerakan yang searah, agar hasilnya lebih maksimal
  • Bersihkan layar tersebut dengan sangat hati hati agar layar lcd tidak lecet maupun tergores yang menyebabkan kerusakan layar pada laptop anda. 

Besihkan pada bagian keyboard laptop

Keyboard merupakan salah satu yang paling banyak bersentuhan dengan tangan sehingga banyak juga benda-benda yang tidak jelas yang menghinggap di keyboar tersebut dan tentunya memiliki banyak sekali kuman-kuman tak kasat mata. Olehnya, itu anda harus membersihkan keyboard ini dengan sangat rutin, karena ini juga merupakan salah satu komponen laptop yang paling sering digunakan dan tentu memiliki banyak sekali benda-benda asing serta kuman-kuman yang tidak baik untuk kesehatan maupun untuk laptop itu sendiri.

Ada banyak faktor yang menyebabkan keyboard tersebut kotor, hal yang paling umum adalah sisa makanan ataupun keringat yang melengket.

Dan bagaimanakah cara untuk membersihkan keyboard ini?. Ikutan langkah ini jika anda tidak ragu untuk melakukannya :
  • Hal yag paling umum digunakan adalah dengan menggunakan kompressor atau peniup udara yang memiliki tenaga penghisap lebih kencang. Ini berfungsi untuk mengisap dan menghilangkan debu yang berserakan serta bersembunyi di balik keyboard tersebut. 
  • Jika pada bagian atas permukaan laptop memiliki noda-noda yang melengkat anda bisa menggosongnya menggunakan kain lembap (bukan kain basah, nanti takutnya air tersebut masuk ke dalam bagian komponen dalam laptop).
  • Bersihkan secara teratur dan konsisten. 

Jangan lupa bersihkan juga mouse laptop

Anda sering  menggunakan mouse? maka komponen ini juga pada laptop yang harus di bersihkan karena mouse dan keyboard hampir sama faktornya yakni kotor, baik debu maupun bian keringat.

Kenapa harus di bersihkan? Karena sisa makanan ataupun bian keringat tersebut lama kelamaan akan mengalami penumpukan yang akibatnya kuman-kuman akan menyebar ke seluruh mouse. Tidak hanya itu jika terlalu banyak kotoran yang menumpuk pada mouse, tidak ada salahnya mouse akan lebih gampang rusak tombol-tombol tidak akan berfungsi lagi secara normal. Untuk itulah mouse juga sangat wajib di bersihkan.

Cara membersihkan mouse yakni sebagai berikut :
  • Gunakan kain (seperti pada point 1,2 dan 3 cara membersihkan laptop).
  • Basahi kain tersebut dengan sedikit air (pembersih) ataupun alkohol untuk menghilangkan noda-noda yang melengket.

Tips Tambahan, cara membersihkan laptop

Jangan lupa untuk membersihkan port-port dan pembuangan angin karena komponen laptop yang satu ini susah di jangkau serta susah juga untuk di bersihkan maka pada bagian ini gunakan penyedot debu atau kompressor untuk membersihkannya.

Anda juga tidak harus langsung menyedot komponen ini, anda harus berhati-hati dalam menggunakan pengisap debu karena bisa saja  kipas angin yang terdapat pada laptop akan bergerak dengan sendiri-nya, ada baikya ganjallah kipas angin tersebut baik itu menggunakan cotton bud ataupun sejenisnya. Jika tidak kemungkinan besar kipas angin laptop akan rusak.
Buka Komentar